8 Hal Ini yang Wajib Dicek Saat Service Motor - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Senin, 22 Mei 2023

8 Hal Ini yang Wajib Dicek Saat Service Motor

servis motor di planet ban



Halo temans,

Ibu-ibu biasanya kalau masalah service motor biasanya ngandelin suami atau anak cowok untuk bawa motor ke bengkel. Pokoknya yang penting motor bisa jalan aja. Terkadang bahan bakar aja nggak dicek. Padahal penting banget service motor secara rutin. Biasanya service motor dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Padahal ada banyak bagian yang wajib banget dicek di antaranya memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Kenapa sih bagian-bagian itu harus dicek? Seandainya nggak dicek gimana?

8 Bagian yang wajib dicek saat servis motor


1. Oli Mesin
Setiap pengguna motor perlu tahu bahwa oli mesin tuh gunanya sebagai pelumas, pendingin, serta pelindung mesin. Itu kenapa, kita para pengguna motor ini harus banget rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. Biasanya pabrikan merekomendasikan penggantian di 2.500 km. Pengguna motor cukup membayar biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan jasa ganti olinya.
Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Sehingga wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Servis motor andalan



2. Oli Gardan
Apa sih fungsinya oli gardan? Fungsi oli gardan adalah pelumas gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus dua kali ganti oli mesin, lantas dibarengi dengan satu kali ganti oli gardan. Itulah mengapa pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan.

3. Busi
Kalau motor susah dinyalain, salah satu yang perlu diperiksa adalah busi. Busi adalah bagian motor yang fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin bisa menyala. Jika busi tak berfungsi dengan baik menyebabkan motor sulit dinyalakan. Makanya perlu banget busi itu diperiksa pada saat service motor.

4. Kampas Rem
Bisa ngebayangin nggak kalau rem nggak berfungsi? Selain membahayakan diri sendiri hal itu juga membahayakan orang lain bukan? Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Nah, Salah satu komponen motor yang pengaruhnya besar pada keselamatan adalah sistem pengereman.
Pengguna motor mesti peka . Jika rem kurang pakem, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kampas rem sudah tipis. Untuk meminimalisir bahaya kecelakaan kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor. Kalau memang sudah tipis ya perlu diganti supaya rem bisa berfungsi secara maksimal.\

5. Filter Udara
Coba deh diingat. Pernah nggak motor kita dikendarai rasanya mbrebet bikin jalannya pun tersendat-sendat? Bisa jadi filter udara di motor kita kurang berfungsi. Fungsi filter udara itu menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran supaya kotoran tidak masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya saat service motor mekanik akan memeriksa dulu sebelum memutuskan perlu tidaknya filter udara harus diganti atau cukup dibersihkan.

6. Aki atau Accu
Fungsi aki dalam kendaraan bermotor adalah menyimpan daya dalam kelistrikan. Jika tak ada atau tak berfungsi busi tak dapat memercikan api dan pembakaran pun tak terjadi. Aki juga menjadi sumber listrik dari komponen lain, misalnya lampu ataupun klakson. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Kalau tegangan aki tak sesuai. ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat. Mekanik harus melakukan pemeriksaan secara mendetil. Jika aki sudah tidak layak maka harus segera diganti supaya pemgguna bisa mengendarai motor dengan nyaman.

7. Ban
Kalau pengguna motor terasa goyang saat menikung. Itu tandanya ban motor harus segera diperiksa bahkan jika perlu segera diganti. Pemeriksaan ban juga penting dan dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya sebelum menggunakan kendaraan bermotor pengguna memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin
Sesekali sebagai pengguna motor perlu banget memeriksa motor secara keseluruhan tak harus menunggu adanya keluhan pada sepeda motor. Nah, service motor tune up ini adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan kondisi motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.
Terkadang tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Biasanya mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada pengguna motor. Jika sudah disetujui maka mekanik baru akan mengganti sparepart ataupun melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Kalau kita pengen mendapatkan servis terbaik untuk motor kita tentunya kita cari bengkel pilihan yang menjadi jaminan bahwa motor kita bakalan mendapatkan servis dengan hasil layaknya mesin baru. Ada nggak bengkel yang bisa diandalkan memberikan servis terbaik bagi motor kita apalagi dengan biaya yang ramah kantong?

Tentunya ada. Jika ingin performa motor jadi maksimal datang aja ke Planet Ban. Di sana pengguna motor akan mendapatkan servis dengan sistem servis terpadu. Kenapa sih perlu menggunakan sistem ini? Tentunya untuk meningkatkan perfotma dan meng-upgrade ketahanan motor dengan cara yang cepat lagi hemat.

Pemeriksaan ini difokuskan pada pemeriksaan dan perbaikan bagian yang vital. Letaknya tersembunyi dan jarang mendapatkan servis. Termasuk juga jarang dicek atau mendapatkan penyetelan rutin.

Apa saja yang bisa didapatkan jika melakukan servis di Planet Ban?
  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi untuk meningkatkan kinerja motor dan memproteksi mesin. Mesin pun jadi lebih awet.
  • Jika ingin pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng perlu memadukan penggunaan sparepart asli
  • Ganti oli cukup 4-6 bulan sekali saja, atau saat mencapai 5000km. Biaya servis pun jadi lebih hemat.
  • Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang dengan penggunaan oli yang berteknologi tinggi.

Mengapa harus memilih servis motor di Planet Ban

servis motor andalan


Sudah tahu kan manfaat servis motor secara rutin? Jangan sampai telat buat cek rutin motor kalian ya, takutnya kalau kelupaan bisa berabe nih. Apalagi buat kalian yang pakai motor matic. Jangan sampai kelupaan ganti oli motor matic ya? Kalau kehabisan bisa-bisa mesin motor jadi rusak. Daripada turun mesin dengan biaya berjuta-juta, inget-inget aja deh kapan kalian terakhir servis motor kalian.

Gaskeun ya ke Planet Ban kalau kalian pengen servis motor yang performanya jempolan?

3 komentar:

  1. Bisa dicoba ke Planet Ban-nya. Belum pernah coba soalnya....hehehe

    BalasHapus
  2. Aku jadi pengen juga servis di planet ban. Tak kira dulu cuma buat genti ban doang e

    BalasHapus
  3. Jadi pengen nyoba, service d Planet Ban

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih