Kamis, 19 Oktober 2017

Rumah Idaman : Small Office/Home Office


Sejak kecil, saya tinggal di tempat yang luas baik rumah maupun halamannya. Yang saya ingat, sejak kecil simbah yang tinggal di dekat rumah selalu mengajak saya menyapu halaman yang bisa digunakan untuk perumahan setidaknya untuk 10-15 kapling. Sudah luas, banyak pepohonan pula. Halaman baru saja disapu, lima menit kemudian sudah banyak daun-daun kering yang jatuh. Kotor lagi. Kalau mau nyapu lagi, encok lah ya?


Itu baru nyapu halaman. Belum lagi kalau bersih-bersih rumah. Apalagi rumah simbah. Rumah ukuran 20m x 15m2 itu juga rasanya susah sekali untuk kinclong. Lah ... gimana, ayam-ayam tetangga yang nggak dikandangin suka manis aja main ke rumah kemudian ngotorin. Kzl kan?
Dalam bayangan saya, ntar kalau sudah punya keluarga sendiri, pengen deh punya rumah di perumahan aja. Halaman secukupnya, rumah juga ngepas aja. Bersih bersihnya nggak capek. Setidaknya rumah idaman saat itu punya ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, tiga kamar tidur, dapur, serta kamar mandi. Kayaknya simpel ya?

credit : www.hargaper.com


Begitu menikah dan punya anak yang cara belajarnya kinestetik, buyar sudah bayangan punya rumah yang mungil dan simpel. Rumah yang kami tempati sekarang kurang lebih 150m2 pun terasa kurang luas. Anak-anak pun lebih sering bereksplorasi di luar rumah. Secapeknya mereka bisa lari-larian, manjat pohon, main air, ataupun hujan-hujanan di halaman. Sudah nggak kepikiran aja mau menata rumah yang seperti apa. Ada anak kecil di rumah itu kalau berantakan biasanya dimaklumin. Iya kan? (Membela diri)

Sekarang, ketika anak-anak sudah remaja, kok pengen ya menata rumah meski masih sebatas angan-angan. Nggak pengen pindah rumah sih. Sudah nyaman banget hidup di pedesaan begini. Cuma pengen menata rumah dengan konsep SOHO gitu deh. Keknya cocok konsep Small Office/Home Office untuk penulis yang kerjaannya banyak di rumah.

Awalnya pengen banget punya rumah dengan interior dengan desain shabby chic gitu. Keknya girly banget. Manis. Unyu.

credit : www.rumahhuni,com


Tetapi kalau punya rumah dengan warna-warna ngepink begitu, apa kabar Suami dan Adek? Eneg nggak ya di seluruh ruangan warnanya warna pastel dan bunga-bunga?

Nah, tempo hari waktu ngobrol sama anak temen yang lagi kuliah di desain interior, kok jadi pengen nih punya rumah dengan desain warna denim drift.

cr: www.pinterest.com


Nah, pengen nih, teras yang kepanjangan itu bisa diambil sekitar 3mx5m2 nya untuk small office. Pengennya sih, ruangan itu ada meja kerja, rak buku, serta sofa buat baring-baring bentar kalau capek nulisnya.

Karena hidup di pedesaan yang sering banget ada pertemuan PKK, taklim, atau pertemuan-pertemuan organisasi, ruang tamu pengen yang luas aja, biar kalau pertemuan nggak harus memakai ruangan keluarga. Nggak nyaman buat anak-anak dan suami kalau pengen leyeh-leyeh, wira wiri ke dapur atau kamar mandi melewati sekumpulan ibu-ibu yang lagi pertemuan di ruang keluarga.

Rumah belum ada satu ruangan untuk gudang. Kayaknya perlu deh, ruang belakang itu yang sekarang difungsiin sebagai garasi sepeda motor separuh dijadiin untuk gudang. Nggak perlu besar sih, yang penting bisa bikin mata enggak sepet melihat barang-barang yang udah nggak kepakai tapi bingung mau diapain.

O ya, pengen banget nih, belakang rumah itu bisa aku manfaatin untuk menanam sayuran, buah atau empon-empon. Baru ada tanaman serai, laos, dan temulawak. Pengen deh nanem jahe, kencur, kunir, cabai, pepaya, atau sayur-sayuran yang mudah tumbuh seperti kemangi atau bayem.
Seandainya Mbak Archa atau Mbak Dian Nafi bikinin desain rumah, kira-kira seperti apa ya jadinya rumah saya?




7 komentar:

  1. Asik keknya ya mbak rumah tipe SOHO gitu.. Aku juga pengen.

    BalasHapus
  2. Wahh, aku juga mupeng punya rumah ada ruang kerjanya, aamiin..

    BalasHapus
  3. baru tau ada namanya tipe SOHO biasanya tipe minimalis aja.
    salah satu keinginan saya punya rumah sendiri juga biar anak bisa explore mba karena rumah dinas yang sekarang, kecil. anak belajar merangkak, beberapa langkah udah mentok hehe.

    semoga kita bisa mewujudkan impian kita yaa

    BalasHapus
  4. kayak gini juga rumah idamanku. small office home office alias SOHO. smoga impian kita tercapai ya:)

    BalasHapus
  5. Rumahku mah gak ada ruang kerja nih, palingan kalau nulis di ruang tamu atau kadang kamar hehe

    BalasHapus
  6. Hnmm..mungkin kaya attic aja mbak. Officenya diatas sambil liat jendela kebawah sekaligus mezanin yg ada ruang perpustnya..#sokteu 😄

    BalasHapus
  7. Apik juga yo mba nuansa denim drift, dipadukan dengan perabotan warna terang jozz ki ketoke ya.

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih