Asuransi Salam Anugerah Keluarga, perlindungan keluarga secara menyeluruh berbasis syariah - Jurnal Hati

Senin, 27 Juli 2020

Asuransi Salam Anugerah Keluarga, perlindungan keluarga secara menyeluruh berbasis syariah



Assalamualaikum temans,

Suami saya pernah bekerja di sebuah bank konvensional. Sementara di saat yang sama saya mulai aktif mengikuti taklim dan kajian-kajian keislaman. Dalam kajian-kajian yang saya ikuti pun pernah membahas tentang ekonomi Islam. Awalnya saya anggap itu sebagai bagian dari keilmuan. Namun semakin lama saya pun semakin risau. Bagaimanapun juga sistem perekonomian terbaik menurut agama saya ya yang sesuai syariah. 

Ternyata kerisauan itu tak hanya melanda hati saya. Begitu juga dengan suami. Dengan gaji yang cukup untuk kehidupan rumah tangga dengan dua dapur, karena saya dan suami tinggal beda kota, saya sama sekali tak punya tabungan yang cukup. Nggak tahu penghasilan itu larinya kemana. Bahkan dengan penghasilan yang cukup kami mempunyai hutang yang cukup besar untuk ukuran keluarga kami. 

Kerisauan kami sebenarnya adalah hidayah kecil yang dihadirkan Allah. Namun kami menolak hidayah yang datang memanggil. Suami masih berkutat dengan pekerjaan yang terkait dengan riba dan hal-hal yang bersifat syubhat. Sampai di satu waktu, ada hal-hal yang tak bisa dikendalikan oleh suami di kantor membuat suami pun berkeputusan untuk resign. 

Menjalani hidup dalam keprihatinan itu tak mudah. Banyak godaan yang datang pada keluarga kami. Banyak pekerjaan yang sesuai pengalaman kerjaan suami datang. Semuanya sama. Berasal dari perbankan konvensional. Sedih rasanya. Saat kami membutuhkan penghasilan sekadar menyambung hidup ternyata yang datang adalah sesuatu yang kami hindari. Kami mencoba bertahan. Sampai kemudian sebuah tawaran dari perbankan syariah datang pada suami. Meski dengan gaji yang lebih kecil dari pekerjaan sebelumnya, suami terlihat lebih tenang. Alhamdulillah Allah mencukupkan rezeki dari pintu-pintu yang tak kami kira.

Sedikit demi sedikit kami pun mulai menata perekonomian keluarga dengan berpatokan pada hukum-hukum Islam. Termasuk salah satunya adalah mempertimbangkan mengikuti asuransi syariah sebagai perlindungan dari keluarga kami. 

Mengapa asuransi syariah?



Dalam prinsip syariah ada nilai-nilai keislaman yang harus dipenuhi dan dipatuhi. Karena dalam Islam ada kepastian dalam prinsip beragama. Hal-hal yang syubhat akan selalu dihindari. Beberapa prinsip syar’i yang terkandung dalam asuransi syariah adalah :

1. Menjalankan prinsip tauhid.
Ini adalah poin utama yang harus dipahami. Niat dasar memiliki asuransi bukan semata meraih keuntungan namun ikut serta dalam menerapkan prinsip syariah dalam berasuransi. Asuransi syariah bertujuan untuk saling tolong menolong, bukan sarana perlindungan semata ketika mengalami resiko di kemudian hari.

2. Mengamalkan prinsip keadilan
Keadilan di sini adalah antara perusahaan asuransi dan nasabah harus berkeadilan terkait dengan hak dan kewajibannya. Tidak ada yang merasa dirugikan ataupun didzalimi atas penggunaan produk asuransi tersebut.

3. Prinsip tolong menolong
Satu poin penting dalam asuransi syariah adalah tolong menolong. Sesame nasabah saing berderma dan saling membantu. Jika ada nasabah yang mengalami musibah perusahaan asuransi bertindak sebagai pengelola dana saja. 

4. Ada prinsip kerjasama
Perusahaan asuransi merupakan pengelola dana antar nasabah. Kerjasama ini dilakukan sesuai dengan akad yang telah disepakati sejak awal oleh kedua belah pihak. Dengan begitu keduanya melaksanakan hak dan kewajiban dengan seimbang.

5. Berlandaskan prinsip amanah
Antara perusahaan asuransi dan nasabah harus benar-benar jujur. Perusahaan jujur dengan pengelolaan dana, nasabah jujur jika mengajukan klaim. Perusahaan asuransi tak diperbolehkan semena-mena dalam mencari keuntungan dan mengambil keputusan.

6. Memiliki prinsip saling ridha
Keridhaan menjadi prinsip utama dalam setiap transaksi. Nasabah ridha dananya dikelola oleh perusahaan asuransi. Sementara perusahaan asuransi pun ridha dengan amanah yang diterima dari nasabah. Perusahaan pun harus mengelola dana nasabah dengan ketentuan yang berlaku.

7. Prinsip menghindari riba
Dalam asuransi syariah dana dari nasabah yang dibayarkan wajib diinvestasikan dalam berbagai bisnis tertentu yang sesuai dengan prinsip syariah. 

8. Menghindari maysir
Secara harafiah kata maysir adalah memperoleh sesuatu tanpa kerja keras dan mendapatkan keuntungan tanpa bekerja. Hal ini merujuk pada perjudian atau gambling. Asuransi syariah menerapkan system risk sharing dalam pelayanannya.

9. Menghindari gharar
Secara harfiah gharar berarti ketidakjelasan. Dalam asuransi syariah menggunakan konsep risk sharing bukan risk transfer. Antara perusahaan dan nasabah bersama-sama menanggung resiko ketika terjadinya musibah. 

10. Menjauhi praktik suap menyuap
Suap menyuap adalah kegiatan yang menguntungkan salah satu pihak, sementara pihak yang lain dirugikan. Hal itu dilarang dalam asuransi syariah karena bertentangan dengan konsep syari itu sendiri. 


Perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah

Beberapa tahun belakangan produk syariah diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan ada jaminan sertifikasi halal dan sesuai dengan syariat Islam. Termasuk di sektor keuangan.

Asuransi syariah merupakan asuransi dengan prinsip sesuai dengan syariat Islam yaitu tolong menolong. Seluruh peserta asuransi berkontribusi ke dana tabarru’. Jika terjadi resiko pada salah satu nasabah maka dana tersebut berfungsi sebagai perlindungan. Konsep ini disebut dengan risk sharing.

Ada hal-hal yang membedakan asuransi konvensional dan syariah. Bisa dilihat di infografis berikut.



Setelah melihat infografis di atas, saya pribadi sih sudah mempunyai pilihan produk untuk melindungi keluarga. Perlindungan yang sudah pasti akan membawa berkah keluarga


Asuransi Salam Anugerah Keluarga

Setiap keluarga selalu memiliki prioritas dalam perlindungan keluarga. Begitu banyak pilihan produk perlindungan ini sehingga terkadang konsumen malah bingung menentukan pilihan karena banyaknya produk yang sudah beredar di pasaran. Jika anda termasuk di dalamnya, sepertinya anda perlu membaca tulisan mengenai sebuah produk asuransi syariah ini.

Asuransi Salam Anugerah Keluarga merupakan produk terbaru dari PT. Sun Life Financial Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi sejak tahun 1995. Tahun ini Asuransi Sun Life Indonesia meluncurkan produk terbaru berbasis syariah. Nggak ragu lagi kan dengan profesionalitas dari Sun Life Indonesia? Nah, produk ini bernama Asuransi Salam Anugerah Keluarga.

Asuransi syariah ini hadir sebagai proteksi bagi keluarga secara menyeluruh. Jika produk konvensional hanya memperbolehkan satu orang pemegang polis, maka Asuransi Salam Anugerah Keluarga ini memberikan wacana lain dari manfaat perlindungan perencanaan keluarga secara total. 

Asuransi Salam Anugerah Keluarga memberikan jawaban atas kebutuhan keluarga milenial. Produk ini hadir tak hanya sekadar sebagai asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan saja. Namun juga bisa sebagai investasi keluarga. 


Mengapa memilih Asuransi Salam Anugerah Keluarga?

Cr : sunlife.id


1. Bergabung dengan Asuransi Salam Anugerah Keluarga berarti kita menghemat pengeluaran juga. 
Tak perlu banyak polis untuk melindungi keluarga. Kita hanya perlu satu polis untuk suami, istri dan dua anak. Bahkan asuransi ini dilengkapi dengan asuransi tambahan kesehatan hingga maksimal enam peserta. Mantep dong ya, udah nggak mikir seandainya ada salah satu anggota keluarga yang sakit dan butuh rawat inap?
Sering kali produk asuransi memiliki premi yang tinggi hingga sulit terjangkau oleh calon konsumen. Namun Asuransi Salam Anugerah Keluarga memiliki alternatif pilihan kontribusi yang pasti terjangkau. Ada tiga jenis kontribusi yang bisa dipilih.
a. Kontribusi Asuransi Berkala yang dibayarkan sesuai pilihan dengan frekuensi kontribusi yang dipilih. Cukup dengan Rp.9.000.000,00 per tahun nasabah sudah bisa menikmati proteksi untuk seluruh keluarga.
b. Kontribusi Top Up Berkala yang dibayarkan bersamaan dengan Kontribusi Asuransi Berkala. Fungsi Kontribusi Top Up Berkala adalah untuk investasi. Dengan Kontribusi Top Up Berkala nasabah bisa diringankan pembayarannya.
c. Kontribusi Top Up Tunggal dapat dibayarkan sewaktu-waktu sesuai keinginan peserta. Jika ingin top up, maka batas minimal pembayarannya adalah Rp. 1.500.000,00.
d. Kontribusi yang dibayarkan sudah termasuk komisi dan biaya pemasaran lain

2. Bersama Asuransi Salam Anugerah Keluarga nasabah memiliki kesempatan untuk bersedekah jariyah dan wakaf.
Apalagi yang diharapkan dari hal itu kalau bukan pahala yang terus mengalir bahkan sampai ketika raga sudah menyatu dengan tanah. 

3. Asuransi Salam Anugerah Keluarga juga melengkapi berbagai asuransi tambahan lain untuk memaksimakan perlindungan. 
Berapa banyak asuransi tambahan yang ditawarkan oleh Asuransi Salam Anugerah Keluarga?
a. Asuransi kecelakaan
b. Kematian akibat cacat atau kecelakaan
c. Penyakit Kritis
d. Santunan rawat inap dan pembedahan
e. Pembebasan Kontribusi akibat pemegang polis sakit kritis
f. Pembebasan Kontribusi akibat pemegang polis meninggal dunia
g. Pembebasan Kontribusi akibat pemegang polis cacat total tetap

4. Ada perlindungan paket asuransi kesehatan tambahan Sun Medical Platinum Syariah untuk keluarga dengan manfaat lengkap dan perlindungan sampai seluruh dunia.
Apa sih yang bisa didapatkan jika mengikuti paket asuransi kesehatan tambahan Sun Medical Platinum Syariah?
- Selain perlindungan menyeluruh dalam satu polis, nasabah akan mendapatkan fasilitas jaminan asuransi yang berlaku di wilayah yang diasuransikan. Nasabah juga mendapatkan fasiltas kamar perawatan dengan satu tempat tidur dan kamar mandi dalam hingga 365 hari per tahun. Ada juga akomodasi pendamping pasien semua umur dab berlaku untuk perawatan di dalam dan luar Indonesia.
- Jika nasabah memiliki penyakit kanker atau gagal ginjal akan mendapatkan fasilitas perawatan seperti radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, pengobatan hormonal, rawat jalan cuci darah, ICU, serta operasi rekonstruksi akibat kanker sesuai tagihan.
- Jika ada pembedahan kecil nasabah pun mendapatkan penggantian perawatan sebelum dan sesudah pembedahan pulang hari.
- Pemegang Sun Medical Platinum Syariah juga mendapatkan perawatan di luar wilayah pertanggungan sehingga mendapatkan perlindungan dimanapun nasabah berada. Kemudian ada limit booster yang menambah batas taunan keseluruhan hingga 6x sampai dengan 40 miliar dan berlaku seumur hidup selama polis aktif.
- Nasabah pun berhak mendapatkan layanan second medical opinion. Jadi jika perlu pendapat dari tenaga medis yang berkaitan dengan perawatan ternyata difasilitasi juga oleh Asuransi Salam Anugerah Keluarga.
- Adanya fasilitas pemeriksaan kesehatan untuk penyakit kritis seperti dtroke, kanker, serta Coronary By Pass Surgery. 
5. Potensi mendapatkan surplus underwriting setiap tahun. 

Menjalankan keislaman dengan kaffah memang butuh effort yang lebih. Namun yang kita ikhtiarkan ini tak sebanding dengan ketenangan jiwa karena telah mengikuti apa yang Allah perintahkan kepada manusia. Kira-kira setelah mengetahui tentang hal ini, masihkah kita akan ingkar atas apa yang akan Allah sukai pada diri manusia?





Tidak ada komentar: