Wisata Impian di Sulawesi - Jurnal Hati

Selasa, 10 Maret 2020

Wisata Impian di Sulawesi



Assalamualaikum temans,

Dulu saya sangat takut dengan wisata yang berkaitan dengan air dan pantai. Serius, saya tuh kayak takut aja lihat pantai dengan ombak yang bergulung-gulung. Saya kayak nggak bisa melihat indahnya pantai. Waktu kecil saya sering baca berita-berita tentang anak yang tenggelam di pantai sehingga saya takut main ke pantai. Bahkan sampai saya dewasa sekalipun. Saya lebih baik jauh-jauh dari apa yang namanya pantai. Bahkan saat kuliah ada mata kuliah fotografi sunset, saya bingung bukan kepalang. Musibah yang terjadi di pantai ternyata mencengkeram benak saya begitu lama. 

Dan di suatu waktu akhirnya saya dikenalkan pada wajah pantai yang menyenangkan dan indah. Pasir putih, air yang bening, karang yang kokoh, dan cakrawala yang membiru membuat mindset saya pun berubah. Saya mulai berani mendekat pada riak-riak air yang bermain di sekitar kaki saya. Berani berjalan di pantai dengan pasir putih di sepanjang mata memandang. Menikmati ombak yang berkejaran di kejauhan. Saya pun jatuh cinta pada pantai. Lantas menjadikan pantai sebagai salah satu pilihan destinasi wisata jika liburan tiba. 

Sayangnya, pantai yang saya datangi masih seputar Jogja saja. Mau melakukan perjalanan jauh kok masih agak kesulitan menunggu suami mengambil cuti panjang. Ada pekerjaan yang tak bisa dilakukan oleh rekannya sehingga saya dan anak-anak pun kudu sabar menunggu. Akhirnya yang bisa dilakukan adalah wisata online, melihat berbagai tempat wisata di dunia maya. Berbekal foto-foto ciamik yang tergelar di internet, mau tak mau jadi punya wishlist berwisata ke suatu tempat. Pengen tahu traveling impian keluarga kami nggak?


Traveling Impian

Saya punya beberapa saudara dan sahabat yang tinggal di Sulawesi. Jarang banget bisa ketemu kalau lebaran. Akhirnya pun berandai-andai seandainya sampai di pulau satu ini. ada beberapa tempat yang ingin kami kunjungi, dan semuanya wisata di perairan. Mana saja yang pengen kami kunjungi? Cus lanjut baca yak?



Pulau Sombori


Gara-gara obrolan dengan seorang teman tentang wisata ini, saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Pulau Sombori meski baru lewat dunia maya. Pulau Sombori ini berada di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah. Pulau ini memiliki keindahan alam yang nggak bisa diucapkan dengan kata-kata. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi tempat ini. 

Di Pulau Sombori tidak ada sinyal ataupun listrik yang memadai. Jadi kalau berwisata di daerah itu siap-siap tak bisa dihubungi atau menghubungi orang lain. Namun keindahannya bisa bikin lupa dengan hal itu. Di gugusan Pulau Karang yang ditumbuhi pepohonan rimbun pasti akan mengingatkan kita dengan Raja Ampat di Papua. Meski hanya dikenal dengan miniaturnya saja, Pulau Sombori gak kalah keren dibandingkan dengan Raja Ampat. 

Warna airnya berwarna tosca dan juga pulau karang di sekitarnya membuat pulau ini disebut Phi Phi Island versi Indonesia. Ada juga spot foto yang populer dinamai rumah nenek. Hal itu dikarenakan tempat itu dihuni seorang diri oleh nenek-nenek. Rumah yang dibangun di atas air ini punya view air yang bening banget kayak kristal. Jadi pengen nyebur kan ya?

Banyak yang memprediksi jika Pulau Sombori ini akan jadi destinasi wisata populer di Indonesia karena keindahan yang tak kalah dengan tempat wisata lain. Mantul banget kan ya?


Tanjung Bira


Tanjung Bira berada di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, tepatnya 0 km dari Kota Bulukumba. 

Tanjung Bira tak hanya terkenal karena keindahan pantainya saja, namun dikenal sebagai tempat pembuatan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan. Wisatawan bisa melihat proses pembuatan kapal tersebut di pinggiran pantai.

Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Ada persewaan perlengkapan menyelam, rumah makan, kamar mandi yang nyaman, persewaan motor, dan pelabuhan kapal ferry yang digunakan untuk mengantar para wisatawan yang ingin menyelam di Pulau Selayar. Untuk penginapan pun tersedia villa maupun penginapan yang bisa disewa dengan harga yang variatif, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Wisatawan di kawasan wisata Tanjung Bira bisa melakukan banyak hal di sana. Yang paling diminati tentu saja snorkeling maupun diving menikmati keindahan bawah laut. Ada beberapa spot keindahan bawah laut di pantai ini. Spot di kisaran Pulau Liukang Loe, sebuah pulau kecil di seberang barat Tanjung Bira merupakan salah satu spot terbaik. 

Selain menikmati keindahan bawah laut wisatawan juga bisa saja menghabiskan waktu di Tanjung Bira sekedar berjemur di bawah matahari atau menyaksikan sunrise maupun sunset. .


Wakatobi


Siapa yang tak kenal Taman Nasional Wakatobi. Wisatawan mancanegara pun mengakui bahwa Wakatobi merupakan salah satu surga dunia bawah laut yang berada di Indonesia. Pemandangan yang memukau itu membuat Wakatobi menjadi salah satu destinasi wisata populer di Pulau Sulawesi. 

Keanekaragaman hayati laut dan karang menjadi prioritas konservasi laaut di Indonesia, termasuk di Taman Nasional Wakatobi ini. Apalagi ada 112 jenis karang dan 13 famili yang ditemukan di Wakatobi. Belum lagi kekayaan ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan yang jarang dimiliki oleh laut lain. Tak ketinggalan beberapa jenis burung laut seperti Angsa batu Coklat, Cerek Melayu, serta Raja Udang Erasia bersarang di sana. Beberapa jenis penyu pun menjadikan taman nasional ini sebagai rumah mereka. 

Mupeng ke sana? Nabung yuk?











Tidak ada komentar: