BERTERIMA KASIH ALA YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Minggu, 26 November 2023

BERTERIMA KASIH ALA YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL

International baccalaureate


I’m thankful for the flowers.
I’m thankful for the trees.
I’m thankful for the birds.
I’m thankful for the bees.
I’m thankful for my teachers.
I’m thankful for my family.
I’m thankful for my friends.

I’m thankful that you play with me.
I’m thankful for the hugs you give.
I’m thankful for the things you do.
I’m thankful for the love you share.
I’m thankful that you are you.

Thank you, thank you, thank you, thank you.
Thank you, thank you, thank you.


Saya meleleh banget melihat dan mendengar lagu ini. Lagu yang berjudul I’m Thankful ini dilantunkan oleh anak-anak dari Primary Years ProgrammeYogyakarta Independent School dalam rangka perayaan Thanksgiving. Anak-anak yang menggemaskan dari berbagai negara ini menyanyi diiringi oleh petikan gitar Pak Ino, guru musik di YIS, sekolah internasional di Yogyakarta. Anak-anak yang nyanyinya natural banget, dengan ketidakfokusannya atau tingkah mereka yang terlihat excited ketika perform di depan banyak orang. Penampilan ini pun menjadi pembuka dari puncak acara thanksgiving di sekolah ini.

Yogyakarta Independent School



Anak-anak di seluruh jenjang mulai dari Primary Years Programme (Pre School) sampai dengan anak-anak yang berada di jenjang Diploma Years Programme (Grade 12) harus menampilkan karya mereka berupa puisi. Puisi ini dinilai oleh tiga pengajar dari seluruh jenjang pendidikan di Yogyakarta Independent School. Lantas puncak acara Thanksgiving ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2023 lalu.

Saya sempat bertanya pada salah satu teman saya yang menjadi anggota komite di Yogyakarta Independent School. Mengapa sekolah memilih lomba menulis puisi dibanding yang lain. Kalau menurut mbak Atik menulis puisi itu lebih challenging. Setiap anak harus bisa menyusun kata-kata yang tak hanya baik namun juga indah dibaca.

Tema acara kali ini adalah menumbuhkan rasa syukur di dalam diri anak-anak siswa Yogyakarta Independent School. Mereka mengekspresikan rasa syukur mereka terhadap orang tua, sekolah, guru, teman, karyawan dan pada apapun yang membuat mereka mensyukuri atas keberadaan mereka di muka bumi. Bahwa mereka begitu bahagia bisa mendapatkan berbagai cinta dari semua pihak yang mereka sayangi dan juga menyayangi mereka.

Sebelum acara dimulai, saya sempat bertemu dengan Ibu Benedikta Setiyani dari Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta, yayasan yang menaungi Yogyakarta Independent School. 

Yogyakarta Independent School


Beliau menyampaikan beberapa harapan yang diinginkan dengan adanya acara ini.
  1. Untuk orang tua yang sudah mengirimkan anak-anak ke Yogyakarta Independent School yang memiliki kurikulum International Baccalaureate dan menjadi satu-satunya sekolah yang memiliki kurikulum ini di Yogyakarta.
  2. Untuk yayasan, para guru dan juga staf dimana mereka sudah bekerja dengan luar biasa. Mereka tak hanya memberikan ilmu akan tetapi juga memberikan kasih sayang serta pengajaran akan perilaku dengan baik.
  3. Untuk seluruh teman-teman. Bagi siswa siswi Yogyakarta Independent School mereka bukan lagi teman, akan tetapi keluarga. YIS merupakan sekolah terpadu mulai dari pre school hingga Grade 12 sehingga kedekatan antar tingkatan siswa begitu terasa seperti saudara.
  4. Untuk Security dimana mereka selalu siap siaga untuk keamanan maupun keselamatan siapapun yang berada dalam wilayah Yogyakarta Independent School.
  5. Untuk Gardener yang sudah merawat lingkungan hijau Yogyakarta Independent School. Jika tak ada gardener takkan mungkin terwujud lingkungan sekolah yang indah, pohon pohon yang begitu terawat sehingga sedap dipandang oleh siapapun yang hadir di kampus YIS ini.

Thanksgiving ini dilakukan bukan hanya sekadar bertemu. namun juga memiliki makna berbagi. Berbagi secara ilmu, berbagi dalam hal lain yaitu bekerjasama, juga berbagi semangat bagaimana mewujudkan sebuah mimpi.

Perayaan Thanksgiving ini hanya satu diantara sekian banyak perayaan yang ada di Yogyakarta Independent School. Sekolah dengan multikultural, ras serta keagamaan membangun toleransi melalui perayaan yang selalu diadakan di sekolah. Semua anak pun bergembira ketika ada berbagai macam perayaan di sekolah. Mereka juga antusias ikut serta dalam setiap perayaan sederhana yang dilakukan di sekolah.

Biasanya menyemarakkan thanksgiving ada sajian kalkun panggang. Akan tetapi kali ini sekolah mempersiapkan sajian berupa pumpkin soup yang disajikan bersama garlic bread. Sajian ini boleh dimakan setelah seluruh acara selesai.

Sekolah Internasional di Yogyakarta



Saat pengumuman pemenang terdengar sorak sorai anak-anak menyambut mereka yang mendapatkan hadiah. Saya tak melihat ada yang iri atas keberhasilan pemenang. Mereka saling support satu sama lain. Bergembira saat nama temannya disebut. Bahkan mengelu-elukan. Setelah semua pemenang di berbagai tingkatan diumumkan. mereka pun membacakan puisi yang karya mereka. Puisi sederhana yang dibacakan oleh anak-anak PYP. Atau puisi yang memiliki rasa emosional serta diksi indah yang dituliskan oleh anak-anak dari Diploma Years Programme. 

Di luar pemberian hadiah untuk pemenang, sekolah juga memberikan penghargaan bagi siswa yang mengikuti lomba berupa sertifikat. Lantas acara pun ditutup dengan acara foto bersama.

Catatan kecil tentang YIS

KUrikulum IB



Saya beberapa kali menghadiri acara di sekolah berkurikulum international baccalureate ini. Di luar toleransi yang begitu tinggi di sini. Saya tak pernah melihat indikasi ada anak yang melakukan bullying pada anak yang lebih kecil atau terlihat lemah. Mereka benar-benar saling menghormati satu sama lain.

Saya juga mencatat sopan santun yang diajarkan di sekolah ini. Kemarin saya disapa oleh seorang anak Kindergarten. Ia mencolek saya, kemudian menyalami dan mencium tangan saya. Saya langsung meleyot diperlakukan begitu oleh anak ini.

“My name is Ihsan, Nice to meet you, Ibu.”

Saya yang hanya memiliki kemampuan Bahasa Inggris pasif jadi grogi disapa anak ini.

“Hi Ihsan, nice to meet you too.”

Tak hanya itu. Salah satu teman Ihsan , sepertinya berkebangsaan India pun menyapa dan menanyakan siapa nama saya dan saya lagi ngapain di sekolah mereka. Sebuah percakapan kecil namun cukup membuat hepi karena saya diterima oleh mereka dengan senang hati.

Bagi teman-teman yang ingin tahu tentang Yogyakarta Independent School bisa baca tulisan saya di beberapa artikel di blog ini. Ada tulisan saya saat YIS melakukan open house, memperkenalkan berbagai budaya lewat pertunjukan maupun kegiatan lain seperti memasak, ada juga yang seru saat graduation.

Jika anda berada di Yogyakarta dan menginginkan pendidikan dengan kurikulum internasional untuk putra putri anda. Saya sarankan kunjungi Yogyakarta Independent School sebelum memutuskan akan menyekolahkan anak di sekolah internasional lain. Melihat dengan mata kepala sendiri akan jauh lebih baik dan bisa membandingkan dengan sekolah yang lain. Jika anda merupakan orang tua yang meyepakati dengan pendidikan tak hanya sekadar akademik kunjungi saja


YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL (YIS)

Jl. Tegal Mlati No. 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta, 55284, Indonesia
Phone: +6282241044242 // (0274) 5305147 dan 5305148



Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih