Rabu, 21 Juni 2017

Kue kering yang mudah di buat : Good time cookies

credit : www.pixabay.com

Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Namun saya masih saja harus bedrest untuk proses penyembuhan sejak seminggu lalu dinyatakan positif tiphoid. Padahal si Kakak sudah pengen banget bikin kue kering untuk persiapan sepupu-sepupunya datang.

Tahun ini adik-adik saya alhamdulillah bisa mudik semua. Krucil-krucil sudah gedean. Saya bisa ngebayangin gimana rumah yang biasanya isinya tiga orang, baru empat orang kalau weekend, beberapa hari ke depan rumah saya isinya 12 orang termasuk krucil-krucil.

Toples mesti full dong. Lha wong 12 manusia ini kalau di rumah sudah kayak penggilingan semua. Tahun kemarin aja rumah isi 8 orang toples tujuh buah yang awalnya full semua bisa ludes tanpa sisa cuma dalam waktu 3 hari aja.

Selasa, 20 Juni 2017

Modis (Modal Diskon)

source : www.pixabay.com

Siapa yang suka bela beli barang dengan angka persen besar di hanging tag nya? Kalau ada yang tanya gitu ke saya, langsung deh ngacung tanpa malu. Meski saya bukan orang yang hobi shopping memanjakan mata dan keinginan, namun saya hampir selalu memilih barang dengan diskon yang besar jika belanja ke pertokoan. Kenapa? Saya pengen beli barang dengan kualitas bagus. Dan biasanya, barang yang sudah didiskon besar adalah keluaran pabrik setaun belakang atau beberapa bulan doang.

Kejebak diskon dong Buk?
Ah, enggak juga. Saya bukan model orang asal lihat diskon besar langsung syahwat belanja saya naik. Lha wong saya ke mall aja dalam setahun bisa diitung pake jari. Saya benar-benar jika butuh barang baru beli. Dengan modal diskon tentunya.

Sabtu, 17 Juni 2017

Mengelola THR yang terbatas


Setelah sekian waktu banyak beredar meme tentang THR, tentunya bagi para pekerja saat ini sudah bisa bernapas lega karena yang diharapkan sudah masuk ke rekening. Bagi pekerja yang mendapatkan THR dua kali gaji tentunya punya spare yang lebih lega untuk merencanakan membeli kebutuhan dan menggunakan dana di hari raya ini. Namun bagi penerima THR satu kali gaji tentunya harus lebih bijak untuk menggunakan dana supaya tak langsung ludes begitu saja. Salah-salah begitu lewat hari raya, dompet sudah melompong dan kebingungan karena defisit. 

Jumat, 16 Juni 2017

Ayam tulang lunak, menu buka puasa yang mudah dibuat


Buat saya, bulan Ramadhan ini membuat makin sering turun ke dapur. Setiap dini hari dan menjelang sore menjadi jadwal tetap saya ngendon di dapur. Nggak. Ada males-malesnya. Padahal saya juga harus mikir apa saja yang harus saya sajikan untuk buka puasa.

Untungnya, anak-anak bukanlah picky eater. Apa saja yang tersaji mereka lahap tanpa protes. Meski kadang nggak cocok.

Saya menghargai usaha mereka untuk menyenangkan hati saya. Makanya sebisa mungkin saya menyiapkan menu yang mereka suka. Apalagi untuk menu buka puasa. Apa yang diminta mereka saya usahakan untuk tersedia di meja.

Sudah beberapa buka puasa ini anak-anak meminta dibuatkan spicy chicken wing ala korea. Saya belum bisa mendapatkan resep yang maknyus. Saya anggap masih gagal lah uji coba saja. Nah... Kebetulan kemarin anak-anak minta menu ayam. Karena lagi nggak sehat, saya bikin menu yang bumbunya paling mudah dicari dan selalu tersedia di rumah.

Rabu, 14 Juni 2017

Soto, kuliner yang selalu ada di setiap tempat


Soto, meskipun di semua kota mempunyai kuliner ini, namun tetap saja diburu oleh banyak kalangan. Mau di kota besar maupun kota kecil, soto selalu menjadi salah satu destinasi kuliner. Mau anak-anak atau orang dewasa, soto menjadi makanan yang ramah baik di lidah maupun di kantong.

Dulu, saat saya kuliah di Jogja tempat favorit saya dan teman-teman sejurusan untuk makan siang di Soto Klebengan. Soto sapi dengan tempe mendoannya yang gurih masih selalu diingat. Apalagi makannya dibawah pohon rindang yang berada di sebelah warung. Sampai sekarang soto Klebengan masih eksis. Dengan tempat yang lebih besar serta pohon rindangnya yang sudah menghilang. 

Kalau saya ke Semarang, ada soto ayam Tugiyo atau Nasiri di daerah Kranggan  menjadi salah satu tujuan saya untuk sarapan pagi. Meski berbentuk warung tenda, menyantap soto Semarang yang berkuah kental tak mengurangi nikmatnya kaldu yang bercampur dengan bumbu berempah itu. Sampai sekarang, saya masih belum nemu resep yang pas untuk membuat soto Semarang yang manis ini.

Pernah makan soto kerbau? Jangan salah, daging kerbau ternyata enak banget dijadikan campuran soto. Anda bisa menyantap soto kerbau jika menginjakkan kaki di kota Kudus. Bertahun-tahun yang lalu jika saya ke Kudus, untuk mengenyangkan perut saya dan rombongan akan meluncur ke Taman Bojana atau ke soto Pak Denuh yang legendaris itu.

Minggu, 11 Juni 2017

Menu Sahur Cepat Saji

source : www.pixabay.com

Assalamualaikum Temans,

Pernah nggak sih teman-teman bangun telat sehingga waktu untuk menyediakan menu untuk sahur sekeluarga mepet banget? Lalu pernah nggak kondisi begitu disadarkan kalau kehabisan bahan makanan karena lupa belanja sehari sebelumnya?

Dua hari lalu, saya panik banget karena bangun telat untuk nyiapin menu sahur. Udah gitu lupa setengah mati kalau beras habis dan nggak punya stok makanan lain yang langsung bisa dimakan untuk sahur. Kalau saya sih gampang, seadanya bisa dimakan. Kalau anak-anak tuh sahur harus pake karbohidrat. Katanya kelaperan kalau nggak makan karbohidrat. Wajar kan kalau saya jadi panik?

Nyari-nyari bahan makanan di kulkas cuma ada tomat dan kornet yang tinggal tiga sendok makan. Panik yang mulai melanda pun rasanya tercerahkan oleh adanya spagetti yang nyempil dibelakang stok minyak goreng.

Kisah seorang sahabat lama

source : www.pixabay.com

Assalamualaikum Temans, 
Jika ditanya tentang orang-orang terdekat saya setelah suami dan anak-anak saat ini, mudah sekali saya langsung menyebutkan nama mereka yang benar-benar pegang kartu truf saya, Mb Yana dan Vero. Namun jika saya bicara tentang mereka, saya bisa baper abis. Meweknya pake lama, mengingat mereka mendampingi dikala saya berada di titik nadir. Kebahagiaan dan tangis yang tak tampak di permukaan banyak sekali saya bagi dengan mereka.  

Saya lagi nggak pengen baper ah. Ramadhan ini sudah cukup bikin saya banyak mengingat hal-hal yang sedih dan memetik hikmah. Saya lagi pengen cerita tentang seorang sahabat yang lama nggak ketemu meski saya sering wira-wiri ke kota tempat tinggalnya.

Namanya Tjahjo Sasongko Djati. Sederet nama itu tertera di KTP nya. Kakak dan Adek memanggilnya Pakde Cahyo. Dia teman kuliah saya saat diploma di Jogja. Saat kuliah rambutnya gondrong sampai sepinggang. Kaca mata dan rokok menjadi trademark nya.

Kamis, 08 Juni 2017

Puding, takjil buka puasa pilihan keluarga



Assalamualaikum temans

Bagi saya, Ramadhan adalah bulan kebersamaan. Saya mengurangi keluar rumah dan menemani anak-anak yang pulang sekolah lebih awal. Sebisa mungkin pekerjaan saya lakukan benar-benar dari dalam rumah. Berkumpul bersama anak-anak dari sebelum Dzuhur itu momen langka buat saya karena anak-anak bersekolah di sekolah full day.

Anak-anak sepertinya juga lebih senang saat pulang sekolah menemukan saya masih dalam balutan daster kesayangan. Sofa di ruang tengah ataupun tempat tidur saya menjadi tempat favorit untuk bercerita dan bercanda bersama anak-anak.

Salah satu bahasan yang biasanya muncul adalah menu buka puasa request anak-anak. Request hari ini untuk menu besok sore. Biasanya sih standar aja yang diminta oleh anak-anak. Atau bisa jadi malah terserah apapun masakan saya. Kebetulan anak-anak bukan picky eater, sehingga memudahkan saya saat memasak.

Rabu, 07 Juni 2017

Membiasakan anak membaca Al Quran



Assalamualaikum temans,
Bagi kita umat Islam, anak adalah amanah Allah yang harus dijaga. Allah telah memberikan kita sebuah kepercayaan dengan menitipkan umat-umat Rasulullah kepada kita sehingga kita sudah selayaknya memberikan yang terbaik bagi titipan-Nya. Pendidikan adalah hal yang mutlak kita berikan pada anak-anak sehingga mereka menjadi manusia-manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia seperti yang telah tertuang pada Al Quran. Salah satu karakter pendidikan yang wajib kita berikan pada anak-anak adalah pendidikan agama.

Al Quran adalah pedoman bagi umat Islam. Semua hukum-hukum Allah berada dalam kitab-Nya. Kewajiban dan hak setiap manusia pun jelas tersurat dalam firman-firman-Nya. Dan wajiblah bagi kita untuk mempelajari setiap ayat dalam semua surah-surahnya. Dan untuk mempelajari dan memahami yang perlu dilakukan adalah membacanya. Dan alangkah baiknya jika membaca Al Quran itu dilakukan sejak dini.

Minggu, 04 Juni 2017

Lezatto, Alternatif Tempat untuk Bukber Bareng Sahabat dan Keluarga


Saya tinggal di sebuah kota kecil di jalur antar provinsi. Kalau orang lain nyari tempat untuk melihat sawah dan rimbunan pepohonan untuk refreshing, itu sudah jadi keseharian saya tuh tiap hari melihat petani membajak sawah atau sedang memanen cabe. Udara yang masih segar serta suasana yang menenteramkan dengan mudah saya dapatkan di lingkungan rumah.

Namun tinggal di kota kecil juga ada nggak enaknya. Bagi saya dan anak-anak yang suka makan, tak terlalu banyak pilihan tempat-tempat untuk sekedar nongkrong atau bukber bareng teman-teman dekat meski kuliner kota kecil ini endes surendes. Pilihan yang ada dari tahun ke tahun ya itu lagi itu lagi.