Persyaratan Daftar Tokopedia Official Store - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Minggu, 13 Juni 2021

Persyaratan Daftar Tokopedia Official Store

persyaratan daftar tokopedia official store


Tokopedia merupakan salah satu marketplace online asli dari Indonesia yang dapat diandalkan untuk menjual beragam produk. Sehingga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bagi para pemilik usaha untuk berjualan di marketplace ini. Namun, sebelum kamu berjualan produk di Tokopedia, kamu harus membuat toko terlebih dahulu. 

Cara daftar tokopedia official store sendiri cukup mudah, dimana setiap penjual harus memiliki akun Tokopedia terlebih dahulu. Sama seperti beberapa marketplace terkemuka lainnya di Indonesia, situs web belanja online Tokopedia juga memiliki banyak fitur yang bisa didapatkan oleh penjual ataupun konsumen. Jika diperhatikan, kamu dapat melihat beberapa toko yang menggunakan logo seperti halnya official store, power merchant, dan lainnya.

Namun, untuk daftar Tokopedia official store sendiri terdapat beberapa ketentuan dan syarat yang berlaku. Berikut dibawah ini akan dibahas persyaratan daftar Tokopedia official store untuk brand ternama, distributor resmi, pengusaha lokal, dan penjual terpilih :


Persyaratan Official Store Untuk Brand Ternama

Adapun persyaratan official store untuk brand ternama adalah sebagai berikut : 

  • Siapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Siapkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Sebagai perusahaan besar, kamu juga harus memiliki berkas usaha yang telah mendapatan izin berbentuk SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • Pastikan juga kamu memiliki beberapa berkas lainnya yang membuktikan legalitas badan usaha dan ketaatan pajak badan usahamu, yakni Akta Perusahaan dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar), serta SKPPKP (Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak). 
  • Bisa membuktikan keabsahan badan usaha kamu sebagai pemilik hak paten terhadap merk dagang dengan berkas Hak Merk Dagang (HAKI). 


Persyaratan Official Store Untuk Distributor Resmi

Jenis official store ini bisa dimiliki jika kamu sebagai distributor resmi produk perusahaan lain di Tanah Air. Adapun persyaratan official store untuk distributor resmi ini adalah sebagai berikut :

  • Siapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Sudah memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • Bisa menunjukkan berkas surat penunjukan distributor resmi

Persyaratan Official Store Untuk Pengusaha Lokal

Adapun persyaratan official store untuk pengusaha lokal adalah sebagai berikut : 

  • Hanya perlu siapkan KTP
  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) seperti usaha pada umumnya
  • Sudah terdaftar dan memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

Pastikan kamu telah memahami persyaratan official store di Tokopedia untuk mengembangkan toko milikmu sebagai official store. Setelah itu, kamu bisa mempersiapkan semua berkas dan persyaratan yang diperlukan. Lalu, kamu bisa mulai memahami cara daftar Tokopedia Official Store. 


Persyaratan Official Store Untuk Penjual Terpilih

Biasanya official store ini bisa dimiliki jika badan usaha milikmu termasuk merchant unggulan dan berprestasi di Tokopedia. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut : 

  1. Pastikan badan usaha kamu di Tokopedia memiliki jumlah produk setidaknya 5 SKU
  2. Reputasi toko kamu minimal Gold 1
  3. Pastikan badan usaha kamu sudah aktif 6 bulan lebih
  4. Siapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  5. Pastikan juga kamu memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  6. Melampirkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

Itulah persyaratan daftar Tokopedia official store untuk brand ternama, distributor resmi, pengusaha lokal, dan penjual terpilih. Jika kamu termasuk salah satu diantara pilihan official store diatas, kamu bisa segera mendaftar Tokopedia official store di web resmi Tokopedia. 

Tidak ada komentar: