Happy Birthday Blogger Gandjel Rel! - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Selasa, 28 Februari 2023

Happy Birthday Blogger Gandjel Rel!

Selebrasi dan Sharing session ulang tahun blogger gandjel rel


Ulang tahun Komunitas Gandjel Rel yang ke delapan ini sungguh istimewa buat saya. Jauh-jauh hari saya niatkan untuk datang bertemu kembali dengan teman-teman lama. Teman rasa saudara yang tak bertemu sejak pandemi datang.

Ketika informasi tentang selebrasi dan sharing session itu diposting di WA grup, langsung saja saya transfer HTM untuk mengikuti acara tersebut. Pokoknya nggak pake lama. Biar saya nggak punya kesempatan untuk ragu-ragu lagi karena sebenarnya pun jadwal kegiatan saya pun cukup padat untuk hari-hari itu. Tanggal 25 Februari 2023 saya lingkari gede di kalender. Bahwa tanggal itu saya nggak bisa diganggu. Meski saya juga cenat cenut nyambi ngurusin penerbitan buku yang digagas oleh sebuah SD dimana saya menjadi guru jurnalistiknya.

Jauh-jauh hari saya sudah matur ke suami tentang acara saya tersebut. Saya bakal datang di H-1 acara Komunitas Gandjel Rel. Rencana saya datang ke Semarang tanggal 24 Februari 2023. Saya pun sudah mempersiapkan bakal kemana aja di tanggal itu.


H-1 (Silaturahmi Day)

Qodarullah saat prepare keberangkatan, berita lelayu datang dari jamaah masjid dimana saja beribadah. Mau nggak mau saya tunda barang sebentar keberangkatan saya dan datang ke tempat takziah. Nggak lama, sekadar menyolatkan jenazah seorang ibu yang menderita gagal ginjal beberapa tahun belakangan ini. setelah itu saya pun langsung ke terminal Magelang diantar oleh Adek. Bukan apa-apa. Sekarang tuh bis antar provinsi susah dapetnya. Nggak kayak dulu yang tiap 30 menit ada.

Sebuah keberuntungan juga saya dapet bis yang sudah penuh sehingga tidak harus ngetem di berbagai tempat. Saya sampai di Ungaran sekitar jam 7.58. Kok turun Ungaran? Iya, ada yang perlu dibicarakan dengan salah satu founder Gandjel Rel terkait dengan obrolan kami sebelumnya. Perkiraan saya sampai Ungaran sekitar jam 09.00 ternyata bisa datang jauh lebih pagi.

Sampai Dhuhur saya di Ungaran, lantas menuju tempat tujuan kedua. Sudah lama banget pengen mengunjungi sahabat satu ini. 17 tahun nggak ketemu. Bukan karena nggak niat. Tiap kali ke Semarang pengen banget ke sana. Karena tempat tinggalnya jauh dari rute perjalanan tiap kali ke Semarang, jadinya harus bener-bener meluangkan waktu. Alhamdulillah bisa ketemu. Ada tangis di tengah tawa. Apalagi beliau baru saja ditinggal belahan hati. Nggak lama juga di sana. Pokoknya udah ketemu dulu lah. Besok lagi kalau ada kesempatan mampir lagi.

Tujuan saya yang ketiga adalah ke mantan kantor. Ketemu partner yang hampir dua tahun nggak ketemu juga. Nostalgia dan ngobrolin teman-teman yang sudah memiliki kehidupan yang berbeda. Vibes kantor yang nggak berubah-ubah. Hari itu benar-benar jadi Silaturahmi Day buat saya. Sebagai penutup silaturahmi hari itu saya menginap di rumah sepupu saya.

Selebrasi dan Sharing Session Ulang Tahun Komunitas Blogger Gandjel Rel

Saya sudah siap dari pagi untuk berangkat ke Warung Kopi Alam dimana acara Gandjel Rel diadakan. Sayangnya sedari pagi hujan mengguyur kota Semarang bagian barat. Menunggu selama satu jam nggak berhenti akhirnya saya naik grab car secara mantel suami cuma ada satu.

Sampai venue acara sudah berlangsung. Bang Odi sebagai narasumber dalam sharing session Public Speaking For Blogger sedang memaparkan materi. Kami diajak mengikuti permainan untuk berpasangan saling mengenalkan diri menggunakan huruf abjad yang sudah kami pilih sebelumnya. Kebayang aja kan buat yang dapet huruf X ketika mengenalkan diri?

Untuk ukuran seorang blogger saya nggak banyak ambil foto saat itu. Saya menikmati pertemuan demi pertemuan dengan para sahabat. Terasa banget kerinduan teman-teman untuk berkumpul dalam sebuah acara. Senyum, tawa, dan pelukan hangat tak lepas dari hari itu. Pandemi ternyata memberikan hikmah. Bahwa sebagai manusia kita adalah makhluk sosial yang tak bisa berdiri sendiri. Kita memerlukan orang lain untuk menghangatkan hati meski hanya sekadar obrolan remeh dan begitu ringan.

Selamat Ulang Tahun Blogger Gandjel Rel. Banyak doa yang terpanjat untuk usia komunitas ini. Sewindu membuktikan bahwa komunitas ini tetap eksis dan makin banyak membernya. semoga makin banyak proyek yang bisa dikerjakan oleh member, panjang usia dan makin banyak menebar kebermanfaatan bagi siapapun.

Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih