Apa Saja yang Ingin Saya Lakukan di Tahun 2018 - Jurnal Hati

Sabtu, 27 Januari 2018

Apa Saja yang Ingin Saya Lakukan di Tahun 2018



Assalamualaikum Temans,

Nggak kerasa ya, kita sudah hampir meninggalkan bulan Januari di tahun 2018 ini? waktu ternyata berjalan begitu cepat hingga tak terasa bulan Februari sudah berada di depan mata. Ada banyak keinginan yang ingin sekali saya wujudkan di tahun ini. Keinginan yang selalu disemogakan. Juga diikhtiarkan.

Keinginan-keinginan itu sebenarnya selalu ada di kepala. Namun tetap saja saya menyusun skala prioritas. Keinginan yang bersifat pribadi dan untuk urusan keduniawian memang selalu berada di urutan paling belakang. Dan yang mendominasi keinginan saya di tahun 2018 ini adalah peran saya sebagai ibu dari dua anak remaja.


Sebagai Ibu

Akademik anak-anak

Di tulisan sebelumnya saya pernah menuliskan apa yang menjadi fokus saya di tahun 2018. 

Bener banget. Tahun ajaran 2018 ini Si Kakak akan menjadi siswa SMA dan Adek menjadi siswa SMP. Menemani mereka untuk melalui banyaknya uji coba sampai menjelang UNAS ternyata sering kali menemui hal-hal ajaib yang tak saya temui saat saya berada di usia yang sama dengan mereka. Menemani mereka belajar, mengikhtiarkan hal-hal yang bisa mendukung usaha mereka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, menyediakan telinga setiap saat mereka ingin berbagi cerita. Itu menjadi kegiatan sehari-hari. Insya Allah saya lakoni dengan senang hati. 

Tak hanya sampai pada UNAS saja. Saya harus mendampingi mereka untuk memilih sekolah lanjutan. Kakak ingin masuk ke SMA 1 Muntilan. Benar, hanya sebuah SMA di kota kecil. Namun jangan salah, tahun kemarin SMA ini NEM terendah yang diterima masuk ke sana adalah 36 ++. Tantangannya adalah Kakak harus mencapai nilai lebih dari itu jika ingin masuk ke SMA yang diinginkan tersebut.

Sementara si Adek masih galau. Antara keinginannya untuk masuk ke SMP negeri atau ke SMP Kakak. Ia ingin merasakan sekolah dengan latar belakang yang heterogen. Namun di sisi lain, ia juga ingin pelajaran yang berkaitan dengan agama tak hilang begitu saja. Jika masih ingin belajar tentang agama, pilihannya adalah SMP Kakak sekarang. Dan masuk ke SMP Kakak juga bukan hal yang mudah. Tetaplah harus melalui seleksi yang ketat baik secara akademik maupun non akademik.


Non Akademik.

Selain mendampingi mereka untuk melalui UNAS, saya juga harus menyiapkan mental Adek untuk kembali bertanding. Akhir Februari ini Adek akan berlaga bersama kontingen Kabupaten Magelang ke POPDA Jawa Tengah 2018. Sementara akhir Februari itu ia juga harus menjalani UCO Kabupaten. Jadwal yang rapat memang membutuhkan begitu banyak energi. Saya percaya, Adek akan melalui dengan baik.

Kakak ingin kembali menulis. Setelah semua ujian selesai, ia ingin kembali menulis. Saya sempat menyarankan untuk mengisi blog yang telah ia buat bertahun-tahun yang lalu. Namun ia ingin menulis di mana saya tak fokus di sana. Ia ingin belajar menulis skenario. Ia ingin beda dari bundanya, meski saya tahu kualitas tulisannya jika menulis sebuah cerita. Kami pun sepakat, nanti ia akan mengikuti training untuk menulis skenario. Ia pun akan fokus mempelajari hal itu. 



Sebagai Istri


Menjalani Long Distance Marriage memang bukan hal yang mudah. Tapi nggak perlu dibikin drama juga. Banyak sih yang bilang yang namanya menikah ya harusnya jadi satu rumah. Supaya terhindar dari banyaknya godaan. Namun saya yang menjalani. Saya menikmati segala hal yang Allah berikan. Termasuk rezeki suami yang membuatnya hanya bisa pulang Seminggu sekali atau dua kali. Nanti deh di postingan lain saya akan menulis tentang LDM. 

Suami sedang merintis usaha perdagangan. Saya support abis deh untuk urusan beginian. Mulai pesen bikin logo, rencananya mau bikin warung online, dan bikinin caption pas suami mau promoin ke media sosial. Seneng saya dobel-dobel. Apalagi rekening yang dia pakai untuk tujuan pembayaran adalah rekening saya (joget-joget nari panggil hujan)

Pengennya sih, nambahin dagangan untuk warung online nya. Untuk sementara yang udah jalan adalah emping manis dan pedesnya. Mungkin nanti nambahin item lain di warung online nya. 



Sebagai pribadi


Peribadahan 

Kayaknya nih keinginannya paling banyak deh. Sebagai mahluk Tuhan, saya ingin semakin dekat dengan-Nya. Umur tak lagi muda. Pengen banget menyiapkan diri untuk mematuhi semua syariat-Nya. Yang paling utama adalah ingin memperbaiki shalat dan bacaan Al Quran. Selainnya itu pengen lebih sering datang ke taklim. O iya, pengen banget deh bisa bermanfaat untuk orang lain. Tempo hari udah ditawarin untuk belajar memandikan jenazah. Saya pengen banget. Secara dulu Ibuk alm juga anggota tim memandikan jenazah di kampung. Pengen nerusin apa yang sudah Ibuk alm lakukan.


Kesehatan

Untuk kesehatan, saya pengen banget bisa nurunin berat badan. Di umur sekian keknya kok mau nurunin sekilo aja effort nya bukan kepalang. Tak hanya mikirin penampilan sih. Namun semua demi kesehatan juga. Secara dulu pernah berteman dengan kolesterol. 
Udah punya sepatu juga. Tapi niat jogging nya itu lho yang datang dan pergi sesuka hati. Nah, pengen banget bisa istiqamah seperti beberapa tahun yang lalu bisa jogging seminggu 3 kali. Doakan ya temans? :D


Pekerjaan

Jika sudah mentahbiskan diri sebagai penulis, mau penulis buku ataupun blogger sudah semestinya berkarya terus kan ya? Menjaga untuk update postingan berkala menjadi salah satu keinginan saya. Pengen juga sih, bikin blog baru khusus parenting remaja. Tapi ntar dulu. Blog yang ini dibagus-bagusin dulu. Biar makin banyak job ngalir. Ya kan?
Selain itu pengen banget bisa nulis novel lagi. Sempat kemarin ngobrol dengan seorang editor di sebuah penerbit besar. Jadi kangen nih, nulis naskah napas panjang. Bismillahirrahmanirrahiim. Cita-cita tahun ini bisa ada buku terbit lagi. Aamiin.

Kalau Taro tahun ini pengen ngapain aja? Pengen Komunitas Gandjel Rel makin cetar membahana bukan?

6 komentar:

  1. Semoga keinginanya terkabul ya mba. Sebagai pribadi aku pun ingin meningkatkan ibadah kepada Allah. Aamin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih udah berkunjung ya mba

      Hapus
  2. Mbak irfa..semoga semua keinginan bisa terwujud dan selalu dalam lindungannya amin...

    BalasHapus
  3. Go go go Mbak Irfa! Semangat yaaaaa! Ada beberapa hal yang sama terutama untuk urusan agama. Semoga kita semua istiqomah ya, Mbak. Sun sun

    BalasHapus
  4. Semoga lancar mbaksay..kakak adik masuk sekolah idaman, sukses yaa adik buat tandingnya, aamiin...go go novel baruu..

    BalasHapus
  5. Semoga segera terwujud mbak, mbak selain emping, coklat mbah uti masukin juga dong 😀

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih