Teluk Kiluan, destinasi wisata di Sumatera yang ingin saya kunjungi - Jurnal Hati

Senin, 19 Februari 2018

Teluk Kiluan, destinasi wisata di Sumatera yang ingin saya kunjungi

Assalamualaikum Temans,
Saya tuh waktu kecil takut banget sama yang namanya laut dan pantai. Kebetulan saya tinggal di daerah pegunungan dan waktu itu selalu mendapat referensi tentang laut dan pantai kok mengerikan terus. Tiap baca surat kabar ada yang meninggal waktu berenang di laut lah, ada yang terseret ombak lah, kapal yang oleng di laut membuat saya takut jika diajak ke pantai. 

Saat sudah dewasa dan beberapa kali bareng keluarga atau teman main ke pantai, pandangan saya berubah. Apalagi saat melihat Pantai Indrayanti dengan pasir putihnya. Mindset saya pun berubah. Saya jadi pengen lagi main ke pantai.

Ngomongin air, laut dan pantai saya pengen banget deh ke Teluk Kiluan. Teluk Kiluan merupakan obyek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Di sana saya pengen banget menikmati udara pantai yang bersih, menikmati pemandangan laut yang berdekatan dengan bukit. 


source : yopiefranz.com


Apa saja yang ingin saya lakukan di Teluk Kiluan?

Menikmati atraksi lumba-lumba

source : telukkiluan.com

Saya penasaran banget dengan tempat ini karena pengen naik perahu di tengah laut sambil menikmati lumba-lumba yang berenang bebas di lautan. Saya nggak suka pake banget melihat sirkus dengan berbagai macam hewan yang dikaryakan dan menjadikan mesin uang oleh sebagian orang yang mengambil manfaat secara kurang terpuji dari hewan-hewan yang harusnya hidup bebas di habitatnya.

Di Teluk Kiluan ini kita bisa menikmati atraksi lumba-lumba secara natural. Ada dua jenis lumba-lumba yang hidup di sana. Spesies pertama lumba-lumba hidung botol atau bahasa latinnya Tursiops Truncatus. Lumba-lumba ini dengan badan lebih besar, berwarna abu-abu, namun pemalu. Yang kedua adalah Stenella Longirostris atau biasa disebut lumba-lumba paruh panjang. Tubuhnya lebih kecil dan senang melompat. Kawanan lumba-lumba liar ini menyelam bebas di laut. Mereka ramah terhadap manusia dan senang mendekat jika ada kapal atau perahu yang melintas di laut.



Berenang di Laguna Gayau

source : telukkiluan.com

Laguna Gayau terletak di Balik Bukit Teluk Kiluan. Tempat ini seperti sebuah kolam renang raksasa dengan air yang berwarna biru. Tempat ini terbentuk oleh kontur alam bebatuan dan air di laut di tempat tersebut. Laguna Gayau, lubang batu karang tersebut, berukuran panjang kurang lebih lima meter. Kalau melihat tempatnya saya bisa membayangkan jika berwisata ke sana bersama anak-anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain air dan jeprat jepret tempat yang indah dan eksotis ini.


Snorkeling

source : telukkiluan.com

Snorkeling di Teluk Kiluan ini bisa kita nikmati di Pulau Kelapa, sekitar 15 menit berperahu dari Teluk Kiluan. Lokasi spot snorkeling ini tak jauh dari pantai di Pulau Kelapa. Kita bisa menikmati berbagai jenis ikan hias yang menarik. Tak ketinggalan kita bisa menjumpai bintang laut yang berwarna biru. Di tempat ini posisi terumbu karangnya dangkal. Hal ini membuat kita harus berhati-hati karena kita bisa menabrak atau menginjaknya. 


Menikmati sunset

Kayaknya romantis ya bisa menikmati sunset di sebuah pantai? Merasakan embusan angin dan menikmati temaram senja kayaknya jadi catatan penting deh buat saya seandainya saya bisa sampai ke Teluk Kiluan. Sekalian bisa nengokin ponakan-ponakan di Bandar Lampung. Seru kali ya kalau bisa ramean mengunjungi Teluk Kiluan?

Bagaimana dengan kalian Mara dan Erina? Destinasi wisata mana yang pengen banget kalian kunjungi?



2 komentar:

  1. Aku juga suka pantai mbak. Bisa menikmati sunset soalnya. Btw, makasih sharingnya mbak. Aku jadi tahu dimana letak teluk Kiluan.

    BalasHapus
  2. Teluk Kilauan ... waah pengin banget aku kesana.
    Pengin nyoba nyebur berenang bareng lumba-lumba disana 😁
    Kira-kira aman ngga ya ?

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih