Opor Ayam Khas Jogja - Jurnal Hati

Senin, 29 Mei 2017

Opor Ayam Khas Jogja


Saya paling ribet jika lebaran tiba dan merayakannya di rumah mertua. Kenapa? Karena saya sama sekali nggak suka opor ayam kuah kuning beserta sambal goreng ati sapi campur udang yang biasa disajikan. Bukannya nggak menghargai, tetapi lidah saya memang kurang familiar dengan masakan asin khas pantura. Ditambah lagi saya alergi dengan beberapa seafood membuat saya berhati-hati ketika berada di Semarang. Suami suka sebel karena saya pasti minta keluar rumah kalau lapar. Bukan apa-apa, lebaran hari pertama kan sulit nyari orang jualan meski di kompleks perumahan yang besar.

Ngomong-ngomong tentang opor ayam, saya paling cocok sama masakan Ibuk alm. Opor ayam khas Jogja masakan Ibuk selalu menggoda lidah. Mungkin karena saya suka masakan jawa yang manis dan gurih, mau makan berkali-kali pun saya nggak berasa eneg. Namun sejak Ibuk berpulang, saya dan adik-adik boleh dibilang nggak pernah masak opor ayam kalau pas ngumpul. Saya nyetok makanan yang ramah anak dan cepat saji seperti galantin, egg roll maupun nugget yang sengaja saya buat lebih banyak dari biasanya.


Kemarin, pas ngobrol sama Bu Yun, ART di rumah, tiba-tiba aja kepikiran nyoba bikin opor ala Ibuk.  Awalnya saya agak ragu karena resepnya simpel banget. Tapi nggak papa lah, nyoba barang sedikit, mumpung di kulkas ada ayam setengah kiloan. Kalau toh nggak enak, ntar di daur ulang, Cuma dikit juga.

Proses masaknya emang agak lama, karena perlu diungkep juga. Pas buka puasa, saya excited loh. Ternyata rasanya mirip dengan masakan Ibuk. Mau nyoba? Boleh, saya bagi resepnya nih  

Resep Opor Ayam Jogja


Bahan :
500 gram ayam potong
3 butir ayam rebus (jika ingin sekalian masak telur)
750 ml santan
500 ml air

Bumbu :
6 butir bawang merah
5 butir bawang putih
3 butir kemiri
1 ruas jahe
1 sdt ketumbar
½ sdt merica
1 sisir gula jawa
3 lembar daun salam
3 potong lengkuas
Garam secukupnya

Cara memasak :

Ayam potong dicuci bersih. Sisihkan.






Uleg semua bumbu kecuali daun salam, lengkuas dan gula jawa sampai halus. Sisihkan.


Masukkan ayam beserta bumbu halus, daun salam, lengkuas dan gula jawa, kemudian tambahkan air dan rebus kira-kira 30 menit. 

Tambahkan santan, dan rebus kembali sampai kuah berkurang setengahnya. Angkat, Sajikan hangat.



Simpel kan? Ternyata nggak seribet yang saya bayangkan. Opor lebih mantap lagi jika menggunakan ayam kampung, dan disantap bersama sambal goreng krecek. Endes surendes deh.

12 komentar:

  1. aku juga suka bikin ini mbak, apalagi kalau bumbu dapur pas ga komplet. seadanya ini juga enyak..

    BalasHapus
  2. asiiik... jadi dapet ide buat masak buka puasa nanti... thans ya, Mba Irfa

    BalasHapus
  3. Wahh, saya begitu lihat judulnya d ig langsung klik link nya, karena emang lagi kangen banget opor jogja masakan ibu/simbah, qaddarullah ibu juga udah meninggal dan simbah udah sepuh, alhasil pingin coba bikin sendiri aja, hehe.. makasih resepnya mba, saya ijin save ya..

    BalasHapus
  4. nyam nyam jadi laper nih mbak...

    BalasHapus
  5. Simple juga nih mba, jadi mupeng bikin

    BalasHapus
  6. Kalu aku masak.opor di Blora wajib pedes. Cabenya banyak

    BalasHapus
  7. Aku lebih suka opor yang begini mbak Irfa, yg nggak kuning...

    BalasHapus
  8. Kalau keluargaku di rumah ortuku pasti ada sate sapi, opor ayam, sambel goreng kentang tiap lebaran ama oseng cabe ijo buncis, kalau di rumah mertua keluarga jatim justru lebaran gak kerasa coz gak ada menu spesial, hanya masak biasa kaya sehari2 soto ayam, sate beli, pecel ama bobor bayem tok 😁

    BalasHapus
  9. Hi Mba, menu favorit di rumahku juga. Kalau opor ala jawa itu nggak pakai kunyit dan pastinya di tambah irisan gula merah sebagai penyedap rasa. Mirip banget dengan resep mamaku, sama2 anak mama ya kitaa 😁.

    BalasHapus
  10. Ini makanan kesukaan anak2ku mba.. Apalagi kalau temennya lontong. Wahh sehari bisa makan berkali2.. Ayam seekor mah gak cukup sama 3 bocah. Xixiix

    BalasHapus
  11. Opor aku suka semua jenis tp kl bisa sih jgn yg terlalu kentel santannya. Kl yg manis gini kesukaan anakku

    BalasHapus
  12. Duuuhhh.... laper oi jadinya

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih