Menu Sahur Cepat Saji - Jurnal Hati

Minggu, 11 Juni 2017

Menu Sahur Cepat Saji

source : www.pixabay.com

Assalamualaikum Temans,

Pernah nggak sih teman-teman bangun telat sehingga waktu untuk menyediakan menu untuk sahur sekeluarga mepet banget? Lalu pernah nggak kondisi begitu disadarkan kalau kehabisan bahan makanan karena lupa belanja sehari sebelumnya?

Dua hari lalu, saya panik banget karena bangun telat untuk nyiapin menu sahur. Udah gitu lupa setengah mati kalau beras habis dan nggak punya stok makanan lain yang langsung bisa dimakan untuk sahur. Kalau saya sih gampang, seadanya bisa dimakan. Kalau anak-anak tuh sahur harus pake karbohidrat. Katanya kelaperan kalau nggak makan karbohidrat. Wajar kan kalau saya jadi panik?

Nyari-nyari bahan makanan di kulkas cuma ada tomat dan kornet yang tinggal tiga sendok makan. Panik yang mulai melanda pun rasanya tercerahkan oleh adanya spagetti yang nyempil dibelakang stok minyak goreng.


Harus mikir cepet nih supaya bisa tepat waktu. Mulailah saya utak utik di dapur sembari berpikir mau dibikin apa kalau bumbu yang ada pun terbatas. Terbersitlah dalam pikiran saya pasta ala ala saya. Dengan segala keterbatasan yang ada akhirnya anak-anak bisa sahur meski menunya bener-bener di luar kebiasaan.


Pasta ala saya

Bahan : 
250 gr spagetti
3 sdm kornet
50 gr keju parut

Bumbu :
½ btr bawang bombay
1 buah cabe rawit merah
2 btr tomat ukuran sedang
30 ml air matang
½ sdt merica bubuk
¼ sdt oregano kering
2 lbr daun basil kering
Garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Rebus tomat sampai kulitnya pecah, tiriskan. Blender dengan air matang, saring, sisihkan.
  2. Rebus air dalam panci ditambahkan margarin atau minyak. Tunggu sampai mendidih, masukkan spagetti. Matang, tiriskan. Sisihkan.
  3. Selama menunggu rebusan spagetti, uleg bawang bombay dan cabe rawit sampai halus. Sisihkan.
  4. Tumis bawang bombay yang sudah dihaluskan sampai berbau harum, tambahkan merica bubuk, oregano beserta basil. Masukkan kornet aduk rata. Masukkan pasta tomat dari rebusan tomat yang diblender, tunggu hingga mendidih dan tambahkan garam. Masukkan rebusan spagetti dan aduk sampai merata.
  5. Sajikan, taburi keju

Gampang kan? 

Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih