Menilik Pentingnya Menggunakan Tinta Printer Epson Original - Jurnal Hati

Jumat, 23 Februari 2018

Menilik Pentingnya Menggunakan Tinta Printer Epson Original



Penggunaan komputer di segala bidang dewasa ini akan membuat Anda berurusan dengan mesin printer. Printer merupakan salah satu perangkat keras outputan dari komputer untuk memberikan hasil cetakan dari apa saja yang Anda buat di komputer. Dengan mesin printer Anda bisa mencetak teks atau tulisan hingga gambar dalam berbagai pilihan warna. Tentu saja printer yang digunakan haruslah printer warna yang memiliki pilihan aneka tinta. Salah satu merk printer yang sering digunakan dan mendapat tempat di hari masyarakat adalah printer Epson. Epson dikenal sebagai printer yang awet dan serba guna karena diproduksi dalam beberapa jenis seperti jenis personal dan komersil. Namun apapun jenis printer yang digunakan, pastikan Anda hanya mengisinya dengan tinta printer Epson original.

Sebuah printer akan bisa bekerja jika memiliki tinta di dalamnya. Teks atau gambar tak akan bisa dicetak sempurna jika pilihan warna yang digunakan habis tintanya. Misalnya Anda akan mencetak teks berwarna hitam, namun karena tinta hitam di dalam printer habis, maka pasti teks tersebut akan tak tercetak atau hanya samar saja sesuai dengan ketersediaan tinta warna tersebut. Selain warna utama, jika sebuah warna tinta habis maka juga akan berpengaruh pada hasil printer yang memiliki warna turunannya. Contohnya jika warna tinta kuning habis, maka Anda akan mendapatkan warna orange yang cenderung lebih merah.

Terdapat indikator tinta di bagian pojok kanan bawah pada monitor yang terhubung dengan printer. Selain itu di printer seri tertentu juga terdapat peringatan jika salah satu tabung tinta habis atau tinggal sedikit. Yang perlu Anda lakukan ketika indikator tersebut menyala adalah mengisinya dengan tinta printer Epson. Cartridge pada printer bisa mendeteksi apakah tinta tersebut original dari Epson ataukah tidak sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakan tinta lainnya. selain itu penggunaan tinta lain yang tidak ditujukan untuk printer Epson juga akan mengakibatkan printer rusak karena kekentalan dan bahan tinta yang tidak sesuai dengan cartridge bawaan.

Untuk mendapatkan tinta Epson original, Anda bisa membelinya di berbagai tempat penjualan misalnya:
  • Toko kelontong. 
  • Toko buku. 
  • Toko komputer. 
  • Toko online. 
Untuk cara membeli tinta yang benar adalah dengan mengetahui jenis tinta warna apa yang habis dan mencocokkannya dengan seri tinta yang digunakan. Jika Anda kesulitan mengenali seri tinta maka Anda bisa langsung mencari tinta warna tersebut yang disesuaikan dengan seri mesin printernya.

Lalu bagaimana jika Anda menggunakan tinta merk lain akan tetapi juga ditujukan untuk mesin printer Epson? Hal tersebut memang bisa dilakukan karena harga tinta buatan homemade lebih terjangkau. Akan tetapi tentu kualitasnya tak sama dengan tinta original. Selain itu penggunaannya juga akan mengakibatkan garansi printer Anda menjadi hilang karena menggunakan tinta non original. Karenanya hanya gunakan tinta original untuk mendapatkan hasil percetakan yang sempurna.

Harga tinta printer Epson original sekitar Rp, 75 ribu hingga Rp. 85 ribu untuk kemasan botol 75ml. Berhati-hatilah saat Anda akan mengisikan tinta pada cartridge. Pastikan Anda mengisikannya sesuai dengan cara yang diinstruksikan agar cartridge dan printer tidak mengalami kerusakan. Pastikan juga Anda mengisikannya di cartridge yang tepat untuk mencegah bercampurnya warna yang bisa berakibat fatal. Untuk memudahkan Anda mengisi tinta, sekarang ini sudah ada printer jenis infus sehingga Anda bisa mengisikan tinta di tabung infus yang lebih praktis.

Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih