Mahalini dan Nuca, duet milenial yang sukses bikin baper penikmat musik Indonesia - Jurnal Hati

Senin, 13 Juli 2020

Mahalini dan Nuca, duet milenial yang sukses bikin baper penikmat musik Indonesia


Assalamualaikum temans

Jumat malem, 10 Juli 2020 kayaknya jadi hari bahagianya Sobat Nuca dan Mylinz serta para shipper Nuca dan Mahalini, finalis Indonesian Idol sesi 10. Gimana enggak, setelah beberapa lagu dicover oleh mereka dan menuai pujian kali ini mereka membuat cover sebuah lagu sampai dijadiin video clip pula. Banyak banget yang gercep nontonin tayangan perdana dari MV mereka. Terbukti sampai saya menulis artikel ini lagu yang sempat di-remake oleh RAN sudah nangkring di 20 trending youtube dengan 873.000 viewer dalam tiga hari. Wow kan?

Saya kok ya pas kebetulan buka youtube, dan tayangan perdana ini muncul di beranda paling atas. Saya pun tidak melewatkan tayangan ini, secara sebelumnya saya juga menikmati duet ini di beberapa channel dan instagram mereka sendiri.

Pastinya saya memiliki ekspektasi saat menonton tayangan ini. Dan ini adalah pendapat saya tentang music video Kulakukan Semua Untukmu yang dibawakan oleh Nuca dan Mahalini


Review cover lagu Kulakukan Semua Untukmu

Waktu nonton konten di channel Mahalini saat mereka jaming, saya bisa nebak kalau mereka bakal cover lagu ini dari intro gitar yang dimainkan oleh Nuca. Secara lagu ini dulunya happening banget di kala saya masih kuliah. Fathur dan Nadila membawakan lagu ini dengan keuwuan di masanya awal tahun 2000. Dengan klip ceria dan warna warni di masa itu pun Fathur dan Nadila dishipperin. Penasaran juga nungguin cover lagu ini. Dan pas muncul di timeline, auto klik aja.

Menurut saya musiknya yang full band hampir sama dengan musik lagu ini di tahun 2000, hanya saja di cover Nuca dan Mahalini lebih modern dan catchy. Cover ini sepertinya ingin menghadirkan keceriaan dalam romantisme. Cinta yang menyenangkan. Cinta tanpa beban.

Lagu yang easy listening memang akan mudah banget diterima telinga. Apalagi suara Nuca memang khas bikin lagu enak didengerin. Begitu juga dengan suara Mahalini yang merdu dan biasanya memiliki teknik yang tinggi terdengar lebih ringan. Nggak banyak kejutan yang dihadirkan di duet ini, meski ada beberapa bagian di chorus harmonisasi ala Mahalini dan Nuca terdengar, hanya saja kurang kedengeran di telinga.

Sebenernya sih saya pengen banget dengerin duet mereka seperti biasanya yang penuh harmonisasi. Duet mereka tuh rasanya udah ngeblend banget dari awal. Coba deh dengerin waktu mereka di akhir Idol. Ada bagian di mana mereka duet satu bagian nyanyiin Amin Paling Serius di RCTI+ dan Lebih dari Egoku di sela grand final Indonesian Idol 10. Harmoninya sudah gas pol itu. Pas, nggak ada yang lebih dominan. Pembagian suaranya juga ciamik.

Kalau tentang klip nya, ya jangan ditanya. Yakin banget Sobat Nuca dan Mylinz udah jejeritan melihat keuwuan mereka. Lha saya yang umurnya nggak jauh dari orang tua mereka aja suka melihat klipnya. Menyenangkan melihat mereka berdua berakting layaknya pasangan. Mau sekadar akting atau memang jadi pasangan beneran, untuk pendatang baru di dunia entertainment menurut saya sudah terasa nuansa yang memerahjambukan hati. Mahalini kelihatan natural banget, sementara Nuca masih kelihatan 'dibimbing' oleh Mahalini.

Kenapa saya bilang dibimbing? Kayaknya semua orang tahu deh, Nuca sama sekali belum pernah pacaran. Belum punya pengalaman how to thread a girl friend. Sementara Mahalini sudah punya pengalaman bagaimana memperlakukan seorang lover, jadi kelihatan lebih ekspresif. Coba deh perhatiin ekspresi Mahalini kalau menatap Nuca. Persis orang jatuh cinta beneran.

Meski begitu, saya appreciate banget ke Nuca. Banyak banget perubahan dari Nuca di Idol sampai sekarang. Ia kelihatan lebih cair, lebih memiliki ekspresi. Saya yakin, untuk memperlihatkan perubahan besar, Nuca punya effort yang kuat. Kebayang kan, waktu di Idol dia kelihatan canggung di lingkaran cewek-cewek finalis Idol dan ekspresinya yang flat aja. Atau lihat deh di channel nya, pas dihukum menelpon Mahalini waktu bikin konten sama mamanya.

Nuca yang introvert, canggung, dan kalem sekarang kelihatan lebih ceria di klip Kulakukan Semua Untukmu. Lebih berekspresi. Menggelitiki Mahalini, memeluk, tersenyum, menatap. Meski belum seekspresif Mahalini, namun saya salut. Bagaimanapun juga, ia berada di dunia entertainment. Ia harus lebih luwes. Perjalanan karirnya masih panjang jika ingin berada di dunia yang ingar bingar ini. Harus ada banyak hal yang perlu dikompromikan. Ia harus banyak belajar. Dan saya yakin ia pasti mampu.


Harapan untuk Nuca dan Mahalini

Cr : @mahaliniraharja

Sejak melihat beberapa duet jarak jauh mereka berdua di IG, saya yakin mereka akan jadi duet fenomenal di zaman milenial ini jika serius melakukan project bareng. Kecerdasan bermusik mereka tak perlu diragukan lagi. Cara mereka melakukan harmoni lagu itu jempol banyak. Sayang banget kalau nggak diseriusin, begitu pikir saya beberapa bulan yang lalu.

Ternyata harapan saya pun Insya Allah terlaksana. Di mulai duet saat konser kebersamaan, lalu jaming di channel youtube mereka berdua, sampai keluar music video ini. Seandainya untuk konten channel youtube mereka diisi dengan cover lagu pun saya rasa viewernya bisa ratusan ribu, bahkan bisa jutaan melihat besarnya animo pada pasangan duet ini. Hanya saja, saya lebih suka jika mereka melakukan harmonisasi yang penuh di lagu-lagu yang mereka bawakan. Mahalini dan Nuca sama-sama memiliki teknik menyanyi yang tinggi, dan suara yang mampu membaperkan siapa saja yang mendengar. Sayang kalau nggak ditampilkan secara maksimal. 

Pilihan lagu-lagu romantis tentunya jadi pilihan teratas. Namun pengen juga sesekali mereka cover lagu-lagu lama macam I Wanna Take Forever Tonight nya Peter Cetera dan Crystal Benard, atau Endless Love nya Lionel Richie dan Diana Ross. Atau boleh lah lagu-lagu Indonesia yang lebih akrab di telinga macam Aku dan Dirimu nya Ari Lasso dan Bunga Citra Lestari.

Selamat menikmati perjalanan di industri hiburan tanah air ya Mahalini dan Nuca? Terima kasih telah membuat mamak mamak ini baper tiada akhir. Yang belum melihat keuwuan mereka, boleh deh klik channel youtube Nuca di bawah ini.













Tidak ada komentar: