Rencana Wisata ke Kaki Gunung Sindoro - Jurnal Hati

Kamis, 13 Desember 2018

Rencana Wisata ke Kaki Gunung Sindoro



Akhirnya libur telah tiba. Hanya saja sampai menjelang akhir bulan saya masih ada pekerjaan yang harus saya selesaikan. Sementara Paksu juga tidak mungkin diharapkan untuk cuti karena pengabdi perbankan sampai tanggal 31 Desember besok harus lembur untuk laporan akhir tahun. 

Nggak papalah. Meski nggak bisa liburan panjang setidaknya di sela kesibukan masih ada waktu untuk traveling walaupun nggak pake nginep. Bersyukur juga nih, hari Ahad besok ada undangan pernikahan saudara di Temanggung. Jadi sekalian aja deh buat jalan-jalan menikmati liburan meski masih lumayan panjang. 

Jadilah si Kakak dan Adek googling tempat mana saja yang akan kami kunjungi. Meski kami hidup di kampung, tetep saja kalau jalan memilih wisata alam. Solider sama Paksu yang setiap hari berkutat dengan kertas dan laptop yang memerihkan mata. 

Ada beberapa alternatif tempat yang akan kami kunjungi nih. 

Embung Kledung 

Embung Kledung ini adalah kolam reservoir yang terletak di pinggir jalan Parakan – Wonosobo. Di dalam kolam ini terdapat berbagai macam ikan hias yang cantik. Selain kolam reservoir, di dekat Embung Kledung juga terdapat perkebunan hortikultura. Jika berkunjung ke sana, kita bisa menikmati berbagai kebun sayuran segar juga pepohonan Jambu. 

cr: www.kledung.kledung.temanggungkab.go.id


Tempat ini tak memiliki penginapan komersial. Jika ingin bermalam, bersiap-siap saja dengan tenda beserta peralatan berkemah lainnya untuk menikmati malam indah di pinggir Embung Kledung. 


Wisata Alam Posong 

Tempat ini perlu berterima kasih kepada riuhnya media sosial. Berbagai foto cantik di destinasi wisata ini bertebaran di instagram maupun media sosial lainnya. Biasanya jika sudah viral akan menggerakan orang-orang yang lewat jalur ke Temanggung untuk mampir dan menikmati. 

cr: www.ngetripyuk.com


Lokasi ini berada di lereng Gunung Sindoro. Hijaunya pohon dan gunung yang menjulang membuat tempat ini indah untuk menjadi background saat pengunjung mebgambil foto. Tempat ini terlihat sangat indah saat sunrise. Pengunjung akan menikmati matahari yang menyembul di balik gunung sumbing. Tak jarang samudra awan turun menghiasi keindahan sunrise di Wisata Alam Posong. 

Selain di Temanggung, pengen juga melipir ke kabupaten tetangga yaitu Wonosobo. Pengen banget ke tempat wisata legendaris seperti Bukit Sikunir, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, atau wisata sejarah lain di area ini. Namun jika hanya beberapa jam di sana tentu saja tak cukup waktu untuk eksplore destinasi wisata tersebut. 

Pilihan Kakak dan Adek jatuh pada Kebun Teh Tambi Wonosobo

Kebun Teh ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang sampai sekarang masih dirawat dan dikelola oleh perusahaan milik pemerintah. Kebun Teh ini cukup populer. Jika ingin ke Dataran Tinggi Dieng, maka kita akan melewati kebun teh ini karena letaknya berada di jalan utama menuju Dataran Tinggi Dieng. 

cr: www.wisatadiengwonosobo.com


Jika ingin menginap, tempat ini telah dilengkapi oleh dengan penginapan yng nayamn dengan fasilitas yang komplit. Jika menginap di sana, ada pemandu yang akan menemani kita berkeliling melihat perkebunan dan pabrik teh Tambi sendiri. Kita akan diajak melihat para pemetik teh bekerja sampai melihat proses pembuatan teh mulai dari daun hingga teh siap saji. Kayaknya tepat banget deh kalau dalam waktu dekat ini berkunjung ke sana. Jika musim hujan tiba, daun teh sedang dalam keadaan hijau hijaunya. 

Jika ada diantara teman-teman yang ingin ke sana, coba deh googling paket wisata dieng. Masih banyak lagi kok tempat-tempat menarik yang layak banget untuk dikunjungi.

2 komentar:

  1. Duhhhh keren banget nih sepertinya, jadi kepengen ikutan wisata ke kaki gunung sindoro ini, pemandangan yang ijo2 gitu bikin ademmm

    BalasHapus
  2. Aku kemarin juga barusan dari Dieng mbak. Rame banget,, jalanan pun padat merayap. Ntar ke sana lagi kalo musim nggak liburan. Hahaha

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih