Resep Abon Bawang Goreng Pedas - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Jumat, 10 Februari 2023

Resep Abon Bawang Goreng Pedas

 

Bawang Merah goreng alternatif lauk

Assalamualaikum temans,

Sering kali pagi hari tuh jadi momen paling hectic buat ibu-ibu yang anaknya masuk sekolah pagi. Terkadang bangun Subuh ngerasa bahwa waktu begitu kurang untuk mengurus anak-anak di pagi hari. Apalagi hari Senin. Setelah dua hari sebelumnya santai kayak di pantai. Tiba-tiba aja Senin kudu ngurusin ini itu. Satu anak berangkat kuliah, satunya lagi berangkat sekolah, ditambah Paksu yang harus berangkat kerja bakda Subuh supaya sampai ke kantor tanpa terlambat. Buat saya hari Senin begitu istimewa. Paling tidak bangun jam 3 dinihari itu waktu paling pas di hari Senin supaya bisa bernapas lega.

Biasanya di hari Senin saya memasak lebih banyak dari biasanya. Si Kakak selalu saya bekali lauk untuk dua hari supaya lebih irit uang sakunya. Begitu juga dengan Paksu. Paling tidak saya ngebawain bekal untuk makan pagi atau makan siang supaya di hari Senin itu beliau nggak ribet urusan makan setelah perjalanan jauh menuju kantor.

Karena berbagai keribetan itu saya lebih suka food preparation paling nggak untuk tiga hari. Zaman pandemi saya biasa food prep untuk satu minggu. Setelah pandemi reda paling nggak saya food prep untuk 3 atau 4 hari. Hal itu sungguh membantu ibu rumah tangga macam saya yang anaknya nggak mau dibekali makanan siap saji.

Siang tadi qodarullah saya kok lupa kalau hari Jumat semua balik. Kakak kuliah sampai hari Jumat aja, dan ayahnya weekend juga pasti di rumah. Selesai ngajar ekstra jurnalistik saya baru inget kalau di rumah nggak ada lauk sementara hujan lebat banget. Akhirnya buka-buka kulkas, ternyata saya sudah kehabisan bahan makanan. Ampuuunn ... Pelupanya saya. Biasanya Hari Jumat tuh saya sudah belanja untuk segala kebutuhan konsumsi rumah tangga sampai dengan hari Senin.

Cek-cek di kulkas ternyata masih ada bawang merah goreng dan kacang tanah. Akhirnya saya pun masak dengan bahan yang ada.


Abon bawang merah goreng pedas


Bahan bahan :
200gr bawang merah goreng
100 gr kacang tanah

Bumbu-bumbu:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai keriting
2 buah cabai rawit
Dua lembar daun salam
2 potong laos
Garam dan penyedap secukupnya
Asem jawa
Gula merah secukupnya
Minyak untuk menumis


Cara Membuat:

Goreng kacang tanah sampai matang. Sisihkan.

Bawang merah, bawang putih dan cabai dihaluskan. Kemudian ditumis sampai harum. Masukkan daun salam dan laos, tumis sampai matang. Masukkan sedikit air. Tambahkan gula merah dan asam jawa. Tunggu sampai mendidih dan airnya berkurang. Tambahkan garam dan penyedap secukupnya

Masukkan kacang tanah yang sudah digoreng aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan bawang merah goreng, lalu aduk lagi hingga bumbu merata dan meresap. Angkat. Sajikan


Meski masakan sederhana dan seadanya ternyata anak-anak suka. Kakak dan Adek yang pulang hampir berbarengan sampai rumah langsung menyantap abon bawang merah pedas tersebut hingga tandas.

Jadi Ibu tuh emang kudu punya alternatif solusi dari segala macam persoalan. Kreativitas tanpa batas kayaknya kudu dipunyai oleh para ibu sejagat raya.

Happy weekend ya temans. Selamat berkumpul bersama keluarga

Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih