SPOTS untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah - Jurnal Hati

Senin, 15 April 2019

SPOTS untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah


Saya dan suami sedang merintis usaha penjualan emping. Ada dua varian rasa yang kami sediakan, yaitu emping manis dan manis pedas. Usaha yang dilakukan memang belum dilakoni sepenuh hati. Suami masih jadi pengabdi perbankan, sementara berdagang sepertinya bukan bakat saya. 

Selama ini penjualan masih stagnan. Ada beberapa pesanan dari reseller serta penjualan langsung dari teman-teman suami. Menjelang bulan Ramadhan dan Syawal, kami sudah harus bersiap untuk menyediakan stok dan beberapa camilan lain seperti peyek dan kacang telor. Biasanya mulai Ramadhan hari ke sepuluh penjualan camilan sudah mulai ramai.

Suami sebenarnya ingin membuat toko camilan di rumah. Meski rumah kami tak berada di pinggir jalan. Namun dengan teknologi informasi dan kehadiran GO-Jek di kota kecil kami sangat memungkinkan kami berjualan via online. Kami bisa promosi via media sosial, sementara jika ingin segera membeli camilan di tempat kami bisa memesan via Go-FOOD. Pengantaran jarak tertentu pun bisa kami kirim via go-send. Mudah bukan?


Untuk memudahkan transaksi, sekarang ini sudah ada aplikasi kasir yang bernama SPOTS. SPOTS ini merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (UMKM). Ini merupakan satu inovasi terbaru yang dibutuhkan wirausaha.


SPOTS adalah sistem Point Of Sale yang dilengkapi berbagai fitur. Hal ini tentunya sangat membantu operasional usaha untuk jenis apapun. Keterbatasan dalam mengelola pesanan online maupun offline, akses menerima pembayaran non tunai, hingga merekap transaksi akan teratasi dengan aplikasi kasir ini. Selama ini yang kita tahu mengenai mesin kasir berukuran besar. Dengan kemunculan piranti mesin kasir GOJEK ini akan menghapus persepsi dalam kepala kita.

Menggunakan SPOTS akan menghemat waktu dan beaya. Cukup dengan aktivasi Rp. 290.000,- siapapun bisa menjalankan usaha yang diinginkan. 

Ragam Fitur dalam satu mesin Kasir

Dengan Aplikasi POS yang ada dalam mesin ini, wirausaha UMKM maupun kuliner dapat melakukan pengelolaan pesanan dalam satu aplikasi kasir saja. 

1. Mengatur pesanan
Dengan aplikasi ini kita bisa mengisi secara manual atau tinggal impor dari GO-FOOD, mengatur jumlah, foto, harga sampai ke metode pembayaran, apakah via tunai, debit, atau metode pembayaran cashless lainnya.
2. Menerima pesanan GO-FOOD
Ini berlaku untuk partner GO-FOOD yang sudah terdaftar. Pelaku usaha akan mendapatkan notifikasi real time setiap kali mendapatkan pesanan.
3. Menerima pembayaran Go-Pay
Customer dapat membayar hanya dengan scan kode QR. Dana pun sudah langsung masuk ke akun Go-Pay. 
4. Mencatat berbagai tipe pembayaran
Pelaku usaha dapat mengetahui dan mencatat tipe pembayaran seperti apakah yang biasa dilakukan oleh customer. 
5. Mencetak resi secara instan
Mesin ini dilengkapi dengan printer sehingga tak memerlukan piranti tambahan untuk mencetak setiap transaksi yang masuk.
6. Mendapatkan laporan harian
Pelaku usaha bisa mengawasi perkembangan omzet melalui rekap total penjualan yang bisa dipantau melalui aplikasi ini atau email yang akan dikirimkan setiap hari.


Bagaimana sih caranya mendapatkan mesin kasir Gojek ini?

1. Pendaftaran
Proses pertama adalah dengan melakukan pendaftaran ke sales marketing resmi yang ada di kota anda. 
2. Proses Survei
Setelah pengajuan data online diterima, lokasi usaha akan disurvei sekaligus pengambilan dokumen pendukung yang dibutuhkan seperti foto pemilik usaha beserta foto E-KTP nya. 
3. Pembayaran
Setelah survei dan pengambilan dokumen pendukung selesai, tinggal melakukan pembayaran sejumlah Rp. 290.000,-. Mesin aplikasi kasir SPOTS pun bisa dibawa pulang. Karena semuanya sudah terintegrasi, tentunya pengguna aplikasi mesin ini tak perlu khawatir dengan cara penggunaannya. Latihan menggunakan mesin ini akan dipandu oleh marketing SPOTS sendiri. 

Saya sih tertarik banget menggunakan mesin aplikasi kasir ini ini jika toko camilan kami telah tersedia. Bagaimana dengan anda? Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi www.spots.co.id ya?





15 komentar:

  1. Jan usaha sampingan mbk Irfa ini bener2 menginspirasi.Duh jadi pengin berbisnis

    BalasHapus
  2. Cocok banget bagi yg mulai bisnis nih mbak. Mo kukasih tahu temenku nih yg lagi jualan betutu ol...

    BalasHapus
  3. Bagus nih aplikasinya,adikku yg punya usaha kuliner harus kuberitahu nih.. TFS ya mba..

    BalasHapus
  4. suka banget sama program yang mendukung pebisnis kecil ya, biar mereka makin efektif dan efisien dalam berbisnis

    BalasHapus
  5. faktor lokasi yg kurang strategis untuk tempat berbisnis tertolong banget ya dengan GoFood gini. Semoga makin maju ya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Baru tau nih kalau mbak irfa jualan emping. Asyik dong ya kalau pakai aplikasi spots.

    BalasHapus
  7. Semoga sukses usahanya ya mbak. Kalau saya baru coba usaha desain sih, belum berani mencoba ranah kuliner soalnya gak jago banget masak.

    BalasHapus
  8. Wah iya nih mbak bisa mbantu usaha empingnya ya. Moga makin lancar usahanya setelah pake aplikasi keren ini

    BalasHapus
  9. Aku tahu spot inindr beberapa postingan temenku. Sangat membantu tuk pebgusaha kukiner nih

    BalasHapus
  10. Seneng banget kalo ada yang berpihak demi kemajuan UMKM. Semoga usahanya makin laris ya mbak irfa :)

    BalasHapus
  11. Dengan SPOTS semoga sukses bisnis empingnya mba :)

    BalasHapus
  12. Mbak, pesen empingnya lagi dong hehe. Semoga segera dibuka usaha camilannya dan laris manis. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Wah makin sukses ya mbak usahanya, apalagi sudah dibantu dengan aplikasi spots ini

    BalasHapus
  14. Oh, berarti teman-teman banyak oedan kalau pas ada acara itu karena Mbak Irfa memang ada usaha jual emping ini ya. Semoga tokonya segera terwujud ya, Mbak. Apalagi sudah paham betul sama aplikasi yang satu ini.

    BalasHapus
  15. Iya ya mbak aplikasi ini memang sangat membantu. Gak usah butuh modal banyak untuk membuka toko. Semoga semakin sukses jualan empingnya mbak

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih