Wonderful Indonesia : Wonderful Place, Wonderful People - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Sabtu, 01 Desember 2018

Wonderful Indonesia : Wonderful Place, Wonderful People


Assalamualaikum Temans, 

Jika teman-teman mendengar kata Wonderful Indonesia, kira-kira apa yang terbayang di benak kalian? 

Ketika saya bertanya pada suami, jawaban yang cepat meluncur dari bibirnya adalah keindahan alam Indonesia. Tak diragukan lagi, Indonesia memiliki berbagai tempat indah yang baru bisa saya kunjungi di dunia maya saja. Contohnya saja Pulau Cinta yang berada di Gorontalo, ataupun Teluk Kiluan yang berada di Tanggamus Lampung. Destinasi wisata Indonesia yang berkembang menjadikan Indonesia menjadi surga bagi penikmat traveling. 

Zaman sekarang, media sosial menjadi kekuatan sendiri dalam mempromosikan apapun. Kawasan wisata alternatif pun banyak bertebaran di media sosial. Coba saja teman-teman mencari melalui tagar tentang pariwisata Indonesia, maka bermunculan foto-foto cantik yang kadang saya sendiri tak mengetahui tempatnya dimana meski dekat dengan alamat rumah saya. 

Pariwisata Indonesia saat ini tak terbatas di Candi Borobudur, Danau Toba, Pantai Parang Tritis, Pantai Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kepulauan Seribu, ataupun Pantai Kuta. Semakin banyak masyarakat di Indonesia yang sadar wisata sehingga membuat destinasi wisata yang dekat tempat tinggal. Selain tak perlu jauh-jauh untuk melepas penat, biaya rekreasi pun kian terjangkau. 

Contohnya saja di daerah saya Kabupaten Magelang. Jika di masa kecil saya hanya mengenal sedikit tempat wisata yaitu Candi Borobudur atau Candi Mendut. Saat ini semakin banyak alternatif wisata yang sayang kalau hanya dilewatkan. 

Jika teman-teman ingin traveling di Kabupaten Magelang, semakin banyak pilihan wisata yang tak bisa dinikmati hanya satu hari. 

Punthuk Setumbu 
Sebuah kawasan yang tak jauh dari Candi Borobudur patut teman-teman kunjungi. Banyak turis dari luar negeri yang mengunjungi Punthuk Setumbu. Nirwana Sunrise, begitu mereka menyebut kawasan ini. Jika ingin mengunjungi kawasan ini, kita perlu effort yang lebih dibanding mengunjungi kawasan lain. Selain kita memerlukan bangun lebih awal dari biasanya, pendakian ke puncak punthuk tersebut yang memakan waktu sekitar 20 menit dengan jalan yang menanjak menjadikan keindahan di puncak semakin berharga. 


Punthuk setumbu menyajikan keindahan matahari terbit. Keindahan itu hanya bisa kita lihat sekian menit sebelum matahari benar-benar muncul. Momen berharga inilah yang dinikmati oleh pengunjung. Tak hanya pecinta fotografi yang berjejalan ingin mengabadikan momen tersebut. Saat saya ke sana pengunjung dari benua Eropa maupun Asia lumayan banyak. 

Selain momen harga yang dinikmati, pengunjung juga bisa berfoto dengan pemandangan pagi yang indah. Banyak spot foto yang sayang kalau dilewatkan. 

Punthuk Setumbu juga dekat dengan Gereja Ayam, salah satu tempat syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 yang ngehits itu. Teman-teman bisa jalan kaki selama 10 menit dari Puncak Punthuk Setumbu untuk mencapai Gereja Ayam. 

Balkondes 
Di Kawasan Kecamatan Borobudur ada banyak balkondes yang dibangun oleh beberapa perusahaan. Alternatif wisata ini juga patut teman-teman pertimbangkan untuk melepas lelah dan menikmati berbagai macam permainan atau kuliner. Misalnya saja balkondes Wanurejo. Tempat ini semakin sering dipakai untuk acara-acara perusahaan ataupun penduduk lokal jika ingin mempunyai hajatan. Saya pernah menuliskan tentang balkondes ini di SINI. 


Selain Balkondes Wanurejo, ada juga Balkondes Ngadirejo, Balkondes Tuksongo, Balkondes Majaksingi, Balkondes Wringin Putih, dan yang terakhir dibangun adalah Balkondes Tegalarum. Ada 20 Balkondes yang bisa teman-teman kunjungi, atau sekedar menginap jika ingin menikmati suasana. 

Wisata Air. 
Teman-teman tentunya tak asing dengan rafting dan tubing bukan? Di Kabupaten Magelang punya dua jalur rafting yang bisa dinikmati yaitu jalur Kali Elo atau Kali Progo dengan kesulitan yang berbeda-beda. 

Ada juga tubing yang bisa dinikmati melalui wisata kecamatan Muntilan di Kali Blongkeng atau beberapa area di Kecamatan Sawangan, di Desa Tampir. Jika anda mengajak anak usia balita, tentunya lebih aman jika memilih tubing menjadi wisata air.



Di tengah perjalanan rafting anda biasanya akan beristirahat di sebuah tempat. Kuliner yang disajikan adalah kelapa muda dan jajanan pasar. Jika tubing yang dipilih maka setelah perjalanan kuliner tersebut bisa dinikmati setelah anda berbasah-basah di sungai. 

Wisata Selfie. 
Ingin sekedar foto dengan background yang instagramable? Teman-teman bisa memilih. Ada Jungyard di sebelah Balkondes Wanurejo dengan berbagai macam mobil atau motor kuno yang unik. Taman Dewari dan Taman Ramadanu di Kecamatan Salam dan Ngluwar akan memberikan keindahan bunga dalam setiap foto yang diambil. Tak lupa wisata Kulon Ndeso di Sokorini Muntilan yang memanjakan pengunjung melewati area persawahan di bawah jembatan yang mereka lewati. 



Wonderful People 

Bicara Wonderful Indonesia, tak bisa dilewatkan bagaimana saya dan banyak masyarakat di Indonesia berinteraksi. Lupakanlah jika kita melihat di dunia maya orang-orang saling menyerang, menebar hoax, ataupun menjatuhkan. Di kehidupan nyata saya tak pernah mengalami kehidupan yang riweh yang membuat hati panas. 

Saya hidup di tempat yang masih kental dengan adab dan kebudayaan. Sebuah kota kecil yang meski bertambah bising karena pembangunan fisik dan penambahan penduduk yang tak lagi bisa dihindari. Namun toleransi di antara kami masih bisa terjaga dengan baik. 

Di Kecamatan Mungkid, sebuah vihara berdiri di tengah tempat yang mayoritas adalah masyarakat Muslim. Di Muntilan Tempat Peribadatan hanya dipisahkan oleh jalan yang tak lebih dari 8 meter. Sekolah berbasis Nasrani dan Muslim berdampingan serta bersaing secara sehat. Saling menjaga saat merayakan hari besar masing-masing. 

Menghormati perbedaan bukan lantas saling mengikuti ritual agama lain. Toleransi terbesar yang ada di hati manusia adalah mempersilakan orang lain melakukan ritual keyakinannya tanpa ada gangguan apapun. 

Itulah sejatinya wonderful people yang menjadi bagian dari wonderful Indonesia.


Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih