7 Hal yang Membuat Saya Malas Nulis Blog - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Minggu, 26 Juni 2022

7 Hal yang Membuat Saya Malas Nulis Blog

tips mengatasi malas menulis


Katanya blogger? Tapi kok males ngeblog?


Beberapa kali sentilan sentilun ini lewat di WAG Blogger Gandjel Rel. Saya pribadi ya ngerasa tersentil sih. Tapi nggak trus bikin baper lalu left grup lah. Orang grupnya seru kok. Sayang banget kalau jadi orang baperan gitu.

Iya nih, udah beberapa bulan ini saya ngeblog kalau pas ada job aja. Paling banter sebulan sekali. Bahkan kalau pas ga ada job ya blognya kosong melompong dalam satu bulan. Kayaknya bingung aja mo nulis apa. Selain itu lagi fokus ngerjain naskah buku yang jumlahnya 400 halaman (mabok benerrr) jadi selama empat bulan harus ngerem fokus pada satu hal aja karena dikejar DL.

Ngeliat blog 6 bulan ini isinya kayak pasar, kok jadi malu gitu. Dulu tuh sering banget kalau suntuk atau pengen curhat langsung nulis di blog meskipun nggak ada penghasilannya. Pokoknya suka suka banget. Lalu kenal duit via ngeblog awalnya bikin semangat. Apalagi sosial media pun bisa digunakan untuk mencari penghasilan. Seiring lebih banyak kerjaan yang terkait dengan sosial media yang lain lama-lama feel untuk nulis di blog kok jadi terbang. Banyak yang ngerasain nggak sih?


Apa sih yang bikin males ngeblog?


Ini kalau saya ya, ada beberapa hal yang bikin males aja buka laptop. Padahal ya bisa aja nulis via HP meski nggak nyaman di luar faktor banyak alesan :)

1. Nggak punya ide
Ini nih alasan yang paling sering datang. Meski ide bisa datang dari mana saja, nggak semua orang dengan mudah memunculkan ide kreatif dalam kepalanya. Apalagi untuk orang yang cenderung menggunakan otak kiri dalam berpikir. Memang perlu waktu juga sih memunculkan ide dalam kepala. Apalagi kalau hal itu yang jadi hambatan utamanya.

2. Kebanyakan scroll sosmed
Ini saya banget kalau pas kerjaan rumah udah selesai semua. Yang pertama kali dibuka adalah sosmed. Maklum yang namanya ibu rumah tangga kan butuh banyak refreshing, ya to? Begitu kesempatan leyeh-leyeh terbuka, langsung deh mager di sofa, buka segala macam sosmed mulai dari IG, twitter, FB, youtube sampai tiktok. Gonta ganti aja terus sampai-sampai kedengeran Adzan Dhuhur berkumandang

3. Nggak PD
Ah ... tulisan kek gini pas nggak ya? Kayaknya nggak cocok deh. Itu terlalu curhat banget. Kayaknya nggak pas deh kalau ini pake jurus story telling. Ini bagusnya ala-ala esai gitu. Ah ... Bleh ... saya biasa banget gitu apalagi kalau kaitannya sama lomba blog. Makanya jarang banget ikut lomba blog karena ngerasa nggak PD sama tulisan sendiri.

4. Terlalu banyak mikir
Ini ada kaitannya sama nggak pede sama tulisan sendiri sih. Bingung aja ngatur sudut pandang tulisan mau dibikin kayak apa. Lalu mikir mau bikin judul yang clickbait kok kayaknya norak banget. Tiap hari mikir doang, tau-tau DL sudah mepet. Begitu mepet, akhirnya pasrah nggak ikutan. Dan blog pun makin lumutan.

5. Sedang dalam tekanan
Saya kalau pas ada problem pribadi biasanya off dari kegiatan tulis menulis. Jangankan mau nulis ngapa-ngapain aja males. Suntuk, karena kepala rasanya mau pecah. Butuh beberapa waktu bisa ngembaliin mood yang sudah hancur.

6. Fokus pada hal lain
Tahun lalu saya bener-bener fokus mendampingi anak. Adek lulus SMP dan Kakak lulus SMA. Mendampingi Adek tuh terasa berat waktu mulai pendaftaran SMA aja, banyak dramanya. Tapi mendampingi Kakak butuh waktu yang lebih panjang karena menyiapkannya masuk jenjang pendidikan selanjutnya. Harus stand by pas dia butuh cerita, kapanpun ia butuh diskusi harus siap sedia, kadang mood swingnya muncul jadi bikin emaknya bete berat. Belum lagi kudu ngepuk-puk waktu gagal SNMPTN. Diskusi berminggu-minggu ternyata nggak dipakai sama anak, kek gitu tuh melelahkan dan menghabiskan energi.

7. Terlalu banyak ngelihat rumput tetangga.
Kapan hari ikutan belajar tentang blogging. Sumpah ... meskipun udah ada tutorialnya tetep aja nggak mudeng. Lihat DA dan PA stagnan lalu takjub lihat blog orang lain yang melesat langsung dapet job banyak bikin ati ciut. Belum urusan pasang ini dan pasang ono.
Kudu ngerti daleman blog sendiri dong....
Haishhh ... mau ganti template aja kudu bayar orang, terlalu banyak lihat milik orang lain tuh kadang jadi malas dan menyerah. Udahlah ... makin ngenes aja.

Kalau udah tahu apa yang bikin males, kira-kira ada nggak tips ala saya ngatasin males nulis blog? Ada lah ... tapi nggak semua orang kudu sama dengan saya ya? Kalau saya biasanya kayak gini nih : 

a. Menentukan motivasi
Motivasi terbesar saya buat ngeblog ya punya penghasilan. Meskipun baru bisa buat jajan dan belum bisa beli mobil dari ngeblog (aamiin kenceng nih). Kalau rupiah udah ada di kepala saya, biasanya saya maksain diri buat nulis biar tugasnya segera selesai. Pokoknya yang di brief dikerjain, jangan terlalu mepet DL.

b. Banyak baca atau ngobrol dengan orang lain
Baca artikel orang, buku atau sekadar ngobrol ngejulidin orang lain tuh bisa loh dibikin tulisan. Beberapa kali saya nulis di blog setelah dengerin anak-anak curhat, atau lihat sesuatu di sosmed. Atau ngalamin hal-hal sedih atau menggembirakan sehingga merasa perlu diabadikan di blog. Beberapa tulisan di blog yang banyak dibaca orang adalah cerita pribadi dan mencoba mengikat makna dengan menulis di blog

c. Menghindari buka sosmed
Niatnya nulis. Tapi kalau kelamaan scrolling pasti nggak jadi nulis. Kalau udah niat nulis biasanya saya jauhkan dari HP. Atau jika terpaksanya nulis pake HP ya fokus nulis sekali duduk selesai. Soalnya kalau terputus di tengah jalan biasanya yang terjadi adalah buntu mau nulis apa lagi.

d. Menulis semampunya
Tulisan saya modelnya story telling. Ya udah sih, maksimalkan aja kemampuan di situ. Kalau bisanya curhat ya biarin aja, selama kita bisa milih mana yang pantes buat dicurhatin atau enggak. Mau nyobain model jurnal ilmiah ya dadah-dadah ke kamera aja. Lha daripada maksa trus nggak jadi? Yang pasti ajalah kalau saya.

e. Pasang kaca mata kuda
Ketika orang lain ngomongin DA dan PA, saya milih mlipir aja. Daripada saya stress duluan karena SS makin gendut. Kalau emang blog kita fokus di kontennya, nggak usah mikirin segala macam yang bikin kita males ngerjain. Apa kata orang bodo amat. Gitu sih kalau saya.

f. Memberi reward untuk diri sendiri
Pernah nggak kasih hadiah diri sendiri kalau abis nulis di blog atau selesai bab waktu bikin naskah buku? Saya sering banget ngelakuin itu meskipun nilainya kecil. Kadang jadi motivasi untuk segera nyelesain tulisan karena pengen sesuatu. misalnya lagi pengen ngemil es krim harga lima ribuan. Begitu selesai nulis ya langsung cus jajan. Remeh banget ya jadinya?

Niat kalau nggak dibarengin usaha ya sia-sia aja. Sayang aja kalau blog yang udah dibayar tiap tahunnya nggak bisa balik modal. Kecuali kalau pengen buang duit sih :)
Udah ah ... julidnya mulai keluar nih. Semoga yang saya obrolin kali ini punya nilai meskipun cuma seujung upil aja. Stay healthy and keep on writing yes?

Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih