Senin, 07 Agustus 2017

Film Religi Pertama Yang Saya Tonton


Ngobrolin tentang film, Hollywood tetaplah jagonya. Gimana enggak, semua genre bisa bagus banget pengerjaannya. Mulai film romance, thriller, suspence sampai animasi pun tetap bikin saya terkagum-kagum. Jaman saya kuliah, saya takjub banget Hollywood bisa bikin film kolosal semacem Independence Day yang dibintangi oleh Bill Pullman dan Will Smith. Atau saya bisa nangis bombay lihat perjuangan Sang legendaris William Wallace yang dimainkan dengan keren oleh Mel Gibson. Dan saya pun bisa baper parah gara-gara nonton While You were sleeping yang cute abis dengan Sandra Bullock, Peter Galagher serta Bill Pulman sebagai pemeran utamanya. Nggak lupa juga, saya ngakak berat nonton aktingnya Robin Williams dan Nathan Lane yang berperan menjadi pasangan gay waktu nonton The Birdcage.


Namun seiring waktu, ketika saya telah lulus kuliah dan bekerja, saya lebih memilih waktu luang saya bersama keluarga dan teman-teman dekat. Weekend saya pergunakan untuk pulang ke rumah dan ngajak Ibuk, adik-adik, dan ponakan sebelah rumah untuk jalan-jalan. Nonton film bukan lagi menjadi pilihan bersantai meski ada beberapa kali nonton bersama teman-teman kos atau temen kantor. Cuma yang ada sering ketiduran di bioskop karena kelelahan.

Lama nggak nonton film, eh giliran hamil muda pengen banget nonton film produksi dalam negeri. Diledekin sama temen-temen pun tetep keukeuh surekeuh pengen nonton film Indonesia yang bernuansa religi.

“Halah Mbak, lha wong nonton sinetron kok pake mbayar mahal.”
Begitu ledekan teman-teman. Namun saya tetap maju tak gentar, nggak peduli orang lain ngomong apa. Film itu adalah Kiamat Sudah Dekat.


Kiamat Sudah Dekat menjadi pionir dari film-film religi yang sekarang marak diproduksi oleh sineas Indonesia. Film religi dalam balutan komedi itu dibintangi oleh Andre Taulany, Ayu Pratiwi serta Deddy Mizwar. Dwiki Reza serta Sakurta Ginting mencuri perhatian sebagai peran pendukung sebagai Saprol dan Kipli. Wajah ‘ndeso’ yang natural banget itu bermain bagus untuk ukuran anak-anak.

Film ini berkisah tentang Fandy, si rocker yang jatuh cinta kepada Sarah putri dari pemuka agama di sebuah kampung yaitu Haji Romli. Fandy yang berasal dari keluarga yang jauh dari agama berusaha mendapakan Sarah yang sebenarnya sudah dijodohkan dengan seorang laki-laki yang mempunyai latar belakang keagamaan yang kuat. Haji Romli mengajukan sebuah persyaratan yang yang sebenarnya diinginkan untuk menghalau keinginan Fandy mempersunting putrinya. Dia meminta Fandy mencari apa yang dinamakan Ilmu Ikhlas.

Fandy yang awalnya belajar agama hanyalah untuk mengejar sebuah cinta, nyatanya seluruh pencariannya berujung pada penemuan Tuhannya yang hilang dari kehidupannya. Aspek-aspek religiusitas yang tak pernah ia dapatkan ternyata ia temukan selama proses mencari sebuah ilmu ikhlas.

Ketika ia merasa tak menemukan yang diinginkan oleh Haji Romli, ia datang kepada ayah dari perempuan yang ia cintai dan melepaskan keinginannya demi kebahagiaan Sarah, gadis yang telah menghiasi hidupnya saat itu.

Bagi saya, film ini memberikan banyak pelajaran. Pelajaran bagaimana memperbaiki keimanan, hubungan yang manis antara ayah dan anak serta ibu dan anak, serta nilai keikhlasan itu tak pernah bisa terlihat. Hanya bisa dirasakan.


Kalau untuk mbak Untari dan Mbak Ira Sulistiana,  film apa yang memberikan inspirasi buat kalian? 

11 komentar:

  1. Iya ya kiamat sudah dekat hits banget waktu itu 😊

    BalasHapus
  2. Aku pun suka film ini, keren banget lah ini. Nyentil pisan.

    BalasHapus
  3. Akupun suka film ini...terutama saat si fandy pedekate sama anak pak haji, konyol aja..hehe

    BalasHapus
  4. Ini film keren, berisi tanpa menggurui. Kocak pula!

    BalasHapus
  5. Suka juga lihat gaya ngocolnya Andre di sini..hehe..

    BalasHapus
  6. Lucuuk pelemnya aku nonton pas udah tayang di tipi :D

    BalasHapus
  7. Lucu dan ngejleb banget ya mb filmnya...

    BalasHapus
  8. Aku lihatnya pas di tipi, Mbak. Kayaknya dibuat sinetron juga deh. Bener nggak sih?

    BalasHapus
  9. suka banget film ini, awal2nya andre mulai pindah jalur dr musik ke peran

    BalasHapus
  10. Film sama sinetronnya aku nonton loh. Bagus sih lucu banget

    BalasHapus
  11. ini film hits banget ya mba pada jaamannnya dulu

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih