5 Sajian Kuliner Yang Wajib Dicoba Di Banyuwangi - Jurnal Hati

Sabtu, 14 Mei 2016

5 Sajian Kuliner Yang Wajib Dicoba Di Banyuwangi

Banyuwangi, kabupaten di ujung tenggara Provinsi Jawa Timur ternyata menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang menarik dan indah.  Jika anda para pecinta olah raga surfing, anda tentu tak asing lagi dengan Pantai Merah, Pantai Plengkung atau yang terkenal dengan sebutan G-Land, serta Pulau Tabuhan. 

Untuk menikmati sunrise yang indah, anda pun bisa meluncur ke Pantai Teluk Hijau, Pantai Watu dodol, Pantai Wedi Ireng, Pantai Mustika, atau Pantai Parang Kursi. Jika masih kurang puas dengan menikmati sunrise, masih ada tempat bagi anda untuk menikmati pemandangan bawah laut. Teluk Blue Bay dan Bangsring Under water akan memanjakan mata anda dengan terumbu karang, berpuluh ribu ikan hias yang indah juga batu-batu coral.

Ingin melihat api biru yang keluar dari penambangan sulfur? Anda tidak perlu jauh-jauh berwisata ke Islandia. Kawah Ijen akan memberikan anda kesan yang luar biasa ketika melihat api biru keluar dari kawah pada saat dini hari sampai pukul 05.00.

Masih ada lagi wisata alam lain yang sangat sayang kalau anda lewatkan. Air Terjun Lider, Rowo Bayu, Air terjun Kali Bendo dan juga Air Terjun Kembar menunggu anda dan mengabadikan perpaduan wisata air dan pepohonan yang indah.


Perjalananwisata anda akan terasa kurang lengkap jika tidak menikmati kuliner khas kota Banyuwangi. Setidaknya ada lima kuliner khas Kota Banyuwangi yang wajib anda coba ketika berwisata ke sana.

1. Sego Tempong
sumber: www.tribunnews.com
Ini adalah kuliner paling populer di Banyuwangi. Dinamakan sego tempong karena pedasnya sambal membuat wajah memerah seperti ditampar (tempong). Sajian ini berisi beragam sayuran seperti daun ketela, kacang panjang, terong, timun, genjer, dan bisa divariasikan dengan sayuran lain. Pilihan lauk yang wajib disajikan adalah tahu dan tempe goreng, ikan asin serta perkedel jagung. Namun para penjual sego tempong menyediakan lauk lain seperti ayam, empal, jeroan, atau aneka makanan laut lainnya. Anda tidak akan sulit menemukan sajian ini di warung-warung di semua sudut kota Banyuwangi
2. Ayam Pedas Rantinem
sumber: www.tripadvisor.co.id
Kuliner berbahan ayam kampung ini bisa anda temui di Genteng, belakang kantor pos terminal lama. Jika anda pecinta kuliner pedas, sajian yang satu ini akan memanjakan lidah anda dengan ayam yang dimasak dengan kuah bersantan yang kaya rempah-rempah serta cabai rawit utuh yang ditambahkan di dalam sajian. Jika anda tidak terbiasa dengan masakan super pedas, jangan sekali-kali memesan masakan ini ya? Anda tidak akan membiarkan perut anda akan melilit seketika jika menyantap sajian ini, kan?
3. Kue bagiak
sumber: www.infobwi.com
Jangan salah menyebut kue ini dengan kata bakiak ya? Kue khas tradisional Banyuwangi ini terbuat dari tepung sagu dicampur kelapa parut beserta aroma kayu manis yang kuat. Kue kering yang manis dan gurih ini sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat sepulang anda dari berwisata ke Banyuwangi.
4. Sop Kesrut
sumber: www.asliindonesia.net
Kuliner kuno Suku Osing ini mulai tak banyak dikenal oleh warga Banyuwangi sendiri. Hanya beberapa warung yang menyediakan menu khas Suku Osing ini. Salah satunya adalah warung milik Bu Rodhiyah yang berada di Dusun Krajan, Desa Segobang Kecamatan Licin Banyuwangi yang letaknya di pertigaan jalan menuju Ijen Resto.
Kaldu yang gurih dengan sedikit rasa asam serta pedas menjadi keunikan dari Sop Kesrut ini. Meski hanya balungan ayam kampung dan daun bawang yang menjadi isi dari sajian tersebut, namun sop ini diburu oleh penikmatnya. Sop Kesrut biasa disantap beserta nasi panas dan lauk ayam goreng.
5. Sego cawuk
sumber: www.travel.kompas.com
Kuliner ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan kuah parutan kelapa dan serutan jagung muda bakar serta kuah ikan pindang. Rasa pedas segar ini berasal dari bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, serta sedikit asam. Lauknya anda bisa memilih pepes ikan laut, telur pindang, tahu cacah atau itik rebus. Jika anda suka sajian yang lebih pedas, anda bisa menambahkan sambal tomat ke dalam sajian ini.
Sajian ini paling nikmat jika disantap menggunakan tangan saja. Inilah mengapa dinamakan Sego Cawuk, karena cara menyantapnya tanpa menggunakan sendok alias dicawuk. Anda bisa mendapatkan sajian ini di Warung Mak Mantih yang berada di Dusun Prejengan, Kelurahan Rogojampi Kecamatan Rogojampi Banyuwangi. Jangan kesana melebihi jam sepuluh pagi ya, jika tak ingin kehabisan? Mak Mantih hanya berjualan mulai jam enam sampai jam sepuluh pagi saja.
Selamat berwisata ya? Jangan lupa cintai kuliner Indonesia.  

6 komentar:

  1. Waahh.. Aku belum pernah makan menu di atas semuaa.. Kate Ke Banyuwangi, wajib makan itu semuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk makan bareng :D
      Tengkyu sudah berkunjung yaa

      Hapus
  2. Wah sama belum pernah icipin itu semua 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah berkunjung mbak Vita

      Hapus
  3. 5 sajian kuliner ini menarik sekali, artikel ini sangat bagus, sangat bermanfaat, terimakasih , anda juga dapat mengunjungi
    http://indonesia.gunadarma.ac.id untuk mendapatkan
    informasi serupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Diki Nurdiansyah, siap-siap kunjungan balik :)

      Hapus

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih