Mengelola Data Tanpa Khawatir dengan SanDisk - Jurnal Hati

Selasa, 10 September 2019

Mengelola Data Tanpa Khawatir dengan SanDisk




Sejak mengikuti kegiatan workshop konten kreatif di Semarang saya jadi sering merekam anak-anak, masyarakat sekitar atau teman-teman yang memiliki kegiatan menarik menggunakan smartphone yang saya miliki. Lantas beberapa aplikasi pendukung pun saya unduh untuk mengedit foto atau rekaman video tersebut. Terkadang untuk tampilan satu foto saya menggunakan tiga aplikasi pendukung. Penyimpanan smartphone pun makin lama semakin sedikit. Bisa-bisa nggak lama lagi penuh. 

Sebenarnya bisa juga sih, back up seluruh file dipindahin ke laptop. Akan tetapi saya harus mengunduh segala macam aplikasi atau software untuk mendukung aktivitas editing, sementara laptop saya termasuk laptop sepuh. Untuk render file yang tak terlalu besar byte nya pun sudah ngos-ngosan. Bagaimana jika ditambahin dengan penyimpanan back up data? Jangan sampai alat perang saya yang satu itu jadi hidup segan mati tak mau. Belum lagi kalau mau mempergunakan file lama untuk membuat sebuah konten. Harus ubek-ubek lagi mindahin file dari laptop ke smartpone. Kan, jadi nggak praktis lagi. 

Apa yang saya alami tuh ternyata nggak jauh beda dari kebiasaan orang Indonesia dalam manajemen data. Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak ke enam di dunia menjadikan Western Digital, sebuah perusahaan yang bergerak di industri teknologi informasi dan membuat sebuah survey tentang hal itu lewat Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey. 

Sumber : Western Digital
Dari survey tersebut ditemukan bahwa :
  • Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online. Menariknya, survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’. Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%). 
  • Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% responden). Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan — dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori. 
  • Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau back up data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini. 

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna smartphone untuk mengelola data. 
  • Menambahkan Micro SD pada smartphone 
  • Mengelola foto atau video di media sosial 
  • Memindahkan file ke laptop 
  • Upgrade smartphone dengan penyimpanan data yang lebih besar 
  • Menggunakan USB OTG Dual Drive 

Buat saya yang paling memungkinkan sekarang ini adalah menggunakan USB OTG Dual Drive untuk mengelola data yang saya miliki. Nah ... Saya pun browsing tentang produk tersebut. Ternyata Western Digital memiliki produk yang yang layak banget untuk dimiliki. USB OTG Sandisk dual drive akan menolong banget buat kita yang suka banget sama yang praktis-praktis. 


Tentang USB OTG SanDisk Dual Drive 

USB OTG Sandisk dual drive memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut: 
  • Kompatibel dengan smartphone atau tablet android yang mendukung USB OTG (On-The-Go) 
  • Memberikan ruang kosong dengan cepat pada smartphone atau tablet android sehingga dapat mengambil atau menyimpan gambar dan video lebih banyak 
  • Memungkinkan bagi kita untuk memindahkan dan berbagi file dari perangkat android ke komputer dekstop atau laptop 
  • Desainnya bagus, ramping, dan mudah ditarik, menawarkan fungsi kedua konektor yaitu mikro USB dan USB 3.0. Konektor USB 3.0 mempunyai kinerja yang tinggi dan kompatibel dengan port USB 2.0 
  • Kecepatan tinggi dari USB 3.0 memungkinkan kita mentransfer file dengan durasi panjang ke penyimpanan drive hingga 150MB per detik. 
  • Aplikasi SanDisk® Memory Zone tersedia dari Google Play store. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari penyimpanan smartphone ke dalam satu lokasi. Aplikasi tersebut juga bisa secara otomatis memindahkan file dari perangkat lain ke drive untuk membebaskan ruang penyimpanan. 

Spesifikasi Produk

sumber : www.sandisk.com


Detail Produk

sumber : www.sandisk.com

Nomor Produk
Kotak merah = nomor produk #SanDiskAPAC 

Kalau punya banyak file #DibuangSayang kan? Mendingan simpenin aja. Apalagi sekarang sudah ada #SanDiskAPAC yang bakal membantu mencadangkan data yang kita punya. Mudah banget ngedapetinnya. Coba aja cari di toko-toko asesories komputer yang menjual produk dari Western Digital. Toko-toko online juga sudah banyak kok yang menjual produk SanDisk USB OTG Dual Drive. 

Jadi mudah kan mengelola data yang kita miliki tanpa khawatir? 



18 komentar:

  1. Setuju, kita harus punya banyak ruang penyimpanan data. Berharap di storage space smartphone saja tidak cukup

    BalasHapus
  2. Kemarin beli SanDisk OTG terbaru di Shopee pas ada promo gratis ongkir hehe, jadi nambah lengkap buat backup data

    BalasHapus
  3. wow, menarik banget nih, aku juga baru tahu ada alat ini, hehehe, lebih praktis nyimpan data ya

    BalasHapus
  4. Wah terima kasih mba...saya banget nih yg punya banyak file 'dibuang sayang' sehingga memori tinggal seuprit.. Mau kepoin ini ah..

    BalasHapus
  5. Naaahh kayaknya ini solusi buat aku yang hobi banget nyimpen banyak file di hape tanpa tambahan kartu memori hehehee. mendingan pindah-pindahinnya via USD OTG ini aja ya.

    BalasHapus
  6. Hiks ini aku banget yang nyimpen file apapun di hp..habis baca ulasan mba irfa jadi kepo sama sandisk OTG :)

    BalasHapus
  7. Asyik. Kudu segera memasukkan SanDisk USB OTG Dual Drive di list must buy nih. Secara aku termasuk jemaah fotografer yang jepret sesuka hati dan selapangnya memori.

    BalasHapus
  8. Aku kemarin baru aja beli ini mbak. Buat simpan foto2 daripada penuh di hape kan

    BalasHapus
  9. Aku pun juga pake Sandisk OTG ini, mbak. Bantu banget buat pindah-pindah data dari hp. Mau upgrade ke memori yang lebih banyak nih

    BalasHapus
  10. Jadi inget gimana ribetnya pas lagi ikut acara dan ternyata harus bolak balik hapus file lama karena memori hp ga cukup, sandisk bisa jadi solusi ya mbak

    BalasHapus
  11. Sandisk ini merek terpercaya buatku untuk flashdisk, kalau beli pasti cari merek ini karena lebih awet dipakai..

    BalasHapus
  12. Hpku yg oppo jg pke sandisk, memori kameralu jg pke sandisk. Awet ini. Tp huaweiku blum q beliin memori nih, ntar aj deh ��

    BalasHapus
  13. Wiwin | pratiwanggini.net14 September 2019 16.32

    Ternyata beli di Sophee memang lebih murah lhooo..

    BalasHapus
  14. Ini salah satu wishlistku juga nih, mesti punya si sandisk ini biar memori hape ngga cepet penuh...dan emang dia tuh awet ya Mba

    BalasHapus
  15. solusi yang tepat banget ini ya kak. emang berasa berat dan sayang banget kalau harus hapus-hapus fila. mending dibackup aja sama sandisk

    BalasHapus
  16. dari jaman dulu udah percaya sama sandisk. dari jaman kuliah yang ribet banget kalau kirim laporan harus via laptop atau komputer dlu baru bisa disimpan ke hp. sekarang udah ada inovasi terbarunya. mantappp

    BalasHapus
  17. Aku beberapa kali kehabisan memori HP pas lagi foto-foto. Nyesek banget. Alhamdulillah sekarang ada OTG Sandisk

    BalasHapus
  18. Merk terpercaya yang sering dikasih sama kantor. Untung kece.

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih