Colearn, Aplikasi Belajar Online untuk Anak-anak yang Ingin Jago Matematika - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Selasa, 25 Mei 2021

Colearn, Aplikasi Belajar Online untuk Anak-anak yang Ingin Jago Matematika



Assalamualaikum temans,

Saat masa sekolah pelajaran yang paling saya sukai adalah mata pelajaran bahasa. Mau bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau bahasa asing nilai saya pasti tinggi. Ngerjain tugas pun semangatnya bukan main. Kebalikannya saat saya bertemu dengan pelajaran yang berkutat dengan angka. Rasanya ngantuk aja kalau ikut pelajarannya itu.

Beneran, saya tuh benci pelajaran matematika dan fisika. Melihat angka dan rumus kepala saya auto pening. Udah berasa malas aja mau ngerjain soal latihan kalau belajar. Makanya nilai saya nggak pernah tinggi untuk dua pelajaran itu. Selalu saja nilai terendah yang saya dapat.

Saya nggak ingin berulang ke anak-anak saya. Untuk si Kakak alhamdulillah ia menyukai matematika meski nggak suka fisika. Masuk jurusan IPS pun nilai matematikanya cukup tinggi dibanding mata pelajaran lain. Nggak harus ikut les ia sudah cukup paham dengan pelajaran matematika.

Namanya dua anak kan pasti beda ya? Kalau si Kakak masih menyukai matematika, adik persis dengan saya. Meski saya sekolahkan di tempat yang sama dengan Kakak, ia menyerah kalau urusan dengan angka. Sebelum pandemi saya mengundang guru privat khusus matematika. Meski nggak secepat si Kakak, Adek pun mulai paham dengan pelajaran tersebut. Sampai kemudian pandemi membuat berantakan seluruh rencana yang telah kami susun. Mendatangkan guru privat termasuk hal yang beresiko.

Akhirnya saya mengandalkan pertemuan daring dengan gurunya. Adek kelimpungan lagi. Nilai-nilai matematikanya pun terjun bebas. Saya yang pening. Apalagi saat ini menjelang lulus SMP, memasuki masa SMA yang tentu saja pelajaran Matematika bakal lebih rumit lagi.


Mengenal Colearn

Pernah selintas lihat iklan Colearn di media sosial, namun belum kepikiran untuk membuka. Namun saat lihat postingan Donna Agnesia saya jadi kepo. Kayaknya beda sama aplikasi pembelajaran online lain. Jadilah saya download aplikasi itu dan mendaftarkan atas nama si Adek.



Di Colearn ada fitur live class. Kami pun penasaran, kayak apa sih bentuk live class ini. Kami pun berencana mengikuti live class trial setelah sebelumnya nyariin jadwal dan yang Adek anggap sesuai kebutuhannya.

Meski daring, rasanya kayak tatap muka gitu. Si Adek jadi semangat lagi buat belajar. Selama ini meski ada pembelajaran langsung via daring ia merasa kurang memahami materi. Pembelajaran selama 40 menit daring, terkadang susah masuk saat zoom membuat pembelajaran pun terputus putus.




Di live class ini anak-anak diajari mengerjakan soal dengan menyenangkan.




Mentor dan guru juara yang memberikan pemahaman dengan bahasa yang mudah dimengerti membuat anak-anak pun merasa mudah untuk mengerjakan.

Tempo hari saya dan Adek sempat mengikuti live class trial Colearn. Waktu itu ada live class persiapan masuk klas 10. Wah ... Seneng banget. Meski kami dalam perjalanan, kami tetap nggak mau ketinggalan materi yang menarik buat Adek.




Walaupun Adek rencananya masuk ke IPS, akan tetapi ia pengen juga nilai matematikanya tinggi seperti Kakak.

Jika ingin mengikuti live class, ada jadwal-jadwal dan materi materi yang bisa dipilih. Dengan mentor dan guru juara, anak-anak akan belajar layaknya bersama kakak-kakak. Nggak berasa kayak sama guru deh. Jadi anak-anak berasa main dengan peer group nya. Main-main namun berada dalam lingkungan belajar yang positif tentunya.

Di luar live class, ada juga lho Mabar (Matematika Bareng) dan Colearn+. Ini adalah sesi belajar sama Mentor CoLearn, biar CoFriends tambah jago dan pede. Belajar tuh serunya ya rame-rame. Jadi kalau gabung di Colearn bisa kenalan sama CoFriends lainnya di komunitas Discord CoLearn.

O ya, penting banget nih. Belajar di CoLearn+ gratis! Di CoLearn+, CoFriends bisa ikutan kelas inspirasi, dapet tips dan trik buat belajar dan persiapin karir dari sekarang, dan nggak kalah penting, belajar Bahasa Inggris rame-rame. Tuh kan … serunya nggak gimick.



Mentor yang mengajar di live class ini sudah banyak pengalaman. Kalau pengen tahu tinggal klik aja di foto pengisi live classnya. Reputasinya nggak kaleng-kaleng deh.

Setelah ikut live class Adek pun mulai membuka fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini.

Selain fitur live class yang membahas soal dan peserta bisa bertanya secara langsung ada dua fitur lagi yang bisa dipergunakan.

Foto soal




Setelah memotret soal yang ingin ditanyakan dan mengunggahnya akan ada video pembahasan tentang soal yang ditanyakan. Sepertinya fitur ini satu-satunya di aplikasi pembelajaran online ya?

Jadi setelah mengunggah soal yang ditanyakan ada banyak video yang memiliki tipe mirip ataupun sama. Kalian tinggal klik, maka videonya akan langsung jalan. Miriplah sama youtube. Bisa diputar dan dihentikan sementara. Bagi anak yang butuh pemahaman lebih lama akan lebih paham karenanya. Ada penjelasan tentang konsep yang mudah dimengerti oleh anak-anak yang dianggap lemah matematika sekalipun.

Selain dua fitur itu ada lagi fitur latihan soal. Ada banyak latihan soal yang bisa dikerjakan supaya bisa makin jago ngerjain soal matematika.



Di fitur latihan soal ini ada banyak soal dari beberapa pelajaran. Ada matematika, fisika, kimia dan bahasa Inggris. Wah ... Kirain tadi cuma perangkaan doang. Ternyata ada juga pelajaran bahasa. Bisa untuk refreshing Adek nih, secara ia suka banget pelajaran Bahasa Inggris.

Ketika mencoba mengerjakan soal namun tak paham dengan yang dimaksud, bisa pencet kata kuncinya. Nanti akan muncul penjelasan dan pembahasan dari soal tersebut.

Seandainya jawaban yang dikerjakan salah, tinggal pencet solusi akan muncul cara pengerjaan dan pembahasannya secara lengkap.

Era milenial begini orang tua pun harus turut aktif memilihkan yang terbaik buat anak-anaknya. Begitu juga dengan aplikasi belajar online. Bukan hanya harga yang murah namun tak tepat sasaran. Perlu juga bagi kita orang tua melihat dimana sih kelemahan anak-anak kita.

Tahun ajaran baru emang baru dimulai bulan Juli 2021. Apa salahnya kita mempersiapkan hal terbaik untuk anak-anak kita? Kan nggak papa sedia payung sebelum hujan kan?

Colearn memberikan potongan istimewa jika teman-teman ingin mendaftar untuk paket-paket belajarnya. Sekarang kalau daftar live class nya bisa dapet potongan harga sampai 40% plus gratis kelas ekstra persiapan ujian mulai tanggal 24 Mei 2021. O ya, diskon gede ini berlangsung cuma sampai akhir Mei 2021. Tuh kan ... Kalau saya nggak mikir dua kalilah. Kan investasi untuk keberlangsungan sekolah anak-anak juga. Apa lagi yang ditunggu? Download deh aplikasi Colearn di playstore ataupun apple store buat ngedapetin banyak benefit untuk anak-anak kita.




43 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

makasih sharingnya

Liyaswandari mengatakan...

Wah menarik. Adekku harus tau nih. Makasih infonya Mb Irfa

shava mengatakan...

pas banget, lagi butuh info macem ini. makasih ya, jd penasaran coba colearn juga buat kay😁👍

sharingbundasulis mengatakan...

Info penting dan okey mbak IRFa. Makasih banget yaa! Aku suka matematika, ayahe Fari juga suka ...nah kalau ngajari Fari itu tugas ayahe. Meskipun nilai MTK di SMP Fari sudah Bagus tapi dia masih merasa belum percaya diri sehingga butuh belajar yang tepat. Info bagus ini untuk Fari. Makasih sekali lagi ya. Bisa sebagai alternatif belajar.

adina-twins.blogspot.com mengatakan...

Waw belajar jadi seru y mba.. sekarang banyak aplikasi2 e learning yg memudahkan buat belajar. Beruntung bgt ya kalau jadi anak jaman sekarang..😁

Nurul Mutiara R.A mengatakan...

Noted! Bisa nih kujadikan referensi pembelajaran untuk adikku juga. Soalnya dimasa PJJ kayak gini perlu ada mentornya. Lha gimana ya kak, kalau PJJ gak ada tatap muka jadi kalau mau hanya susah.

Noviyana Shiali mengatakan...

Dulu waktu sekolah pun aku termasuk yang gak terlalu suka matematika, udah pusing duluan kalau liat angka-angka, hahah. Untung aja adik aku kebalikan dari aku, dia termasuk yang suka dan pinter matematika:')

Abis baca artikel ini, aku jadi penasaran sama aplikasi Colearn. Bisa nih dicobain, siapa tahu adik aku juga seneng belajar pake App ini. Terima kasih, Mba. Hehe

Achi Hartoyo mengatakan...

Seandainya waktu kita kecil ada aps ini pastinya aku tidak akan benci matematika hehehe

tari mengatakan...

anak2 pernah tanya, pelajaran apa yg paling aku suka waktu sekolah? jawabannya, pelajaran yg gak ada gurunya, awokwokwok. zaman sekarang gak bisa gitu lg. gak ada guru masih ada aplikasi

Agustina Purwantini mengatakan...

Muehehehe ...janjane ini penting buat saya dan Adiba. Tapi bocahe kulihatini ini malah ngakak ...dasarr malasa belajar. Hahaha

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Sama dong, math memang bikin puyeng emaknya. Kayaknya bisa sih, soal ga seberapa sulit, tapi ternyata cara ngajarinnya susah hehehe.. Oke, ikut Colearn aja klo gitu yaaa

Finaira Kara mengatakan...

Ini bisa buat kelas berapa aja, Mbak? Kok kayaknya aku tertarik buat belajar matematika lagi. Well, karena suka sama matematika sejak SD aku jadi kayak pengin belajar matematika dari berbagai metode gitu

unggulcenter mengatakan...

Wah ini, solusi biar emak-emak ga terlalu puyeng ya ngadepin anak di masa pandemi yg harus tetap belajar tentunya

Firdaus Deni Febriansyah mengatakan...

Matematika yang sulit dan membosankan bakalan terasa mudah jika sudah menggunakan aplikasi tersebut. Solusi yang tepat, terlebih di masa pandemi seperti ini

Yelli Sustarina mengatakan...

Wah, kalau saya suka banget malah pelajaran yang berhubungan degan angka, kayak matematika, fisika, dan kimia. Malah selalu dirindukan pelajaran ini dan bersemangat untuk mengikutinya. Namun, bagi yang nggak suka, emang suasah juga ya. Untung sekarang zamannya digital, semua ada solusinya berkat munculnya berbagai aplikasi yang mendidik kayak Colearn.

Bening Pertiwi mengatakan...

pelajaran yang ketemu angka kalau enggak ketemu dengan gurunya langsung memang berat, hehe. ya gimana dong, ketemu aja masih suka bingung. tapi memang kalau masa pendemmi begini, semua harus kreatif. semangat terus belajar online-nya

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Nah
Pas banget nyari ini karena anak sudah SD juga
Tadinya sudah belajar Mandarin dan Bahasa Inggris
Sekarang cari yang hitungan

Angrumaoshi mengatakan...

Wah mulai dari kelas berapa nih matematikanya? Untuk TK dan SD apakah ada juga?

Rudi G. Aswan mengatakan...

Tahu aja nih kebetulan kedua anak kami agak lemah di pelajaran matematika. Kalau belajar live class gini lebih asyik ya jadi anak makin mudah memahami pelajaran. Kalau soalnya teruji dan gurunya kompeten, anaknya bakal suka mengerjakan drill matematika. Solusi banget selama pandemi agar anak tetap upgrade kemampuan. Thx infonya, Kak. :D

Yustrini mengatakan...

Dulu saya suka pelajaran matematika tapi kesulitan di pelajaran Fisika. Anak-anak sekarang jadi lebih mudah karena ada aplikasi untuk belajar online.

Lita Lestianti mengatakan...

yg susah itu memang soal dr sekolah yg ngga ada contohnya di tempat les. tapi kalo ada fiur foto soal ya enak dan ngga bakal bingung.

Fenni Bungsu mengatakan...

Jadi memudahkan yang bersekolah untuk belajar ini. Apalagi matematika ada yang cukup ruwet juga. Sampe sekarang kalau saya ingat, deuh nggak paham mengerjakannya 😀

Ceritakita mengatakan...

Sekarang ini banyak orang yang kreatif ya, apalagi di masa pandemi. Seauatu yang menjemukan bisa dibuat menarik. Program ini utk anak klas berapa ya?

Ceritakita mengatakan...

Sekarang ini banyak orang yang kreatif ya, apalagi di masa pandemi. Seauatu yang menjemukan bisa dibuat menarik. Program ini utk anak klas berapa ya?

Diestra Perdana mengatakan...

Sekarang enak ya semua fasilitas bisa online begini belajar jadi lebih mudah. Nggak kayak jaman dulu :(

Mei Daema mengatakan...

wah bisa saya rekomendasikan ke keponakan saya yang suka banget belajar Matematika, biar makin paham tentang mata pelajaran ini

Nyi Penengah mengatakan...

Allhamdulillah kalau ada tempat ngelesin anak begini ya Mba Irfa
emaknya nggak kalang kabut, aku sendiri juga nggak bisa itung-itungan bisa jadi referensi nih

Han mengatakan...

Selama ini Matematika kan jadi momok yaa. Ga bayangin kalau matematika bisa dipelajari nyenengin kek gini

Akarui Cha mengatakan...

Wah sampai ada komunitas CoFriends-nya juga melalui Discord jadinya nggak berasa sendirian dan sesi pertemanan pun jalan ya

Seru ya belajar di Colearn ini bisa live, jadi kalau masih bingung bisa ditanyain langsung saat itu juga.

Damar Aisyah mengatakan...

pengin juga ikutin programnya, tapi harus dicuss dulu ama anak, secara dia gak demen banget sama math. Beda nanti sama adiknya yang udah keliatan interest. Dari review-nya sih sangat menarik. Buat yg udah suka math, sepertinya bakalan makin seneng belajarnya.

Tukang jalan jajan mengatakan...

belajar dalam kelompok seperti ini pasti menyenangkan, apalagi kalau misalnya bingung bisa langsung bertanya. Jadi belajar 2 arah dan ini menyenangkan

Zee Vorte mengatakan...

ingin mencoba colearn ini terhadap sepupu dan keponakanku agar belajarnya efektif dan produktif

Lidya Fitrian mengatakan...

Pas banget nih mbak aku lagi cari-cari aplikasi supaya anakku yang kecil ada bahan untuk belajar matematika soalnya kakaknya kalau mengajarkan terlalu cepat.
Mau cari tahu harganya ah di web lumayan selagi ada potogan harga

HendraDigital mengatakan...

Wa'alaikumussalaam...

Saya sendiri bingung, mata pelajaran apa yang saya sukai, kayaknya saat mata pelajaran kosong deh, hahahaha...

Kayaknya kebanyakan guru matematika cara ngajarnya ngebosenin deh. Padahal kalau pakai metode mengajar yang berbeda, bakalan asyik banget matematika...

Sekarang sih makin mudah belajar online ya. Tinggal pilih materi yang ingin dipelajari. Salah satunya bisa belajar online di COLEARN

Nathalia DP mengatakan...

Saya suka matematika, tapi anak saya enggak suka... Jadi tertarik coba colearn nih, supaya belajar matematika lebih menyenangkan...

Siska Dwyta mengatakan...

Ngomongin matematika langsung ingat basic saya di dunia ini, sempat ngajar matematika juga tapi sekarang sudah resign sih. Btw aplikasi Colearn ini bikin belajar matematika jadi terasa asyik dan menyenangkan ya.

Dewi Rieka mengatakan...

Iyaaa, Matematika yang paling susah apalagi belajar online sempat puyeng gimana ngajar dua bocah ini yang ada berantem. Kalau ada Colearn bisa belajar sambil bermain, fun...

listiorini mengatakan...

Wah seandainya dulu aku ada kaya gini ya :") seru banget kayanya pembelajaran matematika nya.. soalnya aku juga ga suka matematika 😭

Reskia Ekasari mengatakan...

Waaah Matematika ya, pelajaran yang paling aku suka sewaktu sekolah dulu. Bahkan sangking gemarnya belajar, rasanya tiada hari tanpa mtk. Waktu dulu UN masih ada, harusnya saya bisa menyeimbangkan dengan pelajaran yang lain tapi tetap aja berat sebelah ke MTK. Sesuka itu sih, apalagi bisa belajar online kayak gitu tambah mantap :D

Hayatilah mengatakan...

Baru tahu ada aplikasi ini, tinggal download di google playstore lagi. Bolehlah dicoba buat anakku yang mau SMP. Semoga banyak yang gratisannya, Hehe.

roswitapl mengatakan...

Wah makasih infonya mba... Appsnya menarik sekali. Aku bakal infoin ke adek aku, dia baru mau masuk kelas 1 SMA.

Wahyu Widyaningrum mengatakan...

Wah, jadi mempermudah dan lebih paham angka nih. Matematika memang bikin puyeng ya. Dengan aplikasi ini, anak-abak pasti lebih semangat belajar ya mbak

AuL Howler mengatakan...

Wahhh keren banget ini ya mbaak!

Jadi nggak perlu pusing dan repot lagi nyari platform belajar
Sudah lah mudah, murah, efisien lagi ini pake Colearn