Tips Memulai Bisnis Online Shop - Jurnal Hati

Jumat, 21 Februari 2020

Tips Memulai Bisnis Online Shop



Pada jaman ini, sudah memasuki era dimana segala sesuatu kebutuhan serta kepentingan dapat diakses dengan mudah melalui internet. Seperti salah satu contoh yang dapat diambil adalah ketika kita akan melakukan pengambilan suatu keputusan bersama atau polling, dimana melakukan hal itu tidak harus saling bertemu bertatapan muka, cukup dengan membuka satu aplikasi media sosial yang memiliki fitur tersebut dan pengambilan keputusan akan terlaksana saat itu juga dengan baik. bahkan selain itu yang sangat populer dan digemari banyak orang adalah melakukan jual – beli secara online seperti berbelanja kemaja wanita. Segala keperluan hidup dari ujung rambut hinga ujung kaki ataupun kebutuhan lainnya dapat ditemukan dengan mudah melalui beberapa situs – situ belanja online maupun melalui platform platform media sosial yang dapat digunakan dengan mudah. Lalu dengan kata lain siapapun bisa untuk berkesempatan memulai berbisnis didunia online yang sangat marak ini, bahkan bagi anda yang ingin mencobanya namun masih banyak hal hal di khawatirkan, sebaiknya tidak perlu dipikirkan karna itu hanyak akan membuang buang waktu saja, maka lebih baik langsung saja untuk membaca artikel ini yang mudah-mudahan dapat membantu anda juga memberanikan diri tuk memulai bisnis online yang tentu mengiurkan.

Anda sebaiknya memiliki website resmi terlebih dahulu sebagai tempatnya bernaung produk yang anda jual di internet. Dengan adanya website maka para konsumen akan dengan mudah melihat – lihat produk anda dalam satu halaman di internet. Dengan memiliki website resmi maka akan menjadikan nilai plus bagi produk yang anda jual dibandingkan dengan yang belum memiliki website. Dalam website akan terdapat informasi mengenai toko, alamat, kontak telpon dan identitas penting lainnya yang dapat disimpan di website, kemudian informasi seputar produk secara detail, harga produk, cara memesan dan pembayaran hingga cara pengembalian produk jika terjadi kesalahan. 

Selanjutnya manfaatkanlah media sosial untuk penjualan serta pemasaran produk, mengiklan kan produk pada beberapa platform media sosial yang populer disemua kalangan. Dikarnakan saat ini media sosial sangat berperan aktif dalam memajukan bisnis online, dimana semua konsumen memiliki media sosial dan selalu aktif setiap saat membuka media sosialnya yang tentu merupakan target untuk penjualan bisnis online. Maka pergunakanlah fitur-fitur canggih yang tersedia. Untuk itu agar lebih mudah anda dapat menggunakan salah satu tools yang gunanya ketika anda memposting satu konten yang dapat langsung tersambung dengan banyak akun sosial media, seperti instagram, facebook, twitter dan lainnya yaitu, hootsuite dan bufferapp untuk manajemen media sosial dan juga tools google analytics, google trends yang bermanfaat untuk pemasaran.

Melakukan promosi melalui akun terkenal dari publik figur atau lebih sering dikenal dengan sebutan endorsement. Melakukan promosi yang berulang-ulang dilakukan oleh artis-artis atau seorang influencer lainnya yang dapat mempengaruhi para konsumen lain yang melihatnya sehingga memiliki ketertarikan untuk melihat produk anda. Namun melakukan promosi ini mempunyai tarif yang beragam sesuai dengan jumlah followers dari akun tersebut. 

Agar membuat produk anda lebih menarik maka buatlah suatu desain untuk memasarkan produk anda di media sosial, dapat mengunakan tools canva yang mudah untuk membuat desain dengan beragam template yang tersedia, kemudian dihiasi dengan berbagai tambahan stiker ataupun foto juga caption menarik dan banyak lagi yang bisa anda kreasikan. Walaupun banyak kekurangan dan kelebihan belanja di tempat terpercaya maupun yang baru memasuki dunia bisnis online, namun alangkah baiknya untuk menjadi tempat online shop yang baik juga terpercaya bagi pelanggan, karna hal tersebut akan memberikan reputasi yang baik pada produk.. 




1 komentar:

  1. wah kalo socmed pasti palling gencar karena kekinian banget :D

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih