Bakso Kuah Merah : Alternatif Hidangan Ramadhan dari SO GOOD - Jurnal Hati

Selasa, 12 Juni 2018

Bakso Kuah Merah : Alternatif Hidangan Ramadhan dari SO GOOD


Menjelang akhir Ramadhan begini saya sering banget mellow. Begitu banyak kenangan di bulan Ramadhan tahun-tahun yang lalu dengan orang-orang terkasih. Mereka yang telah pergi meninggalkan kenangan manis di Ramadhan terakhir. Mereka memberikan kebersamaan terakhir yang indah bersama saya. 

Apalagi Ibuk. Ramadhan adalah 50 hari menjelang Ibuk dipeluk bumi. Saat anak-anak diminta liburan selama satu minggu ke rumah mertua di Semarang, saya ditahan untuk tak ikut serta. Saya diminta untuk menemani beliau. Rupanya beliau ingin memahat memori bersama saya, putri sulungnya. 

Selama satu minggu itu kami tidak memasak. Eh ... Ralat. Kami hanya memasak untuk sahur saja. Itu pun hanya sedikit. Dan tentu saja masakan selera Ibuk. Ibuk yang sama sekali tak suka pedas membuat saya sedikit tersiksa meski saya juga bukan pecinta pedas level tinggi. 

Misalnya memasak ayam buras. Bayangan saya jika memasak ayam berkuah pasti ada sedikit rasa pedas untuk mengurangi enegnya memasak ayam buras. Entah dibuat gulai pedas, rica-rica, atau tongseng ayam. Namun Ibuk lebih suka memasak opor, gulai jawa, atau sup ayam bening. 

Biasanya saya protes. Namun Ramadhan terakhir bersama Ibuk, saya nurut aja apa yang diinginkan oleh beliau. Nggak ada tuh hawa pengen berbeda dari keinginan Ibuk. Padahal sebelumnya jangan ditanya deh. 

Ramadhan Tanpa Ibuk

Sekarang adalah Ramadhan ke empat tanpa Ibuk. Saya jadi lebih jarang memasak masakan gurih seperti selera Ibuk. Tentunya sebagai ibu dan istri saya jadi lebih sering memasak menggunakan selera suami dan anak-anak yang cenderung pedas. Meski saya malahan cenderung memilih masakan tanpa cabai! (Kalau ini sih bukan karena perubahan selera. Saran dari dokter aja J ) 

Ramadhan tahun ini saya lebih suka memasak masakan yang simpel. Selain karena waktu Ramadhan ini saya membantu pemasaran barang dagangan suami, tanpa saya sadari saya lebih banyak belanja makanan cepat saji di freezer. Soalnya keinget, Ramadhan tahun lalu sering bangunnya mepet sehingga untuk menyiapkan masakan untuk sahur pun jadi gedubrakan. 

Tempo hari si Kakak pengen banget dibikinin sup kuah merah untuk berbuka puasa. Nama sup kuah merah disematkan oleh si Kakak karena memang warnanya memerah. Biasanya saya memasak sup kuah merah berbahan utama ayam atau ikan. 

Ngintip di kulkas nemunya 2 bungkus bakso produk SO GOOD. Karena bahan lain nggak ada, saya coba deh bikin bakso kuah merah dengan sedikit variasi sayur di dalamnya. 

Bakso Kuah Merah 
Bahan : 
  • 2 bungkus Bakso kuah instan SO GOOD 
  • 2 buah tomat merah 
  • 1 buah bunga kol ukuran kecil dipetik perkuntum 
  • 1 buah wortel diiris-iris 
  • 750 ml air 
  • Seledri 

Bumbu-bumbu : 
Bumbu yang dihaluskan : 
  • 2 siung bawang putih ukuran besar 
  • 3 siung bawang merah ukuran besar 
  • 2 buah cabe rawit merah 
  • 1 sdm ebi kering 
  • 1 ruas kelingking terasi 
  • 1 sdt kecap ikan 

Bumbu tambahan : 
  • 1 batang serai 
  • 3 potong lengkuas ukuran besar 
  • 2 lembar daun jeruk purut 
  • 3 buah cabai rawit utuh 
  • Garam secukupnya. 
  • Kaldu instan jika suka. 



Cara membuat : 
  • Tomat direbus sampai masak, kemudian diblender dengan air yang sudah disiapkan. Lantas disaring. Sisihkan. 
  • Haluskan ebi kering bersama terasi yang sudah dibakar matang. Tambahkan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Sisihkan. 
  • Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. 
  • Setelah bumbu matang, tambahkan serai, daun jeruk, lengkuas dan cabai utuh. 
  • Tuang tomat yang sudah diblender dan disaring, tunggu sampai mendidih. Masukkan bakso kuah instan SO GOOD. 
  • Masukkan bunga kol wortel, dan seledri. Tambahkan kecap asin, garam dan kaldu jika suka. Tunggu hingga mendidih. Angkat. 
  • Sajikan selagi hangat. 
Untuk empat porsi.


Simpel banget kan? Menggunakan produk SO GOOD siap masak membuat masakan lezat menjadi lebih mudah. Kenapa sih saya kok memilih SO GOOD siap masak? 

Hasil Karya Inovasi Terbaik 
SO GOOD siap masak memiliki berbagai varian produk olahan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kita. Banyaknya varian SO GOOD memperlihatkan pada masyarakat tentang komitmen untuk berinovasi dalam menghasilkan produk olahan dengan cita rasa yang tinggi, enak serta mengandung protein terbaik untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang keluarga Indonesia. 

Kualitas Terjaga 
Proses pengolahan SO GOOD menggunakan panas hingga mencapai suhu 170 ﹾC. Tidak kurang dari 3 menit, kemudian langsung dibekukan secara cepat menggunakkan teknologi IQF untuk jaminan kesegaran, kelezatan dan nutrisi kandungan produknya. 

Enak dan kaya protein 
Ketika memilih produk makanan bagi keluarga salah satu alasannya adalah rasa yang enak dan kaya protein. SO GOOD dihasilkan dari bahan dengan kualitas terbaik dan proses berteknologi tinggi. Hal ini menjadikan olahan SO GOOD menghasilkan rasa yang maksimal serta kualitas protein yang terjaga. 

Praktis dan higienis 
So GOOD ini mudah dieksekusi oleh anak-anak sekalipun. Seandainya saya sedang tak berada di rumah sementara anak-anak kelaparan, mereka tak harus menunggu saya untuk menyediakan lauk yang lezat. Tinggal menggoreng tanpa harus ribet. 
Produk SO GOOD ini higienis. Kemasan yang menggunakan bahan terpilih dengan pengemasan yang rapih dan rapat membuat produk SO GOOD terjaga. Terbukti sejak lama saya mengkonsumsi produk tersebut tak pernah ada keluhan sama sekali terhadap anak-anak. 

Gimana? Tertarik untuk tetap nyetok SO GOOD saat lebaran? Kalau saya sih iyes. Suka yang simpel sih. 

3 komentar:

  1. Sedap ni resepnya, plus praktis pake banget.
    Buat anak-anak juga pastu mudah disukai.

    BalasHapus
  2. Selera saya sama kayak ibuknya mbak hehe
    But sopnya keliatan menggoda 😊

    BalasHapus
  3. Baksonya enak, aku sering beli, apalagi pakai kuah merah yo mba..

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih