Tips Memilih Onderdil Motor Berkualitas - Jurnal Hati

Senin, 04 April 2016

Tips Memilih Onderdil Motor Berkualitas

Onderdil atau suku cadang merupakan salah satu kebutuhan penting bagi setiap kendaraan. Beberapa jenis onderdil perlu diganti secara berkala agar kondisi performa kendaraan tetap terjaga dan selalu prima. Begitu pula onderdil motor yang Anda perlukan seperti busi, oli dan lainnya. Beberapa jenis onderdil perlu dibeli guna memaksimalkan kapasitas kendaraan. Supaya tidak keliru dalam memilih onderdil yang tepat dan juga berkualitas, berikut ini beberapa tips memilih onderdil kendaraan roda dua yang perlu Anda perhatikan, yaitu:



  1. Pilih onderdil original.
Saat ini ada banyak onderdil yang beredar di pasaran. Ada yang original, produk lokal dan lain sebagainya. Dari beberapa pilihan yang ada, tentu saja onderdil original adalah pilihan yang paling tepat. Onderdil original merupakan onderdil kualitas bagus yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Meskipun harganya lebih mahal dari onderdil biasa, namun onderdil original dijamin memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Selain itu, onderdil original juga pasti awet dan tahan lama. Dengan kata lain, Anda tidak akan kecewa dengan kualitas onderdil yang asli untuk menunjang kebutuhan berkendara.

  1. Pilih dealer resmi.
Untuk mendapatkan onderdil original, Anda perlu membelinya di dealer resmi onderdil kendaraan kesayangan Anda. Memilih dealer resmi dapat memperkecil kemungkinan bahwa onderdil yang Anda beli adalah onderdil palsu yang tidak terjamin kualitasnya. Sebab, dealer atau toko onderdil resmi pasti menyediakan aneka macam kebutuhan onderdil atau spare part yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan maksimal. Apabila onderdil yang tersedia di dealer resmi adalah onderdil yang palsu dan tidak berkualitas, tentu saja Anda bisa mengadukan hal tersebut pada dealer pusat untuk ditindaklanjuti permasalahannya.

  1. Perhatikan garansi.
Memperhatikan garansi dari setiap onderdil motor yang Anda beli sangatlah penting. Tujuannya untuk mendapatkan jaminan garansi dan penukaran barang yang profesional bila ditemukan masalah pada onderdil yang dijual. Pahamilah tata cara klaim garansi dengan seksama. Pastikan jangka waktu garansi realistis dan dapat diperhitungkan. Dengan demikian, onderdil berkualitas bisa diperoleh dengan baik sesuai kebutuhan kendaraan Anda. Permasalahan yang ada pada onderdil yang Anda beli bisa ditangani oleh pihak penjual sesuai periode garansi yang diberikan.

Ketiga tips di atas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh onderdil berkualitas. Adapun hal lainnya yang harus dipahami dan diketahui oleh setiap pemilik motor atau kendaraan roda dua dalam membeli onderdil berkualitas, yaitu mengenai cara membedakan onderdil asli dan onderdil yang palsu alias aspal. Hal ini perlu dilakukan mengingat maraknya peredaran onderdil palsu yang ada di pasaran. Supaya onderdil yang Anda beli adalah produk yang asli dan original, perhatikanlah beberapa hal yang ada di bawah, yaitu:

  • Onderdil original memiliki hologram atau label resmi di bagian kemasan.
  • Onderdil original mempunyai detail desain yang rapi dan terbuat dari komponen yang kuat.
  • Onderdil original dibanderol dengan harga yang cukup mahal namun sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Itulah beberapa tips dalam memilih dan membeli onderdil kendaraan roda dua yang Anda butuhkan. Ketelitian menjadi faktor penting yang harus diutamakan dalam memilih produk yang tepat. Kualitas onderdil motor  yang Anda cari akan semakin terjamin bila Anda selektif dalam menentukan pilihan. Jangan tergiur dengan iming-iming harga yang murah tanpa mempedulikan kualitasnya. Sebab, onderdil yang berkualitas memiliki daya tahan yang memuaskan sekaligus dapat memaksimalkan dan menunjang aktivitas berkendara menjadi lebih lancar.


Tidak ada komentar:

Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar ya? Terima kasih