Aplikasi Yang Mendukung Aktivitas Ngeblog Saya - Jurnal Hati Irfa Hudaya

Kamis, 21 September 2017

Aplikasi Yang Mendukung Aktivitas Ngeblog Saya

aplikasi : Phonto


Ngobrolin tentang blog, sebenarnya malu banget nih. Udah lama punya blog, udah TLD pula. Cuma malesnya minta ampun. Dua tahun umur si blog, DA/PA masih segitu-gitu aja. Ada aja alasan buat jadi pembenar nggak ngisi blog. Padahal kalau mau, ide mah bisa datang dari mana aja. Ya nggak sih?

Kali ini Mbak Nyi Penengah Dewanti dan mbak Alfarezie Rahma ngasih tantangan nih. Aplikasi apa aja sih yang mendukung aktivitas blogging saya?

Ada beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan untuk mendukung aktivitas ngeblog ini.

Aplikasi dari PC


1. Microsoft Word

Saya lebih nyaman mengetik via laptop. Mata usia cantik emang lumayan repot untuk melihat font dan memperhatikan tulisan di arena ponsel. Melalui microsoft word saya bisa mengecek berapa banyak kata ataupun karakter hingga memudahkan jika saat blogging mensyaratkan berapa jumlah kata yang sudah ditentukan. Tentunya menggunakan Ms Word jempol saya tak begitu capek karena terbantu dengan jari-jari yang lain.

2. Microsoft Office Picture Manager

Biasanya aplikasi ini saya gunakan untuk mengubah ukuran gambar ataupun mengurangi jumlah pixel dan ukuran file. Biasanya saya mengubah ukuran file ini untuk keperluan mengunggah gambar.


Aplikasi dari ponsel


Sekarang ini banyak banget aplikasi yang bisa didapatkan dan diunduh gratis dari Play Store. Beberapa aplikasi ternyata menjadi pendukung saya saat ngeblog. Kebanyakan sih lebih ke tampilan foto

1. Phonto
Aplikasi sederhana ini saya gunakan untuk menambahkan teks pada sebuah foto. Atau jika ingin mengunggah quote di instagram, saya menggunakan aplikasi untuk menulis quote. Ada banyak font yang bisa dipilih untuk membuat quote lebih cantik dan artistik.




2. Pics Art
Aplikasi ini saya gunakan untuk kolase foto, mengatur ukuran foto atau memberikan efek blur pada sebuah foto.
mengatur ukuran


memberikan efek blur


kolase foto


3. Snapseed
Saya menggunakan snapseed untuk mempercantik foto. Dengan menggunakan snapseed saya bisa mengoreksi segala kekurangan yang ada dalam foto asli yang saya ambil melalui kamera ponsel.

foto asli


foto dikoreksi dengan aplikasi snapseed


4. VSCO
Pengen dong, punya foto-foto keren kayak punya selebgram? Tone warna fotonya cantik banget kan? Tapi kita mesti ulet milih filter yang paling cocok buat diri kita, karena setiap filter beda warnanya.


foto asli

editing menggunakan VSCO 



Masih banyak lagi lho aplikasi gratis yang bisa diunduh melalui Play Store. Saya kalau pas selo banget suka tuh unduh aplikasi, dicoba, kemudian di-uninstall kalau bosen. Kalau nggak nyobain nggak bakalan tau kan? 

5 komentar:

  1. Aku juga suka ngoba install aplikasi ntar klo ga sreg tgl uninstall ada yg bagus ganti baru dong hehehhe...

    BalasHapus
  2. Belum pakai semua nya, ntar cobain ah 😄

    BalasHapus
  3. Aku cuma makai Pics Art doang.. kamera bawaan hp udah Ada editornya sih bisa ganti2 tone warna dsb.. cuma jarang pakai. Aku termasuk yg suka posting gambar natural hihihi.

    BalasHapus
  4. Vsco ak uda donlot tp masih suka gagal paham nih mbaak.

    BalasHapus
  5. Aku juga suka gonta ganti aplikasi di HP :)

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih