Menjadi Duta Zakat dan Donatur di Lazis Baiturrahman Semarang - Jurnal Hati

Selasa, 03 Oktober 2017

Menjadi Duta Zakat dan Donatur di Lazis Baiturrahman Semarang

Assalamualaikum Temans, pagi ini sehat semua kan?

Setiap muslim harus mempunyai keinginan untuk menjadi manusia yang lebih baik. Salah satu hal memperbaiki diri adalah melakukan segala perintah agama sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh agama. Setiap muslim wajib melaksanakan lima Rukun Islam.

Pernahkah anda mendengar kata duta zakat? Duta Zakat adalah relawan badan zakat yang bertugas memberikan informasi dan memperkenalkan badan zakat pada lingkungan sekitar. Bagi mereka penggiat gerakan berzakat yang mampu memotivasi muslim lain untuk berzakat menjadikan sebuah amal jariyah yang besar bagi umat. Tak hanya menunggu datangnya para muzaki yang menyetorkan zakatnya. Namun mereka juga jemput bola, memberikan pelayanan mengambil zakat para muzaki yang tak sempat untuk memberikan zakatnya ke amil zakat. 

Pernah hidup di Semarang selama lebih dari lima tahun membuat saya mengenal beberapa tempat ibadah maupun tempat untuk menyalurkan zakat, infak dan shodaqoh. Salah satu badan zakat yang terpercaya adalah Lazis Baiturrahman atau yang biasa disebut Lazisba.. 



Lembaga amil zakat ini berada di bawah Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam (YPKPI). Tidak perlu meragukan keamanahan Lazisba karena sudah terdaftar dalam SK Kemenkumham No AHU-10075.50.10.2014 menjadi Lazis Baiturrahman. 

Semua hal yang didonasikan Insya Allah akan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, dan tentu saja tepat sasaran karena ada laporan berkala bagi para donatur. 

Ingin mengetahui kemana donasi anda disalurkan? Lazisba mempunyai beberapa program penyaluran donasi dan diantaranya adalah :


1. Bidang Ekonomi

Lazisba memiliki program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan berupa pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk para mustahik atau orang yang berhak mendapatkan zakat, infak, sadaqah. 

Program ini bernama Kubah atau Kredit Usaha Barokah. Kubah ini sudah menjangkau banyak pihak diantaranya para nelayan di Desa Tambak Mulya tahun 2009, para petani Tegowanu-Karangawen di tahun yang sama dan masih banyak lagi tempat penyaluran KUBAH ini.


2. Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan, Lazisba memiliki program memberikan bea siswa untuk anak asuh tingkat SD-SMA. Program ini bernama BUS alias Bea Siswa Untuk Surga. 

Masih ada kegiatan lain dalam memberikan bantuan salah satunya adalah renovasi bagi sekolah yang bangunannya sudah memprihatinkan. Nama programnya Sekolahku Indah. 

Ada lagi program ELC atau Education Learning Centre. ELC ini adalah pusat pengembangan pendidikan bagi para mustahik untuk meningkatkan kemampuan diri untuk hidup yang lebih baik.


Bagi daerah yang rawan dengan permasalahan aqidah, Lazisba mendirikan TPA. Taman Syiar Al Quran juga menyediakan pendampingan.


3. Bidang Kesehatan

Program Bercerita menjadi andalan program di bidang kesehatan. Apakah Program Bercerita ini? Program ini memberikan fasilitas bersalin gratis bagi para mustahik.

Tidak berhenti di situ saja. Lazisba membuat program Ibu Kus alias Ibuku Sehat Anakku Cerdas. Kegiatannya memberikan pemeriksaan kesehatan dan peningkatan gizi para ibu dan anak. Bagi anak yatim dan dhuafa ada pula program sunat gratis yang bernama Sunah atau Sunat Barokah. 


4. Bidang Kepemudaan

Masih ada lagi program yang ditujukan untuk para muda. Program ini untuk membekali para pemuda mustahik tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, shalih dan mandiri, juga mampu berkarya di masyarakat. Mereka dibekali berbagai keterampilan yang bermanfaat.

Program ini bisa berjalan berkat bantuan dari berbagai sumber yaitu Zakat, Infak, Sadaqah, CSR berbagai perusahaan, serta bantuan donatur dengan jangka waktu tertentu. 


Yuk, salurkan rezeki kita melalui Lazisba agar mereka bisa tetap bisa menjalankan program-program mereka yang bermanfaat bagi para mustahik. Harapannya makin banyak orang yang tertarik menjadi donatur. Menjadi donatur maupun duta zakat merupakan tambahan timbangan amal kita. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain?


Jika ingin berkomunikasi dengan Lazisba, silakan menhubungi kontak dibawah ini ya?

Rekening Donasi Lazis Baiturrahman
BSM 0500217029
CIMB Niaga Syariah 5350100068007
BNI Syariah 0268583724
Bank Jateng Syariah 5031000799

Join Us
Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
FB / Fanspage : Lazis Baiturrahman
IG : @lazisbaiturrahman
Twitter: @lazisbaiturrahm
Youtube: Lazis Baiturrahman 
Call center : 085100999774





1 komentar:

  1. Bersedekah tidak harus berupa materi ya mbak. Berbagi informasi sebagai duta zakat pun sdh termasuk sedekah ya insya Allah.

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih