6 Hal Yang Membuat Postingan Jadi Viral - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Jumat, 14 Oktober 2022

6 Hal Yang Membuat Postingan Jadi Viral

tips membuat postingan jadi viral
cr : pixabay



Dari bulan September lalu banyak banget yang viral di media sosial. Mulai dari Adam Levine & Reza Arap yang selingkuh. Netizen yang menemukan banyak kemiripan di salah satu akun yang diduga adalah akun Alternya Afi Nihaya Faradisa. Lalu seseorang yang membuka aibnya sendiri sebagai selingkuhan orang sampai yang terakhir ini adalah kasusnya Lesty Kejora yang mendapatkan KDRT dari suaminya.

Sekarang ini banyak banget orang yang pengen apa yang ia unggah menjadi viral. Makanya banyak cara yang dilakukan supaya postingannya mendapatkan komen dan like yang tinggi. Mulai dari judul yang clickbait ataupun gambar yang heboh. Dan netizen sepertinya memang menyukai sesuatu yang mengandung S3 marketing meski pada akhirnya kesel sendiri.

Untuk membuat postingan viral ada beberapa hal yang perlu diperhatiikan yaitu :

Kesempatan dan Waktu yang tepat
Setiap orang yang pengen memosting sesuatu mestinya memikirkan saat yang tepat dan kapan kesempatan itu ada. Biasanya orang beraktivitas itu saat selesai liburan. Mereka membutuhkan informasi-informasi teranyar yang bisa mereka dapatkan untuk bahan obrolan di kantor ataupun tempat mereka beraktivitas. Momentum atau kesempatan untuk membagikan hal-hal yang kemungkinan menjadi viral tentunya sesuai dengan konteks postingan misalnya baru saja ada info mengenai Kapolda Jatim yang ditangkap hari ini karena narkoba padahal baru dilantik dua hari

Judul yang menarik
Dengan dukungan judul yang menarik perhatian tentunya akan membuat orang mau klik tautannya. Biasanya judul dan paragraf pertama akan menarik perhatian pembaca. Ditambah lagi kalau isi dari postingan itu provokatif biasanya audiens akan meneruskan membaca postingan itu sampai akhir.

Memiliki emosi
Sebuah postingan yang mengandung emosi seperti gembira, sedih, marah, kecewa biasanya akan menarik perhatian audiens. Pembaca akan ikut hanyut dalam emosi yang dibentuk oleh si penulis. Konten yang memiliki emosi biasanya akan dibagikan oleh sejumlah orang yang memiliki emosi yang sama sehingga akan sampai kepada audiens lebih banyak lagi

Didukung oleh gambar atau video
Gambar atau video akan memberikan ilustrasi visual lebih baik kepada audiens dalam memahami sebuah postingan. Biasanya jika postingan itu sudah menarik perhatian akan mendapatkan lebih banyak lagi saat ada dukungan ilustrasi visual tersebut.

Memiliki manfaat untuk audiens
Konten yang memiliki manfaat misalnya tips & trik, how to, Do it yourself biasanya disukai oleh pembaca. Selain disukai postingan akan sering dibagikan oleh pembaca yang merasa bahwa postingan ini perlu dibaca oleh orang-orang yang membutuhkan informasi yang sama.

Mengandung unsur kepercayaan
Postingan dari orang yang dipercaya memiliki keilmuan yang mumpuni dalam bidangnya biasanya akan mendapatkan perhatian cukup besar dari pembaca. Pengalaman pribadi yang bisa dijadikan referensi pun akan dipercaya oleh pembaca sehingga menaikkan viewers ketika dibagikan oleh orang-orang yang mempercayai hal tersebut.

Kalau kalian gimana-teman-teman, pernah nggak punya postingan yang viral sehingga kalian mendapatkan keuntungan baik material atau immaterial? Cerita di komen ya?

Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih