Prive Uricran : solusi sehat bebas anyang-anyangan - Jurnal Hati

Selasa, 09 Juli 2019

Prive Uricran : solusi sehat bebas anyang-anyangan


Assalamualaikum temans, 

Bagaimana liburan kalian? 
Kalau saya agak riweh dengan keinginan duo bocah yang berbeda keinginan. Si bungsu pengen ikut ayahnya ke Semarang, sementara si sulung maunya main-main ke Jogja. Dua-duanya keukeuh sama keinginan masing-masing terpaksa saya dan suami berbagi tugas. Saya momong si sulung dan si bungsu hari Senin langsung ngikut ayahnya ke Semarang. 

Kebetulan saya juga minggu lalu ada beberapa pekerjaan dengan DL yang sempit, makanya sebelum jemput si bungsu ke Semarang saya selesaikan semua pekerjaan sekalian nurutin keinginan si sulung staycation dan jalan-jalan di Jogja. 

Qodarullah, ada woro-woro di grup kalau ada acara woman community yang diadakan oleh Combiphar. Kebetulan yang menyenangkan bukan? Nggak cuma bisa ngumpul sama teman-teman, tapi bisa menyesap ilmu sebanyak-banyaknya dari pakar yang dihadirkan dalam acara itu. 

Acara itu bertajuk Uricran Womens Community Aktif dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih. Acara yang dihelat di Noormans Hotel Semarang ini diikuti oleh beberapa komunitas perempuan di Semarang.

Acara dibuka oleh Bu Dyah Parikoening, Head of Brand Aviation Combiphar. Beliau berbicara mengenai event Uricran Womens Community serta digital content competition yang sedang diadakan oleh Prive Uricran. Kompetisi ini diadakan bagi teman-teman para content creator setelah mengikuti event ini. ada dua platform media sosial yang digunakan untuk digital content competition yaitu blog dan instagram. O ya, ada juga on the spot photo competition juga. Di depan ruangan tenpat event berlangsung disediakan photo booth buat peserta gegayaan. 



Dilanjutkan Mbak Michelle Talitha, Brand Manager Uricran berbicara mengenai sosok wanita aktif dan percaya diri. Sebagai wanita yang aktif dengan segala aktivitas sering kali membuat kita melupakan banyak hal. Termasuk hal kecil namun efek negatifnya akan menjadi besar apabila ditinggalkan. Apa sih? Salah satunya adalah minum setiap hari dengan air putih. Padahal kebutuhan tubuh kita akan air putih minimal dua liter atau setara dengan delapan gelas. Delapan gelas air putih itu pun harus dikeluarkan untuk membuang racun yang berada dalam tubuh. Selain lewat keringat racun bisa dikeluarkan via buang air, baik BAK maupun BAB. 

Sayangnya, wanita aktif yang terlalu asyik dengan berbagai kegiatan sering kali menunda keinginan untuk BAK. Bisa karena nanggung, atau malas untuk berpindah ke toilet. Akibatnya terlalu sering menahan atau menunda BAK membuat wanita lebih mudah kena anyang-anyangan



Acara semakin seru saat informasi tentang kesehatan dilanjutkan oleh seorang dokter muda yang saat ini bertugas di RS. Columbia Asia dan RS Elizabeth Semarang. Pengetahuan mengenai anyang-anyangan pun makin mendalam saat dr. Olivia Franciska Laksmana, SPOG dihadirkan dalam event ini. 

Anyang-anyangan itu apa sih? 


Dalam istilah medis, anyang-anyangan disebut Infeksi Saluran Kemih (ISK). ISK adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Berdasarkan bagian yang terinfeksi ISK terbagi menjadi dua yaitu ISK atas dan ISK bawah. ISK terjadi karena terbentuknya koloni kuman di saluran kemih. Dalam keadaan normal, urine tidak mengandung bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya. 

Penyebabnya terbesar ISK adalah masuknya bakteri ke saluran kemih melalui uretra. Meski dapat disebabkan karena jamur dan kasuistis melalui virus, namun kasus yang paling banyak karena bakteri. Dan kasus dengan penyebab bakteri ini 80% merupakan bakteri E-coli. Bakteri E-coli sendiri adalah bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia. Bakteri ini dikeluarkan memlalui anus bersamaan dengan keluarnya feces. Namun bakteri E-coli dapat masuk secara tidak sengaja ke saluran kemih dan menempel di dinding kemih. Jika didiamkan hal itu dapat menyebabkan ISK. 

Bagaimana bisa bakteri E-coli masuk ke dalam saluran kemih? 

Ada lima hal yang bisa menjadi jalan bagi bakteri tersebut masuk melalui uretra yaitu : 
  • Toilet kurang bersih 
  • Air kotor 
  • Hubungan seksual 
  • Cara yang salah saat membasuh organ intim 
  • Menahan buang air kecil. 
Tak hanya wanita yang bisa terkena infeksi saluran kemih. Laki-laki dan anak-anak pun bisa mengalaminya. Namun wanita dewasa lebih rentan mengalaminya. Hal ini disebabkan karena secara anatomi, saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus dibandingkan dengan pria. Wanita pun harus menggunakan air ketika membasuh organ intim setelah BAK. Jika tak bersih ataupun kering bagian yang lembab bisa menjadi sarang bakteri. Dan air merupakan sarana tumbuh kembang bakteri. 

Wanita pun lebih sering menahan keinginan untuk BAK. Wanita lebih ribet jika hendak BAK, karena terkait dengan kebersihan dan kesopanan. Wanita perlu pergi ke toilet untuk BAK. Saat ke toilet pun resiko terancam bakteri lebih tinggi, bisa memalui dudukan toilet, toilet kotor, ataupun air yang tak bersih. 

5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih. Dua di antaranya akan mengalami ISK secara berulang. Hal ini dikarenakan beberapa hal, diantaranya 
  • Kurang minum air putih 
  • Hubungan seksual 
  • Kurang menjaga kebersihan 
  • Batu ginjal dan kandung kemih 
  • Kehamilan 
  • Menopause 
  • Diabetes Militus 
  • Penggunaan kateter 
  • Alat KB (IUD) 
  • Obat-obatan 

Apa saja gejala ISK ini? 
  • Terasa panas saat berkemih 
  • Merasa sering ingin BAK 
  • Urine yang keluar tidak banyak 
  • Ada beberapa kasus yang mengalami kencing berdarah 
  • Urin berwarna pink atau gelap 
  • Bau urin tak sedap 
  • Sakit di kandung kemih 

Wanita hamil pun rentan terkena infeksi saluran kemih. Ada tiga jenis ISK pada kehamilan yaitu : 
  • Asymptomatic bacteria : ISK tanpa gejala. Hal ini disebabkan oleh bakteri komensal, dan jika tak ditangani akan menjadi pyelonephritis 
  • Urethritis akut (cystitis). Gejala yang sering terasa adalah nyeri, rasa panas, sering BAK. Gejala ini sering terjadi jika mengalami ISK bagian bawah. 
  • Pyelonephritis. Gejala ISK ini adalah panas, demam, menggigil, malaise dan nyeri pinggang 

Hati-hati dengan ISK saat kehamilan. Hal ini bisa mengakibatkan kelahiran prematur, bayi dengan berat badan rendah, preeklampsia, dan bisa mengakibatkan kematian janin 


Perilaku sehat apa saja yang bisa menghindarkan kita dari ancaman infeksi saluran kemih? 
  • Membersihkan area kewanitaan secara benar. Saat berkemih atau BAB, arah membersihkan kotoran adalah dari depan ke belakang. Dari kewanitaan ke anus. Bukan sebaliknya. 
  • Pemeriksaan urin rutin pada kehamilan 
  • Menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat misalnya katun. Supaya area yang rentan menjadi tumbuhnya bakteri tidak lembab oleh keringat atau air. 

Cranberry dan Prive Uricran 


Ada nggak sih pengobatan alami atau bahan makanan untuk mencegah anyang-anyangan? Ya ada dong. Makanan-makanan yang mengandung probiotik dan asam hyaluronat bisa menjadi pencegah infeksi saluran kencing. Selain itu secara berkala melakukan akupunktur bisa mencegah terjadinya ISK. Dan satu lagi yang sudah diteliti dan efektif mencegah ISK karena mengandung proantocyanidin yaitu buah cranberry. Proantocyanidin ini merupakan jenis tanaman yang terkondensasi. Cranberry dapat mencegah adhesi bakteri e-coli pada sel-sel epiter saluran kemih. Cranberry ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil, meski beberapa kasus mengalami efek samping berupa mual dan muntah. 

Penelitian yang dilakukan oleh Sengupta dan kawan kawan yang dilakukan pada tahun 2011, penggunaan proantocyanidin bisa menurunkan ineksi e-coli sampai hari ke-90. Hal ini membuktikan bahwa kandungan proantocyanidin (PAC) dapat membantu men-support kesehatan saluran kemih dan efektif mencegah terjadinya infeksi saluran kemih secara berulang. 

Sayangnya di Indonesia cranberry tidak mudah didapat. Buah ini tidak dijual di Indonesia baik di pasar tradisional maupun supermarket. Jika ada harganya pun pasti mahal karena merupakan produk impor. Karena rasanya yang asam, maka menjadikan cranberry sebagai obat harus diolah menjadi jus terlebih dahulu. 

Combiphar menjadi perusahaan pertama yang menghadirkan ekstrak cranberry untuk mencegah anyang-anyangan. Produk ini aman dikonsumsi oleh anak dengan usia minimal lima tahun. Ibu hamil pun aman mengonsumsi produk ini. Produk ini bernama Prive Uricran

Prive Uricran menghadirkan dua jenis produk yang mengandung ekstrak cranberry. Uricran Capsul berbentuk kapsul, dapat dikonsumsi sehari satu atau dua kapsul. Uricran Capsule ini berisi 30 kapsul di setiap boxnya. 



Hadir juga Uricran Plus buat kalian yang suka rasa asam segar pada buah cranberry. Selain ekstrak cranberry, Uricran Plus mengandung vitamin C, bifidobacterium bifidum dan lactobacillus acidophillus. Keduanya adalah bakteri baik dalam yang hidup dalam saluran cerna manusia dan akan tumbuh dalam makanan sehat yang dikonsumsi manusia. Kalian bisa minum sehari satu atau dua sachet untuk pencegahan. Ada 15 sachet yang bisa kita bawa pulang dalam setiap box nya. Lebih jelasnya kunjungi http://uricran.co.id/ ya temans. 

O ya, ada kuis nya juga loh. Buat kalian yang menang kuis ini tersedia lima (5) tiket ke acara puncak final Uricrevent di Jakarta loh. Pengen ikutan kan? check this out on instagram @uricran.id dan jawab pertanyaannya di kolom komentar. Jangan lupa sertakan hashtag #uricran dan #uricrevent di komen kalian. Ketemu di Jakarta ya kita?

Temans, dalam setiap pertemuan selalu memiliki hikmah. Berkumpul dengan orang-orang baik yang selalu berbagi membuat kita pun dengan mudah sharing kebahagiaan dengan orang lain. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian ya temans. 

#uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #semarang





Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih