Merancang Liburan Keluarga - Jurnal Hati

Jumat, 19 Januari 2018

Merancang Liburan Keluarga



Kakak lahir di saat umur pernikahan saya dan suami sudah dua tahun. Kata suami sudah kenyang honeymoon. Sebelum Kakak lahir hampir sebulan sekali saya dan suami staycation di sebuah hotel menikmati akhir pekan. Kebetulan saya bekerja di sebuah media yang bekerjasama dengan beberapa hotel yang berada di Pulau Jawa ini. 

Sejak anak-anak hadir di keluarga kami, suami ingin jika liburan selalu full team. Suami, saya, dan anak-anak. Saya memahami keinginan suami. Sejak Kakak lahir saya dan suami memang menjalani Long Distance Marriage. Bahkan sampai hari ini. Buat suami, akhir pekan merupakan privilege nya bersama keluarga. Benar-benar menikmati kebersamaan. 

Keinginan yang sulit dilakukan adalah liburan ke suatu tempat lebih dari sehari. Suami kesulitan untuk mengatur jadwal yang klop dengan jadwal anak-anak. Setiap liburan akhir tahun, suami malah lagi sibuk-sibuknya. Sebagai pekerja perbankan, akhir tahun memang menjadi bulan keramat dimana suami sulit untuk mengajukan cuti. 

Sementara untuk lebaran yang berbarengan dengan libur akhir tahun ajaran sekolah juga lebih sering digunakan untuk silaturahmi dengan keluarga besar. Apalagi adik-adik saya yang tinggal di luar Jawa mudik. Makin sulit lagi merancang liburan karena saya yang tinggal di rumah induk harus stand by di rumah. 

Beberapa waktu lalu, saya dan adik-adik sempat ngobrol untuk liburan bareng. Tahun lalu kami sempat mempunyai rencana untuk liburan bareng saat lebaran. Rencana gagal total karena saya sakit yang mengharuskan bedrest sampai dua minggu. Nah, kayaknya nih, kami akan merancang kembali liburan bareng ini. Kapan lagi bisa dolan ramean sama keluarga adik-adik?

Mengingat lalu lintas yang padatnya nggak kira-kira, sepertinya kami akan memilih destinasi liburan masih di seputar Jawa Tengah saja. Sehingga adik-adik dan keluarga bisa langsung mudik ke rumah di Magelang. 

Karimunjawa menjadi pilihan utama untuk destinasi liburan tahun ini. Ada beberapa hal yang ingin saya lakukan di Karimunjawa 

Snorkeling



Saya tuh dulu nggak suka yang namanya laut. Dalam mindset saya sejak kecil bahwa laut adalah tempat yang berbahaya karena bisa membuat anak-anak tersapu ombak dan tenggelam. Hal-hal seperti itu dulu sering sekali saya baca di media cetak sehingga saya punya persepsi negatif tentang laut. Beberapa tahun yang lalu saya diajak ke sebuah pantai di Yogyakarta. Nah, melihat pantai itu persepsi saya pun berubah. 

Saya ingin menikmati keindahan laut. Snorkeling adalah salah satu kegiatan yang bisa saya lakukan untuk menikmati indahnya dalam laut. 


Menikmati sunset

source: trekearth.com


Buat saya, matahari yang mulai tenggelam adalah keindahan. Bagaimana matahari mulai turun di sebelah barat dengan warna merah saga perlahan-lahan menghilang. Temaram senja tentunya akan menambah suasana menjadi lebih romatis. Jika suasana itu dinikmati bersama orang tercinta saya yakin kesyahduan itu akan membuat perasaan semakin membuncah. Kata seorang teman yang pernah ke Karimunjawa Pantai Ujung Gelam menjadi salah satu tempat favoritnya menunggu sunset.


Jalan-jalan di hutan mangrove

source: pubinfo.id


Saya tinggal di sebuah tempat yang termasuk dalam dataran tinggi. Hal-hal yang berkaitan dengan pantai dengan segala atributnya membuat saya excited. Kayaknya menarik juga bersama keluarga jalan-jalan di hutan mangrove. Dan sepertinya foto-foto pun lantas akan segera menghiasi sosmed saya jika saya sudah berada di Karimunjawa.


Penangkaran Hiu

source: www.viva.co,id


Kayaknya serem ya, bisa berenang bareng ikan hiu? Tetapi menurut informasi, hiu-hiu yang berada di tempat penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Karimunjawa sudah jinak. Meskipun begitu ada hal-hal yang harus dipatuhi oleh wisatawan jika ingin berenang bersama ikan hiu. Memacu adrenalin banget ya?

Kulineran.

source : sobatinfo.com


Kayaknya traveling itu berbanding lurus dengan kulineran deh. Seperti sayur tanpa garam jika mengunjungi destinasi wisata tanpa mencoba kuliner khas tempat tersebut. Menikmati pindang serani di Karimunjawa kelihatannya seru juga. Pengen juga nyobain lontong krubyuk yang tersaji dengan kuah yang banyak. Pengen juga nyobain bakso ikan ekor kuning yang hanya bisa ditemui di Karimunjawa. Jadi ngiler deh.


Transportasi dan Akomodasi


Nah ... saya dan adik-adik mulai mencari informasi nih mengenai transportasi dan akomodasi. Namanya juga liburan sekeluarga, tentunya pengen nyari tiket murah dan beaya hotel yang terjangkau namun nyaman untuk keluarga. 

Adik-adik saya pun nyoba hunting tiket dan hotel ke beberapa tempat. Kata mereka ngabisin waktu banget karena hunting tiket dan booking hotel yang terpisah. Saya nyoba deh ke traveloka,  situs yang biasa dipakai suami hunting tiket dan nyari paket liburan. Eh ternyata yang diinginkan ada di situ. 



Wah ... seneng deh, ada pemesanan tiket dan booking hotel dalam satu paket. Ini memudahkan banget. Kerennya lagi pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah. Hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun loh! 

Buru-buru deh nyobain booking produk paket tiket dan hotel ini buat adik-adik. Ternyata mudah banget digunakan dan sekarang tidak perlu lagi memesan tiket & hotel secara terpisah. Nggak buang-buang waktu deh hunting kemana-mana. Begitu mau transfer, eh harganya lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket & hotel secara terpisah. Enaknya lagi tersedia metode pembayaran yang mudah. Bisa transfer atau via ATM, kartu kredit, bahkan via minimarket pun bisa. Nah ... kan sisa budget nya bisa buat kulineran lebih banyak di sana. Ahai, rencana pergendutan pun sudah berada di depan mata. 

Asyik nih, liburan udah terbayang di depan mata. Udah tenang nih, Adik-adik sudah dapat tiket beserta hotelnya. Penasaran? Ayo ah, nyobain produknya. Yang pengen tahu banget bisa loh klik di sini.









1 komentar:

  1. Aku juga pengin main lagi ke Karjaw. Yukkk agendakan yuuukkk. Sapa tau bisa bareng.

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih