Kurikulum International Baccalaureate : Pembelajaran yang Menyenangkan di Yogyakarta Independent School - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Senin, 30 Januari 2023

Kurikulum International Baccalaureate : Pembelajaran yang Menyenangkan di Yogyakarta Independent School

Sekolah Internasional di Yogyakarta


Assalamualaikum temans

Buat saya memilih pendidikan yang tepat buat anak-anak tuh susah susah gampang. Sering kali ideal menurut orang tua namun tak sejalan dengan feelingnya anak. Menurut saya kayaknya sekolah buat anak itu sudah oke banget, ternyata pas anaknya nyoba di situ merasa nggak nyaman. Atau si anak sudah cocok banget, eh terkendala oleh biaya yang nggak masuk budget orang tua. Akhirnya mulai lagi deh nyari sekolah yang pas. Pas buat anak untuk kenyamanannya dalam belajar, pas juga untuk kantong orang tua.

Anak-anak saya termasuk cukup mudah beradaptasi saat memulai sekolahnya di tingkat pendidikan usia dini sampai dengan SMA. Meskipun saat masuk SMA agak terkaget kaget karena terbiasa di sekolah yang berbasis agama lantas ke sekolah milik pemerintah. Pada akhirnya sebagai orang tua saya mencoba mencarikan fasilitas dan perhatian lebih pada apa yang tak diberikan oleh sekolah.

Open House Yogyakarta Independent School

Sekolah internasional di Yogyakarta


Mengunjungi Yogyakarta Independent School buat saya seperti refreshing di tengah padatnya kegiatan saya. Bagaimana tidak, sekolah yang mudah diakses darimana saja memiliki lapangan sepak bola yang luas, danau buatan yang langsung terlihat dari luar pagar sekolah dan hijaunya lingkungan sekolah sungguh berbeda dari sekolah manapun yang pernah saya kunjungi. Terbayang dari lingkungan sekolah saya bisa melihat Gunung Merapi di kejauhan. Definisi sekolah rasa resort bukan?

Seperti biasa saat saya berkunjung disambut oleh keramahan civitas akademika Yogyakarta Independent School yang biasa disingkat YIS. Senyum tak pernah lepas dari bibir mereka yang menyambut para tamu sudah memberikan poin tersendiri. Tentu saja membuat para tamu pun betah berada di situ bukan?

Jumat, 27 Januari 2023 lalu saya menghadiri Open House yang diadakan oleh Yogyakarta Independent School. Acara diadakan di Joglo YIS yang biasa digunakan untuk berbagai kegiatan sekolah berkurikulum International Baccalaureate ini. Saat saya datang sudah ada beberapa keluarga dengan pernikahan campur berada di sana.

Acara dibuka oleh pertunjukan musik yang disajikan oleh anak-anak dari Middle Year Programme (MYP). Anak-anak yang memiliki bakat musik ditampilkan menyambut tamu-tamu pagi itu. Lagu ‘Lost Boy’ yang dipopulerkan oleh Ruth B dibawakan oleh anak-anak MYP dengan apik.

Sekolah dengan kurikulum International Baccalaureate


Setelah itu ada anak-anak dari Primary Years Programme menyanyikan lagu milik The Chainsmokers dan Cold Play, “Something Just Like This.” Cute banget, dan bikin hati meleleh melihat anak-anak ini terlihat begitu ceria dan genuine banget sikapnya. Khas anak-anak lah.

Bapak Ismail Sumantri selaku kepala sekolah membuka kegiatan hari itu. beliau memperkenalkan para koordinator program serta pengajar di YIS. Yang saya suka, di Yogyakarta Independent School ini tetap menggunakan panggilan Bapak dan Ibu kepada para pengajar meskipun pengajar tersebut bukan warga asli Indonesia. Saya cukup amaze ketika Ibu Jen menyodorkan snack box ke saya dan berkata, “Monggo, ibu.”

Sekolah Internasional di Yogyakarta


Setelah Bapak Ismail, ada Ibu Swanti, koordinator Primary Years Programme yang mengenalkan pola pembelajaran di sekolah internasional di Yogyakarta ini.

Ibu Swanti menyampaikan bahwa Yogyakarta Independent School ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate yang bertujuan untuk mengembangkan rasa ingin tahu dengan berbagai pengetahuan serta kepedulian anak dan membantu anak menciptakan perdamaian yang lebih baik melalui pemahaman antar budaya dan saling menghargai sesama manusia.

Sekolah internasional ini mengajarkan anak-anak berkomunikasi dengan baik, peduli sesama teman, terbuka, dan tentunya memiliki pengetahuan yang tinggi. Mereka diajarkan memiliki sikap dan berani mengambil resiko. Namun juga mengajak anak untuk berpikir panjang, bisa merefleksi dan seimbang secara emosi.

Primary Years Programme di YIS ini dimulai dari anak usia tiga tahun sampai 12 tahun. Dalam satu kelas hanya diisi beberapa anak saja karena guru akan menjadi fasilitator sehingga fokus untuk kelas kecil. Mereka diajari untuk percaya diri di setiap kesempatan. Di program ini kolaborasi antara siswa, guru, orang tua dan lingkungan sekitar selalu diupayakan

Anak-anak di PYP ini melakukan pembelajaran mulai pukul 08.00 sampai 14.00. Ada banyak fasilitas yang dapat diakses oleh anak-anak. Mulai tempat bermain, lapangan bola, lapangan basket, perpustakaan, studio musik, studio seni, laboratorium sains, klinik dan mushala.

Pembelajaran di PYP ini menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan akan ada pendamping bagi anak yang belum menguasai keduanya. Berbagai keilmuan akan diajarkan oleh pengajar di Yogyakarta independent School. Matematika, Sains, Seni, Musik, dan masih banyak lagi. Ada pelajaran Pancasila dan agama yang bisa dipilih para siswa.

Di sekolah internasional ini saat ujian tidak seperti sekolah yang lain dengan soal-soal yang memusingkan. Ujian di sekolah ini anak-anak membuat paper dari penelitian sederhana yang mereka lakukan. Lalu mereka akan mempresentasikan temuan-temuan yang mereka lakukan. Tentunya hal itu dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Saat tanya jawab ada seorang ibu yang bertanya mengenai bullying. Pak Ismail menjamin bahwa di Yogyakarta Independent School ini tidak ada yang namanya bullying. No Bullying Area. Anak-anak sudah terbiasa dengan perbedaan. Mereka saling menghormati semua perbedaan yang ada.

Bagaimana dengan special needs children? Ibu Swanti menyatakan bahwa Yogyakarta Internasional School ini merupakan sekolah inklusi. Setiap anak adalah spesial. Jika ada anak yang memiliki kebutuhan khusus akan dilihat dan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan orang tua dan profesional sehingga akan menemukan pola pembelajaran yang tepat bagi si anak.

Selesai tanya jawab kami pun diajak untuk mengunjungi kelas-kelas yang ada di YIS. Setelah itu kami juga diajak ke mini farm yang dimiliki oleh sekolah ini. Wah ... anak-anak tentunya seneng banget bisa belajar lifeskill di sekolah ini



Mengapa Yogyakarta Independent School ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate?


Kurikulum ini mengajarkan anak mengeksplorasi kemampuan di semua bidang. Bukan hanya keilmuan matematika atau sains saja. Kurikulum ini mendorong siswa untuk memiliki wawasan global. Mereka dididik untuk kreatif, cerdas secara emosional dan mampu mengembangkan inteletual dan sosialnya. Harapan dari pihak sekolah mereka bisa berkontribusi positif terhadap lingkungan dan budaya. Tentunya dengan kurikulum ini bakat dan minat anak-anak makin berkembang.

Saya melihat hubungan siswa dan guru dan karyawan begitu akrab, namun tetap sopan. Ngobrol dan bercanda sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Saya melihat anak-anak begitu happy saat berada di lingkungan sekolah. Dan tentunya anak-anak tumbuh dengan percaya diri yang tinggi membuat mereka terlihat begitu nyaman berada di sekolah.

O ya, yang bersekolah di sini tuh nggak cuma anak-anak ekspatriat atau hasil dari pernikahan campur saja. Saya lihat banyak juga kok anak-anak WNI yang bersekolah di sini. Salah satunya sahabat saya yang menyekolahkan ketiga putra putrinya di Yogyakarta Independent School. Saya jadi paham mengapa mbak Atik, nggak mau pindah ke lain sekolah.

Jika anda yang berada di Yogyakarta dan menginginkan pendidikan dengan kurikulum internasional untuk putra putri anda. Saya sarankan kunjungi Yogyakarta Independent School sebelum memutuskan akan menyekolahkan anak di sekolah internasional lain. Melihat dengan mata kepala sendiri akan jauh lebih baik dan bisa membandingkan dengan sekolah yang lain. Jika anda merupakan orang tua yang meyepakati dengan pendidikan tak hanya sekadar akademik kunjungi saja



YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL (YIS)

Jl. Tegal Mlati No. 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta, 55284, Indonesia
Phone: +6282241044242 // (0274) 5305147 dan 5305148

Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih